Curhat - minta solusi (orang lain yg mau curhat juga boleh )

james albert

Active Member
Maaf para member sekalian.. saya bermaksud membuat tread ini agar masalah2 yang ada dapat diceritakan sehingga mendapatkan beberapa masukan untuk penyelesaiannya. namun.. dalam penceritaannya harus ada etika2 dan menjaga nama baik orang lain.

** Curhat untuk masalah yg berhubungan dengan dunia Reef.. namun bukan masalah dari pembelian resmi dari sponsor maupun tread seller karena untuk masalah tread seller maupun sponsor sudah ada tread sendiri. Thanks.



Saya ada sedikit masalah..
Saya menjual produk additive dengan sebuah merk.. karena ingin memasarkan tapi terkendala uang.. maka saya mencoba meminjam kepada salah satu distributor tersebut untuk meminjam beberapa barang untuk dipasarkan ataupun langsung dijual.. dari pihak distributor yg sekaligus teman saya tidak ada masalah.. lalu mencoba memasarkan beberapa barang ini.. dan hasilnya ada yg ambil.. ada juga yg tidak.. lalu saya mencoba menghubungi teman saya yg hobby nge-reef juga.. lalu dia tertarik.. namun dia hanya berkata " gw ambil 3 aja boleh ? " lalu saya sms balik "Boleh".. lalu tidak ada jawaban dari teman saya.. ( biasanya teman saya ini sering seperti ini.. mau ambil barang.. tapi ambilnya bisa seminggu kedepan.. tapi dia ambil dan bayar..), beberapa hari berselang distributor menghubungi saya untuk menkonfirmasikan barang yg tidak laku dan yg laku.. yang tidak laku boleh dikembalikan, dan yg laku ya saya bayar.. karena pesanan teman saya ini belum bayar, maka saya bayarkan saja terlebih dahulu.. hingga akhirnya tepatnya hari ini saya mencoba mengkonfirmasikan kepada teman saya untuk menanyakan kapan untuk mengambil barang tersebut ??? dan cukup mengejutkan begitu saya menerima sms yg intinya teman saya ini tidak jadi mengambil karena sudah jual rumah, dan jelas tidak memelihara ikan laut lagi.. saya sudah mencoba sms teman saya.. dan dia mengatakan tidak pernah merasa memesan.. dan lagi dia juga sudah tidak memelihara ikan laut lagi.. lalu sebenarnya juga teman saya sudah menawarkan ingin membayar dan juga mangatakan barang itu buat saya aja karena dia tidak memelihara lagi.. namun saya menolak dibayar karena saya takut hubungan pertemanan kami terganggu..


jadi apakah yg harus saya lakukan ???

1. tetap meminta uang untuk dibayarkan ??? (dengan catatan.. hal ini pasti akan membuat hubungan pertemanan merenggang maupun putus)

ato

2. saya pasrah saja saya merugi dengan terlanjur membayarkan additive itu ke distributor (hal ini jelas tidak merugikan teman saya, namun ya dari segi finansial ini merugikan saya.. ekonomi anak kuliahan kayak saya kecil.. rugi dikit.. dampak ke uang makan dech)


menurut para reefer dari mata sebagai yg sering menjadi posisi konsumen gimana ??? dan baimana juga pandangan dari yg biasa berjualan ???
mohon masukannya untuk penyelesaian kasus ini... :( :( :(

Thanks..
 

E_2091

Moderator
Staff member
kalo saya sih saya jual aja ke orang lain yang butuh barangnya..ya mungkin beberapa hari "merugi" karena barang ga mungkin langsung laku..tapi secara hitung2an ga ada rugi uang, karena pasti balik lagi waktu barang kejual..
 

