ada yang tau ini zoa idnya apa?

Joined
19 August 2021
Messages
4
Likes
0
mohon infonya suhu, ada yang tau zoa ini ID-nya apa ya? saya tanya penjualnya juga gak tau. dan saya ambil zoa ini karena bagus aja, tapi penasaran juga dengan IDnya. terima kasih sebelumnya..

Screenshot from 2021-08-19 15.11.03.png
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,563
Likes
102
Saya coba bantu ya Pak, sepertinya namanya Vivid Rainbow. Warnanya bagus sekali dan agak antara pink dan orange ya?
 

Asfur

Well-Known Member
Joined
4 November 2006
Messages
1,110
Likes
31
Pak reef, kalo mnrt saya sih zoa itu dinamain suka2nya seller, ada yg iron man ada yg apa lah, yg mana kalo di rujuk ke literatur di google ngk bakal ketemu. Mnrt sy sih zoa yah zoa, cuman emang ada yg bagus ada yg biasa2 aja warnanya. Macam penamaan cupang aja, ada black samurai, itu kan bikinan mana ada cupang gen black samurai di literatur betta.
 
Joined
19 August 2021
Messages
4
Likes
0
Saya coba bantu ya Pak, sepertinya namanya Vivid Rainbow. Warnanya bagus sekali dan agak antara pink dan orange ya?
iya pak warna mulutnya hijau lalu sekitarannya warna orange ke kuningan dan bulu2nya warna biru. dan zoa ini bentuknya besar, paling besar dari zoa-zoa yang saya punya (atau karena yang lain masih kecil ya hahah). teima kasih infonya pak..
 
Joined
19 August 2021
Messages
4
Likes
0
Pak reef, kalo mnrt saya sih zoa itu dinamain suka2nya seller, ada yg iron man ada yg apa lah, yg mana kalo di rujuk ke literatur di google ngk bakal ketemu. Mnrt sy sih zoa yah zoa, cuman emang ada yg bagus ada yg biasa2 aja warnanya. Macam penamaan cupang aja, ada black samurai, itu kan bikinan mana ada cupang gen black samurai di literatur betta.
jadi nama hanya sekedar gimik dari seller saja ya pak? kalau untuk perbedaan harga itu yang menentukan apa saja ya pak? apa karena jarangnya atau karena susah berkembangbiaknya atau apa ya? soalnya sebenarnya saya baru nyemplung ke hobby aquarium laut dan ketika tau ada zoanthid saya langsung suka dan lebih fokus memelihara zoa karena warnanya yang beraneka ragam dan kuat dikondisi tank saya yang belum benar2 mature hahah. dan kalo harga berdasarkan warna dan motif, misal GM krakatoa kenapa lebih mahan dari predator atau thermosphere ya? padahal kalau menurut saya sih coraknya hampir sama (walau belum pernah liat aslinya GM sama predator sih hahah). mohon bimbingannya semua, terima kasih..
 

Asfur

Well-Known Member
Joined
4 November 2006
Messages
1,110
Likes
31
jadi nama hanya sekedar gimik dari seller saja ya pak? kalau untuk perbedaan harga itu yang menentukan apa saja ya pak? apa karena jarangnya atau karena susah berkembangbiaknya atau apa ya? soalnya sebenarnya saya baru nyemplung ke hobby aquarium laut dan ketika tau ada zoanthid saya langsung suka dan lebih fokus memelihara zoa karena warnanya yang beraneka ragam dan kuat dikondisi tank saya yang belum benar2 mature hahah. dan kalo harga berdasarkan warna dan motif, misal GM krakatoa kenapa lebih mahan dari predator atau thermosphere ya? padahal kalau menurut saya sih coraknya hampir sama (walau belum pernah liat aslinya GM sama predator sih hahah). mohon bimbingannya semua, terima kasih..
Spt nya untuk gimmik penjual yah, ini sih mnrt sy, emang kan ada zoa yg bagus2, yg harganya emang diatas rata2, tp dgn penamaan yg keren kan bisa dongkrak harga juga, yah yg penting halal toh jualannya. Sy sih emang bukan ahli zoa atau terumbu, tp emang sering dan punya banyak buku reef. Dan ngk ada tuh spesifik di namain zoa tertentu, zoa is zoa. Yg pasti yah yg kualitas bagus, warna bagus, ditebus dgn harga bagus yah pantas2 aja sih. Mgkn juga warna bagus itu hasil bikinan reefer yg udah pakar dgn mendosing elemen tertentu shg membentuk pigmen warna tertentu melalui simbiosis zooxanthelaenya. Krn refleksi warna2 yg indah itu kan refleksi dari simbiosis algae dgn hostnya. Kalo tanpa simbiosis algae, hampir semua koral akan berwarna coklat atau putih.
 
Joined
19 August 2021
Messages
4
Likes
0
Spt nya untuk gimmik penjual yah, ini sih mnrt sy, emang kan ada zoa yg bagus2, yg harganya emang diatas rata2, tp dgn penamaan yg keren kan bisa dongkrak harga juga, yah yg penting halal toh jualannya. Sy sih emang bukan ahli zoa atau terumbu, tp emang sering dan punya banyak buku reef. Dan ngk ada tuh spesifik di namain zoa tertentu, zoa is zoa. Yg pasti yah yg kualitas bagus, warna bagus, ditebus dgn harga bagus yah pantas2 aja sih. Mgkn juga warna bagus itu hasil bikinan reefer yg udah pakar dgn mendosing elemen tertentu shg membentuk pigmen warna tertentu melalui simbiosis zooxanthelaenya. Krn refleksi warna2 yg indah itu kan refleksi dari simbiosis algae dgn hostnya. Kalo tanpa simbiosis algae, hampir semua koral akan berwarna coklat atau putih.
oh ternyata berarneka ragam zoa itu bukan sepenuhnya karena genetik, tapi karena algae juga ya. terima kasih infonya pak..
 

Asfur

Well-Known Member
Joined
4 November 2006
Messages
1,110
Likes
31
oh ternyata berarneka ragam zoa itu bukan sepenuhnya karena genetik, tapi karena algae juga ya. terima kasih infonya pak..
Iya bener om, zoa itu spt dgn karang2 sps macam acropora , suka liat kan acro ada yg ungu, hijau, merah dll. Pada intinya acro is acro, tp simbiosis zooxanthelae nya yg membuat acro itu jadi berbeda warna, dan dipercayain para ahli yg bikin buku itu, dgn jenis zooxanthelae tertentu acro bisa berwarna hijau atau ungu tentunya jika terpancar dgn cahaya actinic yah. Dan mnrt pakar sih acro bisa di tuning berubah warna menjadi warna tertentu dgn merubah struktur pencahayaan dan dosing tertentu shg zooxanthelae nya pelan2 mengikuti perubahan itu, shg warna acro berubah.
Tentu ini yg bisa sih yg udah pakar2.
 
Top