Coba Coba Bow Front Tank 90x35x40

Doomday9999

New Member
Numpang share pengalaman newbie set up salt water tank :)..

Berawal dari 5-6th lalu di rumah ortu pernah punya saltwater tank 2m.. Tapi karna ga ada yang ngurusin dan dulu juga ga ngerti kalo ngurusin salt water tank itu ada cara2nya.. Jadi reef sering mati (ikannya sih seinget saya awet) akhirnya pensiun.. Padahal dulu seneng banget kalo sama keluarga belanja ikan/reef, trus kalo liburan, ke pantai baron/kukup jogja beli ikan dari nelayan di pinggir2 jalan.. Meskipun sekarang kl dipikir2 kadang agak ngawur juga asal seneng ikan apa aja dimasukin.. Kalo malem suka duduk di sofa sambil ngeliatin aquariumnya rasanya adem bgt di hati haha..

Karna nostalgia masa lalu jadinya pengen lagi set up salt water tank.. Awalnya sih mau bikin simple aja ga mau spend terlalu banyak duit, tapiiiii endingnya ya kalian2 pasti udh tau sendiri lah :D..

Awal Oct 2013
Pertama cari aqarium bekas biar murah :p.. Setelah dibeli ternyata tukang kayunya bilang lemri bawahnya udh ga layak pakai.. Kalopun mau dibagusin lagi juga 1-2th rusak karna bahanya particle board :cry:.. Akhirnya bikin lemari baru deh.. TAMBAH BIAYA..

Karna nunggu lemari baru lama bgt, tangan mulai gatal.. iseng2 aquariumnya di isi air biar tau bocor atau ga.. Tapi karna ga ngerti dasar aquarium harus bener2 rata, retak deh tuh aquarium :cry:.. TAMBAH BIAYA lagi untuk benerin dan sekalian bikin sump..

Sembari menunggu aquarium dan lemarinya jadi, saya baca2 aja tentang set up salt water tank.. Dan ternyata lebih rumit dari yang dibayangkan :eek:.. First lesson learned: kalo mau set uo bagus minimal harus punya skimmer dan skimmer ternyata mahal.. Udh terlanjur basah beli aquarium dan bikin lemari baru, there's no turning back now :banghead:.. Nyebur sekalian deh.. TAMBAH BIAYA beli skimmer..
 

Doomday9999

New Member
Akhir Oct 2013

Akhirnya setelah sempat tertunda agak lama, Aquarium, Sump dan Lemarinya jadi.. Karna saya bener2 ga ngerti tentang set up awal dan atur pipa2nya gmn, akhirnya atas rekomendasi bapak tukang aquarium, saya bayar org untuk bantu set up awal.. TAMBAH BIAYA lagi.. Sekarang setelah dipikir2, si orang itu agak mark up di harga2 pumpnya dll.. Tapi ya sudah lah, toh mark upnya jg ga keterlaluan bgt dan saya jg ga sanggup untuk angkut2 air, batu, pasir sendiri.. Setelah di set up, ternyata cara setup dia masih "kuno" dan sangat beda dari yang selama ini saya baca2.. Set up dia hanya mengandalkan karang jahe dan kapas filter di sump, batu2nya jg pake Dead Rock.. waktu saya serahkan skimmer untuk dipasang, dia jg ga ngerti cara setup :banghead:.. Dengan segala kekurangan yang ada, lahirlah salt water tank saya pada tgl 23 Oct 2013..

Setelah baca2, 2 hari kemudian skimmernya saya set up sendiri.. dan saya juga beli 2 piece live rock untuk di tambahkan di dalam tank.. Mulai masukin udang mati agar kick start nitrogen cycle.. Tambah beli beberapa perlengkapan seperti thermometer, magnet pembersih kaca dll.. TAMBAH BIAYA lagi deh.. Setelah pasang thermometer, langsung shock, ternyata temperatur tanknya 33.5 celcius.. Padahal temperature yang di rekomendasi untuk reef adalah 26-28 celcius.. Memang ruang tamu rumah saya cenderung panas karna banyak kaca sih.. Mulailah cari cara hemat untuk nurunin temperature tank dan setelah cari sana sini ternyata jawabanya hanya 1, CHILLER.. dan chiller itu mahal, operational jg besar.. Kali ini bener2 galau.. Saya dari dulu suka salt water tank karna terumbunya, kalo mau FOWLR mah dari awal ikan tawar aja.. Setelah sempat bimbang akhirnya saya putuskan beli Chiller.. Untuk agak menghemat akhirnya beli yang bekas.. TAMBAH BIAYA lagi..

