Low Budget FOWLR Bandung

Joined
14 October 2010
Messages
24
Likes
0
permisiii..mau numpang mejeng di sini.. mohon kritikannya yaa.. udah jalan sekitar 2 bulan (cycling 3 mingguan)

lampu : pake lampu ultraviolet 39watt yang beli di toko listrik biasa, rencana pengen ganti jebo t8 40 watt tapi dudukannya sama ga ya??

filtrasi : pake top filter biasa 2 biji isinya kapas saja, kadang2 ditambah karbon aktif

skimmer : pake skimmer aerator buatan china murah meriah

pasir bali

live rock

biota : blue damsel 2 ekor, zebra, clown fish 2 ekor, kepe monyong biasa, jabing

pengen nambah letter six nihh tapi blum brani.. atau ada yg punya saran barangkali ikan jenis apa yang mudah dipelihara

 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
untk ukuran usia 3 bulan, tankny kinclong bgt..perawatanny apik punya..lokasi bandung..sebenerny sayang bgt kalo cuma brenti di fowlr..

Bl aj lampu t8ny 40w 4 biji. Trus isi jamur2..bagus2 n bandel..sama aj perawatanny ma fowlr..

Sy kurang jelas lampu uv d maksud, aplg rating-ny 39w. Output warnany juga begitu..coba aj foto lampuny d pajang d sini dulu..
 
Joined
14 October 2010
Messages
24
Likes
0
L34F_angel said:
Salam kenal kang.. atau neng nih ?.... :D
Sama2 orang bandung euy , sy si nubie ikut nyimak ya .. :)


~ Salam ~

salam kenal jg, lalaki saya mah kang :lol:
sama2 nubie karek mulai diajar hehehe.. suka nyari ikan ma coral dimana? siapa tau bisa hunting bareng
 
Joined
14 October 2010
Messages
24
Likes
0
E_2091 said:
untk ukuran usia 3 bulan, tankny kinclong bgt..perawatanny apik punya..lokasi bandung..sebenerny sayang bgt kalo cuma brenti di fowlr..

Bl aj lampu t8ny 40w 4 biji. Trus isi jamur2..bagus2 n bandel..sama aj perawatanny ma fowlr..

Sy kurang jelas lampu uv d maksud, aplg rating-ny 39w. Output warnany juga begitu..coba aj foto lampuny d pajang d sini dulu..

wah awalnya dulu sempet piara koral dan anemon cuma mampus smua sama ikan2nya T_T ..jd kapok deh skarang mending main di fowlr aja hohoho.. btw thks ya masukannya :D

itu kinclong karena pake bactery starter awalnya, trus setelah 2 minggu pake algae stop..masi muncul alga coklat dan hijau sih, cuma dikit2 paling di kaca..

boleh2 tar saya posting disini lampunya..
 
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
3
wah pak emang kalo pake skimer segtu bagus g pak
soalna ne niatna nambah skimer kecil buat di aqua
kalo ditank uda ada 2
jebo 180(murah meriah pak disby)beli 2 360 kok pak
sama saya tanyak dilangganan toko pralatan aqua ada skimer kecil merek jebo kotak 300liter/jam hargana kok sama ya kayak jebo 180( :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: )
n katanya ada yang kecilan merek resun ya kalo g salah hargana 55rb
ne mau beli tapi g tau asikna n fungsina gimana
berhubung ada yang punya tanyak aja
kalo kebesaran jelek2in pemandangan
kok nglhat dipunyakna mas kok kelihatan elegan gt :mrgreen: :mrgreen:
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,008
Likes
79
keliatan kok pak dr cr isi biotanya..reefer yg punya pengalaman pahit..he3..

Tp smua juga perna gagal pak, piara trumbu juga sama kyk ikan. Ada yg gampg, ad yg susah..tinggal pinter2ny milih aj..anemon n seroja2an emg tinggi tingkat kesulitannya.
 
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
3
E_2091 said:
keliatan kok pak dr cr isi biotanya..reefer yg punya pengalaman pahit..he3..

Tp smua juga perna gagal pak, piara trumbu juga sama kyk ikan. Ada yg gampg, ad yg susah..tinggal pinter2ny milih aj..anemon n seroja2an emg tinggi tingkat kesulitannya.
ia pak g tau eh kenapa anemon yang da lama saia mati mennciut(katanaya bung rocky lewat sms c kekurangan nutrisi)
tapi semanggat aja pak
keindahan bawah laut kan dinilai bagus kalo bnyak variasi terumbu kan pak okay
selagi masa cyling pertmbangkan aja pak
sma persiapkan alat temper yang digunakan pak
btw pake bio amonia ya pak waktu cyling
 
