tank terkontaminasi baygon (?)

Joined
11 November 2021
Messages
1
Likes
0
Selamat sore suhu-suhu sekalian, sebelumnya perkenalkan dulu saya fazard (nama samaran wkwk) member baru, kurang lebih baru 1 bulan mencoba reef tank, dan juga baru pertama kali buat thread disini, sebelumnya hanya nyimak-nyimak aja. Jadi mohon maaf kalau ada kesalahan dalam pemilihan kata-katanya.

jadi gini suhu, aquarium saya (ukuran 50x30x35) udah berjalan sekitar 1 bulan lebih dengan biota 5 clown fish, 1 jabing glodok, 2 bintang laut pasir, 5 keong turbo, 1 anemon clown, 1 coral kuku. selama ini clown fish dan jabing glodok nya gaada masalah, makan lancar, berenang lancar kesana kesini, begitu jg anemon dan coral kukunya, mekar terus, ALhamdulillah.

tapi 2 malam yang lalu saya iseng cek keong turbo ternyata pada mati semua, terus saya angkat, dan ternyata bau banget yaa,, dan air jg jadi sedikit keruh.. setelah saya buang saya kira gaada masalah..

kebetulan saya anak kostan yaa jadi tinggal di 1 kotak ruangan, ga terlalu besar tapi ga kecil juga,, dan saat itu saya dengan bodohnya menyemprotkan baygon ke ruangan saya,, lalu saya tinggal keluar,, pas balik ke kost saya, 5 clown fish dan 1 jabing glodoknya udah sekarat,, berenang ga karuan kaya dikejar setan, makin lama makin pelan lalu tewas satu persatu,,

nah pertanyaan saya apakah itu dampak dari penyemprotan baygon atau dr racun di keong turbo yang ke angkat ? (emang keong turbo ada racunnya ?)
soalnya sebelumnya saya jg sempet nyemprot ruangan dengan baygon dan tidak ada masalah,,

kondisi tank saat ini, udah saya ganti airnya 50-70%, anemon clown, bintang laut, dan karang kukunya masih terlihat aman..

mohon jawabannya para suhu,,

terima kasih sebelumnyaa
 

Asfur

Well-Known Member
Joined
4 November 2006
Messages
1,116
Likes
31
Terlepas itu efek baygon atau bukan, yg pasti baygon mematikan, org aja hirup asep baygon, terasa sesak bisa pening, apalagi ikan.
Dan itu si om piara terumbu tanpa pengetahuan dasar, sulit bertahan lama, saran aja sih om, mulai dr FO dulu om. Piara minimal 1 tahun sambil gali2 ilmu baru nanti maju ke reef tank.
 
Top