Setelah 10 hari cycling, hati mulai ga tenang pengen isi ikan.. Di luar akal sehat, saya pulang kerja mampir untuk beli ikan yang murah dan hardy.. MAsuklah ikan blue damsel dan giro pasir.. Ini foto Tank saya waktu itu

DSC02031.jpg


Sump

DSC01996.jpg



To be Continued........
 
Last edited:

stiawan

Member
Baca thread ini kebanyakan tulisan tambah biaya dengan huruf kapital.
kesannya biaya jadi beban.

padahal kalo udah "nyemplung" ke hobi reef seperti ini,
kebutuhan bisa disesuaikan dengan budget :p dengan DIY.

1. Yang pasti, banyak2 baca sebelum bertindak.
2. Hitung baik2 volume air dan kemampuan peralatan yg digunakan, jgn over capacity.
3. Kalo nemu trouble, enjoy aja dulu sambil nikmatin akuarium kosong :cool:
4. Sabar...sabar...sabar...baru 10 hari cycling udah masuk ikan.

Kalo ane pribadi sebenarnya seneng dengan ikan laut.
Karena model & warnanya bervariasi, berbeda dengan ikan tawar yang
bagi ane tampilannya monoton.
Dan satu lagi, kalo udah jinak enak banget ngasih makannya.
Pada ngumpul saat orang mendekat aquarium.

Namun tidak dapat dipungkiri, coral juga dapat memberikan
tampilan menarik di reef aquarium. Cuma ya itu, ngukur diri dengan
kemampuan perangkatnya. Dari lampu, filtrasi dan pendingin.

Ane sendiri belum sanggup untuk menuju ke SPS / LPS / Softies karena
kondisi lingkungan masih panas. Suhu air aquarium bisa 30 - 31 derajat.
Chiller kagak punya, listrik terbatas, budget juga terbatas untuk bayar listrik.
Hehehehe....cuma ya dinikmati aja sebisanya.

Untuk mas Doomday, tetap semangat dan bersabar.
 

Doomday9999

New Member
@toribo.. Thx untuk masukannya.. Saya juga merasa kalo di sticker hitam bakal bagus.. Akan dipikirkan nanti gmn bisa di sticker, soalnya kl cuma area segitu mau panggil tukang sticker jg pasti ga mau.. Kl mau pasang sendiri agak mikir2 soalnya dari dulu kalo ngerjain sticker2 gitu selalu ga rapi dan banyak bergelembung.. posisi yang agak mepet tembok juga bikin DIY ini agak sulit..

@nanosan.. Sorry saya ga ngerti kalo harusnya masuk nano.. Kalo bisa dipindah tolong dipindahkan.. Thx

@stiawan.. Soalnya dari awal ga ngerti, dikirain dengan beli aquarium 2nd, uang 2-3jt jg udh bisa mengobati kerinduan hati pengen punya salt water tank.. Ternyata setelah makin baca2 baru tau kalo mau bagus dan biota awet (kasihan juga kalo mati2), salt water tank adalah hobby yg sangat mahal.. Kalo dibiang beban sih ya agak beban juga.. Tapi apa daya kalo hati sudah berbicara akal sehat udh ga jalan hahaha.. Apa lagi kl terlalu sering baca2 forum liat2 tank member2 disini, godaan makin besarrrrrrr..

Kalo untuk ikan air laut sih saya setuju warna dan bentuknya jauh lebih beragam dari air tawar.. Tapi menurut saya sepertinya ada yang kurang kalo cuma pelihara ikan tanpa terumbunya.. Saya sendiri sih sekarang ga bermimpi sampe menuju ke SPS.. Tapi minimal ingin pelihara LPS dan softies yang relative lebih gampang dipelihara..