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
veritaserum2309 said:
salam kenal jg, lalaki saya mah kang :lol:
sama2 nubie karek mulai diajar hehehe.. suka nyari ikan ma coral dimana? siapa tau bisa hunting bareng
Oh sama geningan lalaki, hehehe ...
Nyari ikan / koral biasanya di citra, nursijan, samudra, muara, ko ayong kopo, sampe ke cimahi ... ada lagi di anggrek tapi jarang kesitumah, jarang lewat soalnya.. hayu kang hunting bareng, cukup sering oge da sy hunting bareng sm reefer2 bandung disini.
klo sempet sesekali mampir ya kang di trit sy yg ini
viewtopic.php?f=6&t=5008


~ Salam ~
 
Joined
14 October 2010
Messages
24
Likes
0
[/quote]
Oh sama geningan lalaki, hehehe ...
Nyari ikan / koral biasanya di citra, nursijan, samudra, muara, ko ayong kopo, sampe ke cimahi ... ada lagi di anggrek tapi jarang kesitumah, jarang lewat soalnya.. hayu kang hunting bareng, cukup sering oge da sy hunting bareng sm reefer2 bandung disini.
klo sempet sesekali mampir ya kang di trit sy yg ini
viewtopic.php?f=6&t=5008


~ Salam ~[/quote]


wah si akang mah bukan nubie atuh, udah master liat tanknya juga.. wah mau pisan kang hunting bareng biar saya bisa curi2 ilmu :lol:
 
Joined
14 October 2010
Messages
24
Likes
0
ardhana said:
E_2091 said:
keliatan kok pak dr cr isi biotanya..reefer yg punya pengalaman pahit..he3..

Tp smua juga perna gagal pak, piara trumbu juga sama kyk ikan. Ada yg gampg, ad yg susah..tinggal pinter2ny milih aj..anemon n seroja2an emg tinggi tingkat kesulitannya.
ia pak g tau eh kenapa anemon yang da lama saia mati mennciut(katanaya bung rocky lewat sms c kekurangan nutrisi)
tapi semanggat aja pak
keindahan bawah laut kan dinilai bagus kalo bnyak variasi terumbu kan pak okay
selagi masa cyling pertmbangkan aja pak
sma persiapkan alat temper yang digunakan pak
btw pake bio amonia ya pak waktu cyling

betul pa, cuma kadang2 semangatnya luntur kalo ada ikan atau coral yg mati :(
waktu cycling ada kaya bacteri starter gitu, dulu saya bekas aquascape sih obatnya cuma bisa buat aquarium laut juga..lumayan mengurangi zat2 berbahaya di aquarium :D
 
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
veritaserum2309 said:
baru masukin satu anemon pantat merah ke aquarium, tapi ko ga ngembang ya? jadi takut ni anemon mati :(
Klo boleh tau filternya pake filter apaan sih kang ? filter atas kah ? apa yg hang on ?
Trus untuk auto top up nya pake sistem apa ?
sama satu lagi .. untuk filtrasinya ngambil air dari tengah atau dari permukaan ? untuk aqua laut sangat di sarankan filtrasinya sedot air dari permukaan, makanya banyak yg pake overflow / surface skimmer...


~ Salam ~
 
Joined
29 October 2007
Messages
1,589
Likes
1
waduh, bahaya masukin anemon.
kalau mati, satu tank mati semua.
anemon itu susah bgt dipelihara.

sedikit kiritikan buat scapingnya, mgkn skimmernya bisa ditaruh di sisi kanan akuarium di dekat pompa biar lebih rapi :D

salam kenal, sy di bandung jg kang :D
 
Joined
30 August 2010
Messages
3,009
Likes
1
veritaserum2309 said:
baru merhatiin lagi, skimmer aerator saya ko busa yg kluarnya jd sdikit yah? apa itu masalah? minta tolong bantuannya para master :)
Kayaknya mata aerator kayunya udah ga optimal, minta di ganti .. sanders klo ga salah antara 10k ~ 15k harganya.
klo ga coba di akalin di hamplas dulu ke 4 sisi2 aerator kayu nya, mudah2an bagus lagi.


~ Salam ~
 
Joined
14 October 2010
Messages
24
Likes
0
L34F_angel said:
veritaserum2309 said:
baru merhatiin lagi, skimmer aerator saya ko busa yg kluarnya jd sdikit yah? apa itu masalah? minta tolong bantuannya para master :)
Kayaknya mata aerator kayunya udah ga optimal, minta di ganti .. sanders klo ga salah antara 10k ~ 15k harganya.
klo ga coba di akalin di hamplas dulu ke 4 sisi2 aerator kayu nya, mudah2an bagus lagi.


~ Salam ~
iya nih ternyata aerator kayunya yang bermasalah, ada 2 sisi yang udah ga mengeluarkan gelembung.. thks ya buat infonya :wink:
 
Top