100% WS free tank

mario

New Member
waduh, jd hrs dikosongkan total ya ikannya meski ikan lamaku udah nda ws ya? aku kira setelah 5 bulan nda masuk ikan baru, bs bersih ws nya.
lalu gmn dng pasir dan liverock serta dead rock nya???? dikosongkan juga ya?
setiap aku beli ikan baru, selalu aku fresh water bath dulu 1-2 menit, apakah bs menghilangkan bibit ws nya?
 

E_2091

Moderator
Staff member
yang penting tank harus kosong dari ikan paling engga 2 bulan..

untuk ikan baru di treatment dengan metode yang ada disini selama paling tidak 1bulan..

untuk bunuh ws ga ada cara lain selain yang ditulis di tread ini..
 

ryan_sell

Member
maaf pak E_2091, masih awam banget. Berarti tank harus tanpa ikan sama sekali. bagaimana dengan tank yg sudah berjalan seperti punya Pak Mario? apakah bisa cuma bisa dengan dikeluarkan semua aja ikannya? dan tank itu didiamkan selama 2 bulan dan tank itu sudah bisa bebas WS?
 

E_2091

Moderator
Staff member
betul kalo ikan dikeluarkan, tank-NYA jadi bebas ws, tapi ikannya ya tetep ws-an kalo ga di treatment seperti tertulis di page 1..
 

ryan_sell

Member
ok deh makasih berarti saya harus cari obatnya dulu baru keluarin ikan deh. oh ya cari cupramine nya dimana ya? bisa kasih alamat dan nomor yg bisa dihubungi dan terpercaya gak? makasih sebelumnya
 

ryan_sell

Member
maaf pak E_2091, masih awam banget. Berarti tank harus tanpa ikan sama sekali. bagaimana dengan tank yg sudah berjalan seperti punya Pak Mario? apakah bisa cuma bisa dengan dikeluarkan semua aja ikannya? dan tank itu didiamkan selama 2 bulan dan tank itu sudah bisa bebas WS?

nambah tanya pak E, udang juga perlu keluar gak
 

ryan_sell

Member
metode E_2091 :smt004
1. siapin beberapa ember, wadah yang menurut saya the best, bak plastik bulet 20L, diameter 60cman..karena punya luas permukaan jauh lebih besar daripada semua akuarium 20L yang biasa dijual..enteng gampang dipindah2..bisa buat nyuci baju begitu selesai..
2. isi air, 4-5 liter ato berapa, terserah, menurut anda yang bisa memberi ketenangan batin..
3. kasi cupramin sesuai dosis dilabel..karena butuhnya dikit sekali, kita buth sepet kecil ukuran 1ml kayak di testkit salifert punya..biar akurat..
4.tiap hari, sebaiknya malem, siapin ember lain, kasi cupramin, pindahin ikan keember baru..jadi istilahnya bukan ganti air, tapi pindahin ikan..
5.ember bekas buang airnya, rendem air tawar, harapannya, buat buang kalo ada cu yang nempel diember..jadi seandainyapun bisa balik lagi, dia ga pas kena ada ikannya..kalo ikutin label, jadinya level cu diar sekitar 0.3+dikit, jadi kalo pun ada cu yang msi nempel diember lama, lepas, tetep dalam range aman..
6.lakukan sampai selesai, 1 bulan dihitung dari terakhir bintik putih terakhir terlihat..

pertanyaan saya diember itu perlu di kasih aerator kan pak?
trus waktu kita beli ikan baru langsung masuk ember itu + obat selama 3 hari gak ada tanda" WS apakah hari ke-4 masih perlu di beri obat?
atau maksud dari poin 6 itu tetep dilakukan seperti tahap pengobatan hari ke-4 tetap kasih obat sampai hari ke 34?
 