Terima kasih mas stiawan untuk dukungannya.. Semoga harapan untuk chiller anda bisa segera terwujud.. Memang masalah chiller ini juga sempat bikin saya galau berat karna setelah searching2 berhari2 bener2 ga ada solusi murah untuk problem 1 ini.. Sekarang aja chiller saya cl-280 sepertinya agak terlalu kecil untuk tank saya mengingat ambient room temperature di rumah saya sangat tinggi.. Untungnya ini sudah masuk musim hujan jadi suhu udara ga terlalu panas dan sementara cl-280 saya masih bisa cukup.. Tapi nanti kalo musim kemarau mulai dekat mungkin harus mulai mikir untuk upgrade ke chiller yg lbh besar soalnya kmaren waktu cycling, pas udara panas2nya suhu tank sempat sampai 34,5 celcius:eek:.. lagi2 TAMBAH BIAYA :cry:.. dan masalahnya ga berhenti disitu.. Daya listrik di rumah perlu di tambah kl saya upgrade chiller.. brarti harus TAMBAH BIAYA lagi dan listrik bulanan pastinya akan membengkak juga :banghead:..
 

Doomday9999

New Member
Lanjut lagi sebelum tidur..

Awal Nov 2013

Blue Damsel yang saya masukan keliatan agak ga sehat nafasnya agak ngos2an, Giro pasir keliatan happy.. Besoknya coba kasih makan dan si Giro lahap bgt tapi blue damsel ga mau makan.. Saya mulai cemas kalo akan mati tuh damsel sampe2 saya liatin terus.. Istri sampe bingung ngapain saya liatin tuh ikan terus hahaha.. Hari ke-3 yang ditakutkan terjadi, si Damsel mati.. Saya merasa bersalah bgt dan takut kalo si giro juga akan mati.. Dan benar malemnya Giro udh mulai sekarat dan hari ke -4 pagi tewas.. Saya agak putus asa dengan kematian 2 ikan itu.. Mungkin salah saya ga sabaran..

Akhirnya nemu yang jual chiller resun cl-280 2nd.. Setelah chiller datang, saya langsung ke LFS untuk beli pump buat chillernya.. Di tempat LFS masih keinget dengan 2 ikan yang mati, jadi tanya2 kira2 kenapa ikannya mati.. Katanya sih kalo sudah 10 hari harusnya udh gpp.. Mas-nya nyaranin untuk beli hydrometer buat ukur salinity.. Setelah di check ternyata benar salinitynya sampe mentok ke atas, air terlalu asin.. Saya baru sadar kalo ini karna setiap kali air berkurang saya top off nya pake sisa air laut dari set up awal :banghead: jadi airnya makin lama makin asin.. Saya langsung ganti itu air dengan air RO.. Saya kaget karna saya sampe harus keluarin 10-15% air lautnya dan diganti air Ro baru salinity mau turun sampai 1.025.. Mungkin ikan saya mati karna airnya terlalu asin dan waktu masukin kmaren mungkin terlalu cepat jd ikan blum adaptasi dengan kondisi di tank saya.. Dan juga 10 hari cycling terlalu cepat untuk masukin ikan.. Semoga semua newbie di luar sana bisa belajar dari pengalaman saya ini dan tidak membuat mistake yang sama..

Foto chiller setelah set up (Thx agan dari Surabaya):

DSC02028.jpg


Bersambungg...
 

stiawan

Member
Mas doomday,

Udah mulai merasakan damsel yg kuat aja mati.
Artinya akuarium mas doomday belum mature benar.
Ada banyak hal yang tidak terlihat mata seperti NH3, NO2, NO3 dan PO4 yang
menjadi musuh biota. Kalo bisa di test kadarnya berapa ?

Bila dilihat sump yang digunakan, masih sederhana untuk
tujuan ke LPS. Perlu peningkatan lagi di filter kiamiawi,
sistem top up (RO, Kalsium, Mg, Dll) untuk mendukung LPS.

Untuk jelasnya, bisa baca2 artikel Om Rimbu :
Wujudkan akuarium laut impian anda.
Bagus banget nih artikel, apalagi yang versi baru.