erms

Active Member
James....Congratulations , kamu baru lulus Lesson 1 di Perdagangan...."Barang tidak terjual sampai duit masuk" ...beruntung 3 botol additive saja, bukan peralatan........ Kalau barang dititip jual sama disti, dia akan terima kembali...kembaliin aja tanpa malu, tapi belajar dari lesson buat lain kali... :D
 

blitzsw20

New Member
james itung2 stock aja
saya jg dagang sering d begituin org tp terima aja dgn ikhlas
lgan dagang kita hrs ready stock jd nanti gampang james
 

adhe

Active Member
1. Stok utk nanti dipakai sendiri
2. Dijual lagi (kalo takut iklan di sini, kan bisa jualan di kaskus james, banyak kok member rf yg aktif di trit saltwater kaskus)
Setiap jualan musti liat untung dan ruginya james. Kalo ga mau rugi ya bisnis jangan liat pertemanan (jangan liat enak ganya, namanya juga bisnis). Tapi ada orang jualan (selalu ngakunya :mrgreen: ) rugi, tp ada keuntungan besar dibaliknya. Contohnya relasi. Kalo kita butuh apa2 ya kita bisa minta tolong yg bersangkutan di urusan lain selain ngereef kan :wink:
Anda pilih yg mana james, bisnis murni atau mencari relasi ? hehehehe

Salam bisnis relasi...(dan reputasi. Nah bingung kan apa hubungannya dgn reputasi? :mrgreen: :mrgreen: )
 

rully_drummers

Well-Known Member
boz... cuma masukan aja nih....

klo saya lebih baik bertemu lalu membicarakan baik2 mengenai masalah'a kemudian mencari solusi jalan keluar, klo saya pribadi cie lebih baik ngomong jujur ke teman dari gak ngomong sama sekali. teman qta pasti paham kok...

jika teman menawarkan ingin mambayar... "terima aja boz james 50%, tetapi barang'a dijual lagi dengan harga miring... saya juga pernah kasus seperti itu membeli alat band. hubungan teman menjadi baik kembali dan barang bisa dijual lagi.

dalam bisnis/berdagang... pasti ada untung dan rugi bozzz...jadi tergantung qta menyikapinya. mav ya saya hanya memberi masukan aja. salam
 

bot'ky

Member
adhe said:
Contohnya relasi. Kalo kita butuh apa2 ya kita bisa minta tolong yg bersangkutan di urusan lain selain ngereef kan :wink:
Anda pilih yg mana james, bisnis murni atau mencari relasi ? hehehehe

Salam bisnis relasi...(dan reputasi. Nah bingung kan apa hubungannya dgn reputasi? :mrgreen: :mrgreen: )
banyak amat nih nulis relasi pasti gara gara keseringan main ke daerah relasi :lol: :lol: :lol:

btw buat James, tetap semangat bisnis emang begitu kalau bisnis lancar terus ga ada tantangannya....

keep the spirit pak
 
Sekedar saran aja bro james ...
1. dari apa yg bro james sampaikan terlihat teman anda berniat utk mengganti namun anda menolaknya .....
(tentu saat memutuskan , bro james sudah pertimbangkan dgn baik hehehhe )
2. bila dia membayar , dan anda memberikan barang yg pnh dia pesan ,tidak berguna jg utk dia krn udah ndk nge - reef
3. bila dia membayar namun barangnya utk anda tentu rasanya gak enak , krn kesannya kita kurang pengertian sama teman sendiri :D
4. terlihat anda sangat menghargai sebuah hubungan baik , jadi gpp bro relakan saja ....krn persahabatan nilainya jauh lebih penting
(artinya anda dan teman anda benar2 menghargai nilai sebuah hubungan , klu cuma anda yg merasa begitu sementara teman anda tidak ... ya lain kali harus lebih hati2 :D )
5. spt saran teman2 di atas , barangnya simpan aja .. mungkin besok2 ada yg beli ato dipake sendiri

Solusinya klu mnrt saya sih ...
misal kasus spt di atas terulang lg maka sblm byr ke distributor , konfirmasi ulang via sms ato tlp .
bila gak ada balasan , maka anda tidak berkewajiban utk membayarkan dahulu ke distributor .
sms ato tlp merupakan bukti itikad baik menolong teman anda ....
CMIIW ...
 