E_2091

Moderator
Staff member
betul, diember pake aerator..

ws pasti ada diikan yang kita beli dari toko ikan, dan pengobatan ws targetnya tidak pandang sirip..sikat semua..

pengobatan mulai dari hari pertama..itu 4 maksudnya langkah ke 4, bukan hari keempat..

pengobatan selesai 1 bulan "dihitung dari ws terakhir terlihat" jadi artinya kalo diikan terakhir kelihatan ada bintik putih itu di hari ke 15, berarti pengobatan dilakukan sampai hari ke 45(15+30)..kalo selama pengobatan tidak terlihat ws sama sekali, berari pengobatan selesai pada hari ke 30..begitu seterusnya..
 

cibicepe

New Member
pak E, kalo selama 2bulan sy tidak nambah ikan, trus selama itu pula tidak terdeteksi bintik ws pada ikan, apa tank sy sudah free ws? sementara ikan cuma ada 3ekor.
 

E_2091

Moderator
Staff member
gak pak. Tank harus kosong dan smua ikan ditreatment br bs 100% ws free..tp kalo pak ga niat tmbh ikan n ikan ok2 aj, ga usa repot2 treatment.
 

iahman123

New Member
saya kalo ikan ws
1. karantina, pake aerator besar(tentunya harus ada quarantine tank yang selalu standby berbulan2 dan di maintain paramaeternya(20x30 cm aja) buat darurat aja...tentunya udah cyling dong...taro ada di pojokan taman asal jangan kena air hujan sama panas
2. airnya saya hangatin (pake heater celub, asal jangan panas2 aja)
3. gak kasih makan 2 hari, sengaja biar dia kelaparan
4. kasih makan pelet yang mengandung vitamin C, biar daya tahan tubuhnya sama penyakit2 ws dan lainnya
5. 4 hari kemudian pas udah sehat masukin lagi ke main tank :)
 

E_2091

Moderator
Staff member
tujuan tread ini untuk membasmi ws sampai keakar2nya dan tidak akan pernah muncul lagi selamanya..bukan sekedar membantu ikan survive dari ws..metode pak terus terang banyak fail-nya..4 hari ga akan membantu apa2 ke ikan..
 

oxborn

Member
bagus tuh om metodenya.... cuma sabar gak yah. Tadi pagi jam 6.00 saya masih lihat letter6 saya ada bintik2 ws dikit sih, pas pulang jam 22.30 astagaaaa badannya semua suda penuh titik disekujur tubuhnya, pucat banget... clownfish yang sehat tadinya gak ada bintik putih trus muncul bebarapa dibagian tubuhnya... yah saya pindah saja semua ke aqurium lain dengan air baru + aerator. letter6 udah megap2. jabing aja diem... berhubung sudah malam yah sudah sementara gabung dulu deh. skrg MT gak ada ikannya, hanya beberapa LPS saja. tinggal besok siapin ember2 dan air baru. sya pake air RO + garam, gak NSW. catatan lainnya, memang letter6 lebih baru dari pada clownfish. ikan nemo itu sudah 6 bulan ini dalam kondisi sehat dan tidak terlihat tanda2 stres. letter6 mungkin baru 3 minggu ini. jadi kemungkinan dia carriernya. hhhhhh.
 

E_2091

Moderator
Staff member
kalo udah ngalamin total wipe out oleh ws, lalu ngalamin lagi tank free ws..metode ini udah bakal jadi keharusan dengan sendirinya..disuruh pun ga mau masukin ikan tanpa karantina..heheh..

ws sendiri sebenernya ga terlalu berbahaya..yang paling merepotkan dari ws itu penyebarannya..dan ws jadi jalur masuk parasit2 lain yang lebih mematikan..
 

peesong

Member
Pak E, mau tanya nih. Cupramine itu kan termasuk brg 'langka', kira2 ada prod lain yg juga se level dgn Cupramine. Terutama sewaktu prod tsb blm ada.
Thks.

NB: Buat para sponsor sekalian dong kasih inputan nya.
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,151
Messages
197,234
Members
10,595
Latest member
Toni18905
Top