@stiawan.. Soalnya dari awal ga ngerti, dikirain dengan beli aquarium 2nd, uang 2-3jt jg udh bisa mengobati kerinduan hati pengen punya salt water tank.. Ternyata setelah makin baca2 baru tau kalo mau bagus dan biota awet (kasihan juga kalo mati2), salt water tank adalah hobby yg sangat mahal.. Kalo dibiang beban sih ya agak beban juga.. Tapi apa daya kalo hati sudah berbicara akal sehat udh ga jalan hahaha.. Apa lagi kl terlalu sering baca2 forum liat2 tank member2 disini, godaan makin besarrrrrrr..
 

tedy

Member
Klo d bilang MAHAL sy kurang setuju om
Dgn penghasilan pas"an nanti saya akan buktikan sy punya tank yang terlihat mahal dan mewah
Hehehehe
Sy perokok dan sehari mengeluarkan sekitar 14rb buat beli rokok, klo setahun udh brp tuh hahahaha
Sama halnya menurut saya buat akuarium laut om
Dlm hoby ini yg saya tau qt gak meski membeli smuanya lgsg dlm rentang wkt yg dekat, misalnya hr ini beli peralatan A lusa beli peralatan B

Yg penting peralatan Utama udh ada, tggl jalankan sistem, barulah peralatan penunjang qt isi perlahan

Klo Mahal ga semua org bs miliki
Hehehe
 

Doomday9999

New Member
thx bro nanti pasti akan saya baca article om rimbu..

memang mahal itu relative.. seperti hobby2 lain, hobby salt wat e r tank ini tergantung berapa hobbyist mau spend.. mau spend puluhan ataupun ratusan juta pun jg pasti ada aja yg bisa di improve.. haha

karna sedang tugas luar kota sementara bersambung december
 

Doomday9999

New Member
Ijin lanjut..

Pertengahan Nov 2013

Selama 1 minggu tiap hari diliatin trus aquariumnya.. Padahal ga ada isinya hahaha.. Setelah seminggu setelah Giro dan Damsel RIP, dilihat2 di beberapa dead rock kok mulai muncul bercak2 purple.. Mungkinkah coraline algae sudah mulai tumbuh? Setelah searching2 di internet sih sepertinya ga mungkin secepat itu.. Dari hasil searching sih katanya ada kemungkinan itu cyanobacteria.. Cara bedainnya katanya kalo gampang di dibersihin berarti cyanobacteria, kalo susah itu coralline.. Saya coba untuk gosok ternyata ga hilang.. berati Coralline?? Hati mulai galau lagi deh pengen beli ikan..

Akhirnya iman ga kuat dan beli ikan lg deh.. Saya pikir sudah 3 minggu cycling, kayaknya corraline juga sdh mau tumbuh dan ga ada yg mati.. Tadinya mau beli cuma 1 ekor.. Tp waltu di LFS istri bilang kasihan ikannya masak ga ada temen.. Jadi akhirnya masuklah 2 ekor nemo dan 1 ekor domino damsel.. Kali ini saya lebih hati2 masukinnya.. 15 menit sekali saya tambahin air dari aqua ke kantong ikan selama 1.5 jam.. abis itu diapungkan 20min baru dimasukin..

DSC02078.jpg


Berapa hari pertama masih takut2 kalo dikasih makan dan diliatin mereka ngumpet.. Tapi kalo ditinggal dan diliatin dr kejauhan mau makan juga dan ikan keliatan sehat..
 

E_2091

Moderator
Staff member
om, itu tank mending diksi background deh..pola pola dinding pak keknya terlalu mengganggu..kasih aja item ato apa.
 

Doomday9999

New Member
Minggu ke 3 Nov 2013

Nemo dan Domino damsel sehat, makan rakus dan mulai udah berani meskipun diliatin.. Waktu searching2 tentang ikan yang baru dibeli, baru tau kalo domino damsel itu ikan yang menyebalkan dan ada potensi untuk menggangu ikan2 yang lain.. Mulai pikir2 apa domino damselnya mau ditangkap aja dibalikin ke LFS.. Kata istri kasian kalo dibalikin dan sementara sih dia baik2 aja.. Malahan kalo tidur ngumpul bertiga ama 2 ekor nemo.. Jadi saya putuskan untuk biarin dia disini dulu.. ntar kalo mulai menggangu baru coba bikin fishtrap untuk tangkep dia..

Ke LFS cari chaeto untuk bikin refugium, tapi disana adanya angguran.. Karna takut spawning, jadinya ngepost di internet untuk cari chaeto.. Ternyata langsung dapat balasan dari teman lama yang kmaren saya beli Chiller.. Thank you lagi agan dari surabaya yang mau bagi chaeto.. Besoknya chaeto datang, langsung modifikasi untuk tambah lampu refugium..

