[ALL ABOUT] Botana Naso

Joined
9 June 2011
Messages
157
Likes
0
saya juga punya pertanyaan nih untuk kjenis ini, sekarang botana ssering nongolin muncongnya ke permukaan , knp yah? sementara untuk jenis ikan lainnya gak seperti itu.
 

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,493
Likes
134
Hahaa iya yah?

Jadi botana atau tang yang tergolong kalem (setidaknya tidak terlalu teritorial) apa aja sih om? boleh minta masukan?
Hampir semua ikan laut itu teritorial om.

Jenis naso kalem, naso literatus, naso vlamingi. Pastikan kl nambah ikan baru, pake box aklimasi. Sy biasanya semingguan ikan baru di box. Dan lepasnya malem pada saat lampu mati
 
Joined
17 July 2020
Messages
8
Likes
0
Hampir semua ikan laut itu teritorial om.

Jenis naso kalem, naso literatus, naso vlamingi. Pastikan kl nambah ikan baru, pake box aklimasi. Sy biasanya semingguan ikan baru di box. Dan lepasnya malem pada saat lampu mati
Iyes pak, mereka umumnya teritorial yah. saya pernah obrol dengan penjual, jenis botana / tang yang cukup ramah dan beredar dipasaran sepertinya hanya Letter 6 dan Sailfin (Keranjang Bali), benar pak kira2 itu?
 

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,493
Likes
134
Iyes pak, mereka umumnya teritorial yah. saya pernah obrol dengan penjual, jenis botana / tang yang cukup ramah dan beredar dipasaran sepertinya hanya Letter 6 dan Sailfin (Keranjang Bali), benar pak kira2 itu?
L6 harus sendiri. Kalau sudah size M/L dan ada 2 ekor dalam 1 tank, di jamin berantem.

Keranjang bali dan padang betul, kalem
 

suhami

New Member
Joined
23 October 2021
Messages
3
Likes
0
Hampir semua ikan laut itu teritorial om.

Jenis naso kalem, naso literatus, naso vlamingi. Pastikan kl nambah ikan baru, pake box aklimasi. Sy biasanya semingguan ikan baru di box. Dan lepasnya malem pada saat lampu mati
om tank 96 liter boleh piara jenis tang ngga ya
 

Asfur

Well-Known Member
Joined
4 November 2006
Messages
1,116
Likes
31
bantu jwb, tank 96 liter itu termasuk kecil yah, kalo mau piara tang, L6 msh oke, atau convict tang jg oke, convict tang ini cenderung lambat besarnya dan bener2 algae eater yg superb, jauh tang2 lainnya. Kalo keluarga naso jgn krn ini jenis yg bisa besar. Atau piara burung laut juga oke. Kalo udah taro convict tang, ngk perlu taro jabing glodok lagi, cukup itu 1 aja udah bisa cukur algae 1 akuarium seukuran om.
 
Top