dizt

Active Member
namanya dagang pasti ada ruginya bro...tenang saja, kalau nggak mau rugi yah nggak usah dagang simpel saja menurut saya. semua bisnis yah begini...paling enak jual jasa saja nggak ada ruginya paling cape doang.
Barang hobi serba susah hanya orang2 tertentu yang butuh..toh nggak parah2 amat..plg parah barang sudah dikirim duit nggak ditransfer..saatnya upgrade jadi mental pedagang. :D
 

Ubud

New Member
Aneh2 aja judul tretnya knp gak pake kata "komplain!" aja.
Hanya aja kalau gak ditanggapi yah itung2 pengalaman aja, besok2 jgn pake cara yg sama.
Harus tegas pasti dan bertanggungjawab!.
 

juuniz

Active Member
Ditahan saja james....pasti ada org yg cari kok. anggapan nya stock barang aja...Jangan pantang menyerah yah.... :D
 

L34F_angel

Active Member
Setuju sm temen2 ...
ambil barangnya, simpan buat stock untuk di jual kembali, pertemanan ga akan terganggu kok.


~ Salam ~
 

lost-id

Well-Known Member
kayaknya gak ada kerugian buat kamua deh james, ya selain cashflow yg rada keganggu aja. Tapi kan bukan hilang melainkan wujud barang. Pasarin aja lagi, gak lama juga laku.

Salam
Wawan
 

james albert

Active Member
Thanks buat para reefer yg telah memberikan masukan dan semangatnya..

memank teman saya ini mau bayar.. cuma dia tulisnya " kalo james maksa saya bayar, ya saya bayar.. " padahal saya tidak pernah dan maupun niat memaksa beliau..

tapi tak apalah.. bener kata2 reefer sekalian.. saya paling cuma rugi karena barang yg harusnya terjual tapi gk jadi terjual.. dan barang pun bisa dijual kembali di lain waktu..

bagi saya, pertemanan lebih dari sekedar materi.. karena banyak materi tapi gk punya hubungan baik dengan teman juga menyusahkan diri sendiri aja..

musti banyak2 belajar dari pengalaman2 yg telah terjadi...
dan yg pasti musti lebih belajar lagi dari reefer2 yg udah berpengalaman dalam perdagangan seperti Ko Kevin dan pak Jhon..



thanks semuanya telah banyak membantu.. sekarang masalahnya telah selesai.. semoga bisa jadi pembelajaran bagi reefer lainnya agar kejadian ini tidak terulang kembali sebagai pihak penjual maupun pembeli....
 

IndonAsian

New Member
Waduh, kayannya saya juga sering digituin walaupun beda dunia yah... Tapi kalo kita mau jujur, kesalahan ini tidak dapat dibebankan kepada konsumen. Karena "lubang"-nya adalah dari perilaku usaha kita sendiri sbagai penjual. Bagi rekan2 yg bergerak dibidang advokasi pasti ngerti deh betapa sulitnya dalam "mengejar" konsumen dalam "peristiwa2" seperti ini. Yah karena kita sbagai penjual juga tidak melakukan pendokumentasian proses jual-beli dengan baik.. Saya rasa Om James sudah sangat arif dalam permasalahan ini.

Memang sharusnya yg begini2 masuk ke manajemen resiko dalam jualan om james (deeeuh macam jagooo aja saya ini). Sebelum menjual udah harus diprediksi bahwa yg kaya gini2 akan terjadi. Apalagi resiko sperti ini termasuk high frequency. Biasanya dalam usaha saya yg saya lakukan adalah mencoba menjual kepada org lain.. Toh barang2 sperti ini ga cepet busuk kan?

Cb deh post jenisnya apa aja.. kasi penawaran yg menarik.. (ngarep banget yah gw.. ujung2nya mau beli murah)

Nb: bagi temen2 yg berprofesi sebagai advokat atau risk management, maaf yah kalo saya sok tahu...
 

Members online

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,151
Messages
197,236
Members
10,597
Latest member
im4m.vcool
Top