Genap 1 bulan mulai gatal pengen beli ikan lagi.. Pulang kerja jalan2 ke LFS sama istri.. Rencananya sih mau tambah 1 ikan aja.. Sampe di LFS ternyata stock ikan tinggal sedikit, katanya minggu depan baru datagn lagi.. Berhubung minggu depan ada tugas luar kota, akhirnya pilih 1 ekor Foxface Rabbitfish yang katanya mas-nya gampang dipelihara.. Iseng2 nanya2 berapa harga terumbu.. Parahnya mereka dari dulu punyanya hanya batu jeruk dan beberapa jamur2an kecil2 jelek dan ini setau saya adalah LFS paling lengkap :(.. Akhirnya iseng2 beli 1 batu jeruk karna murha cuma 25rb dan 1 buah ga tau namanya, kayak ranting gitu trus kadang bisa keluar bintik2 putih2.. Dulu di aqua ortu pernah punya juga yang ranting itu dan seinget saya lumayan awet..

DSC02085.jpg


Dengan tambahan kali ini, sementara udah puas bgt dengan tampilan aqua :D.. Keberadaan ikan baru juga tidak mengusik si domino damsel.. Yang saya khawatirkan adalah si Foxface Rabbitfish yang keliatan selalu stress badan belang2.. Setelah baca2 ternyata Foxface Rabbitfish emang gampang stress.. Hari ke 2 masih keliatan stress tapi sudah mau curi2 makan.. Hari ke 3 sudah agak relax, tapi kalo dideketin masih suka stress.. Mulai khawatir karna besoknya harus pergi tugas kantor luar kota 6 hari.. Saat searching di internet saya juga baru tau kalo ternyata batu jeruk itu susah banget dipelihara :banghead: :banghead:..

Kali ini mulai bingung mikirin upgrade lampu untuk persiapan nanti kalo sudah bisa mulai tambahin terumbu.. Dari hasil tukang setup awal, aqua sekarang cuma pakai 3 bohlam T5 60cm rakitan si bapak.. Pastinya ini akan sangat kurang.. Mulai mikir2 gimana cara untuk ga keluar biaya terlalu banyak.. Mau beli aquazonic t8 bekas, tapi dipikir2 ntar kalo harus ganti bohlam juga mahal.. Mau beli LED harganya minta ampun mahalnya.. Mau DIY LED tapi takut ntar udah beli bahan2nya tp gagal ngerakitnya.. Akhirnya dapat jawaban dari langit :D, ada orang yang jual DIY LED bekas.. setelah nego2 dikit akhirnya deal untuk 1 buah DIY LED 128 x 1watt.. Pas banget untuk kebutuhan saya :D..
 

Doomday9999

New Member
Minggu ke 3 Nov 2013

Nemo dan Domino damsel sehat, makan rakus dan mulai udah berani meskipun diliatin.. Waktu searching2 tentang ikan yang baru dibeli, baru tau kalo domino damsel itu ikan yang menyebalkan dan ada potensi untuk menggangu ikan2 yang lain.. Mulai pikir2 apa domino damselnya mau ditangkap aja dibalikin ke LFS.. Kata istri kasian kalo dibalikin dan sementara sih dia baik2 aja.. Malahan kalo tidur ngumpul bertiga ama 2 ekor nemo.. Jadi saya putuskan untuk biarin dia disini dulu.. ntar kalo mulai menggangu baru coba bikin fishtrap untuk tangkep dia..

Ke LFS cari chaeto untuk bikin refugium, tapi disana adanya angguran.. Karna takut spawning, jadinya ngepost di internet untuk cari chaeto.. Ternyata langsung dapat balasan dari teman lama yang kmaren saya beli Chiller.. Thank you lagi agan dari surabaya yang mau bagi chaeto.. Besoknya chaeto datang, langsung modifikasi untuk tambah lampu refugium..

Genap 1 bulan mulai gatal pengen beli ikan lagi.. Pulang kerja jalan2 ke LFS sama istri.. Rencananya sih mau tambah 1 ikan aja.. Sampe di LFS ternyata stock ikan tinggal sedikit, katanya minggu depan baru datagn lagi.. Berhubung minggu depan ada tugas luar kota, akhirnya pilih 1 ekor Foxface Rabbitfish yang katanya mas-nya gampang dipelihara.. Iseng2 nanya2 berapa harga terumbu.. Parahnya mereka dari dulu punyanya hanya batu jeruk dan beberapa jamur2an kecil2 jelek dan ini setau saya adalah LFS paling lengkap :(.. Akhirnya iseng2 beli 1 batu jeruk karna murha cuma 25rb dan 1 buah ga tau namanya, kayak ranting gitu trus kadang bisa keluar bintik2 putih2.. Dulu di aqua ortu pernah punya juga yang ranting itu dan seinget saya lumayan awet..

DSC02085.jpg


Dengan tambahan kali ini, sementara udah puas bgt dengan tampilan aqua :D.. Keberadaan ikan baru juga tidak mengusik si domino damsel.. Yang saya khawatirkan adalah si Foxface Rabbitfish yang keliatan selalu stress badan belang2.. Setelah baca2 ternyata Foxface Rabbitfish emang gampang stress.. Hari ke 2 masih keliatan stress tapi sudah mau curi2 makan.. Hari ke 3 sudah agak relax, tapi kalo dideketin masih suka stress.. Mulai khawatir karna besoknya harus pergi tugas kantor luar kota 6 hari.. Saat searching di internet saya juga baru tau kalo ternyata batu jeruk itu susah banget dipelihara :banghead: :banghead:..

Kali ini mulai bingung mikirin upgrade lampu untuk persiapan nanti kalo sudah bisa mulai tambahin terumbu.. Dari hasil tukang setup awal, aqua sekarang cuma pakai 3 bohlam T5 60cm rakitan si bapak.. Pastinya ini akan sangat kurang.. Mulai mikir2 gimana cara untuk ga keluar biaya terlalu banyak.. Mau beli aquazonic t8 bekas, tapi dipikir2 ntar kalo harus ganti bohlam juga mahal.. Mau beli LED harganya minta ampun mahalnya.. Mau DIY LED tapi takut ntar udah beli bahan2nya tp gagal ngerakitnya.. Akhirnya dapat jawaban dari langit :D, ada orang yang jual DIY LED bekas.. setelah nego2 dikit akhirnya deal untuk 1 buah DIY LED 128 x 1watt.. Pas banget untuk kebutuhan saya :D..

Awal Dec 2013

Sebelum pergi, sudah titip pesan ke karyawan untuk urusin aqua.. Tapi karna saat di luar kota agak padat aktifitasnya, jadi ga sempat untuk nanyain kondisi aqua.. Saat pulang ke rumah agak sedikit cemas dengan keadaan aqua terutama takut kalo si foxface rabbitfish masih stress dan mati.. Tapi semua ternyata baik2 saja:D.. foxface juga udah ga stress lagi.. Dikasih makan juga rakus dan berani naik ke atas minta makanan.. Batu Jeruk baik2 aja tapi mekarnya ga seperti waktu pertama.. yang lain semua sehat2.. DIY LED yang saya beli juga udah datang, tapi karna kerjaan numpuk setelah ditinggal seminggu, masih belum sempat untuk bongkar dan setup..

Bersambung..
 

r3m8o

Member
wahhhhhh chillernya dipost nih,.. hehehehe gmna bos, lancar, akhirnya ditunjukin nih tank nya,.. kurang chaeto nya tuh gk dipost,.. wkwkwkw,.. mau chaeto lg kah,saya nih ada banyak lg bos,.. oh ya,.. cycling msuk brp bulan tuh bos,.. maaf newbie beri ilmu dkit,. cycling minim 2 bulan bos, mnurut saya, biar ilangin bibit ws, kalo masukin terumbu sih no problem,.. trus ikan nya di taruh di karatina tank, biar virus/kuman hilang, kasian kalo da running banyak masalah yg didapat, toh akhirnya TAMBAH DUIT LAGI wkwkwkwk,.. intinya sabar bos,mslah duit pelan2 aj,.. hobby ini dah banyak bikin frustasi orang krna kurang adanya pengalaman yg kurang. saya ulangi lg INTINYA SABAR, BANYAK BACA, BANYAK SHARING, NABUNG DIKIT2 SAMBIL NUNGGU CYCLING.., GOOD LUCK BOS
 

dhipz

Active Member
invest nya sudah cukup baik pak,udah ada lampu,skimmer dan chiller,ke depannya kalo ditekuni,harusnya bisa sukses,kuncinya ya sabar,dan pahami dulu apa kebutuhan biota yg mau dipelihara,..
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,151
Messages
197,235
Members
10,596
Latest member
ericohuang
Top