[WTA] Cat pelapis besi supaya tdk karat

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
5
Temans,

Tanya dong. Ada gak cat khusus untuk ngelapis besi supaya tdk karatan? Di rumah kebetulan ada meja akuarium eks akua tawar, rangkanya dari besi. Rencana mo dijadiin akua laut nih. Mohon infonya yah.
 
Joined
4 November 2006
Messages
848
Likes
0
kiev said:
Temans,

Tanya dong. Ada gak cat khusus untuk ngelapis besi supaya tdk karatan? Di rumah kebetulan ada meja akuarium eks akua tawar, rangkanya dari besi. Rencana mo dijadiin akua laut nih. Mohon infonya yah.
Pasti ada atau tidaknya krn ini urusannya dgn besi dan air laut si pemakan besi. Tapi anda bisa coba cari di tiada tempat lain selain ace. Gue beli water proof/aquaproof buat ngelapis kolam gue, super duper very good ketimbang aquaproof yg biasa dibeli di toko material. Tanya aja ke bagian cat2 itu.
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
5
Boss Asfur,

Apa ditiap Ace Hardware ada ya? Ato pake aquaproof aja bisa gak? Setelah dicat aquaproof, baru dicat lagi gitu.
 
Joined
4 November 2006
Messages
848
Likes
0
Ace yg besar2 aja spt yg di puri atau di artha gading gitu lah, kalo yg kecil2 takutnya ngk lengkap. Masalahnya aquaproof itu cuman lekat di tembok, anda mesti cari yg bisa lekat di besi, soalnya sy pernah nyoba kalo aquaproof ngk lekat di kayu dan besi kecuali di semen/tembok.
 

di-k

Active Member
Joined
16 July 2008
Messages
1,102
Likes
0
bung kiev, pilihlah cat yg bagus sekalian, pengalaman saya pake cat besi berlapis pun kalah sama air laut. Lama2 berkarat juga.
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
5
di-k said:
bung kiev, pilihlah cat yg bagus sekalian, pengalaman saya pake cat besi berlapis pun kalah sama air laut. Lama2 berkarat juga.
bro di-k, ada saran cat-nya merk apa?
 
Joined
25 May 2009
Messages
289
Likes
0
untuk besi, saran saya sih di epoxy dulu, lalu baru dicat anti karat (hasil akhir dari cat anti karatnya agak lengket/lembek walaupun sudah kering)..atau kalo mau bisa pakai NOVEROX. tapi pakai noverox ini, hasil akhirnya akan menjadi keras seperti batu..Cukup bagus, tapi agak mahal..untuk satu botol ukuran 500 ml, harganya sekitar 150-200 rban.. Nah berapa botol yang dibutuhkan untuk mengecat rak besi anda??
Kalo mau info lengkap boleh juga ke ACE, ato toko bangunan dan tanya aja sama mereka..
 
Joined
4 November 2006
Messages
848
Likes
0
kiev, kalo gue bilang sih jatuhnya nanti akan ngk worthed dgn kaki besinya. Oh iya, aquaproof yg sy pake untuk kolam yg sy beli di ace, harganya kalo ngk salah 300 ribuan isi kira2 2 literan, bayangin dgn duit segitu sy sudah dapet ukuran 1 pel aquaproof di toko bangunan, jd spt yg bro dri_gun bilang, brp yg anda butuh. Rasanya akan sangat mahal jatuhnya, mending beli aja kayu damar laut spt punya saya, bikin baru lagi, mgkn jatuhnya akan sama mahalnya dgnn modif cat anti karat gitu. Atau masukin rangka besinya ke unit anti karat Valugard atau Ziebart gimana????? :smt003 :smt003 :smt003
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
5
@bro dri_gun & boss asfur,

rak akuariumnya kecil aja kok. ukuran tinggi-nya sekitar 90 cm, panjang sekitar 65 cm dan lebarnya sekitar 35 cm. klo ke sumenep, pasti pernah lihat deh kaki2 buat akuarium dari besi yang dicat warna rusty gitu, bentuk besinya kayak yang biasa dipake buat pager gitu lho. jadi kondisinya sekarang udah di cat rusty. saya pengen lapisin lagi supaya gak karatan.

kira2 untuk gitu abis berapa ya?
 
Joined
4 November 2006
Messages
848
Likes
0
Oh itu sih besi padat tuh bukan hollow. Rasanya sih dikit makan bahannya. Yah kalo beli di ace siapin dana plus minus 500 rb dech. Kl kualitas toko material, sy kurang pasti yah, soalnya kan itu buat bugdet price shg kualitas yah so so lah.
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
5
Asfur said:
Oh itu sih besi padat tuh bukan hollow. Rasanya sih dikit makan bahannya. Yah kalo beli di ace siapin dana plus minus 500 rb dech. Kl kualitas toko material, sy kurang pasti yah, soalnya kan itu buat bugdet price shg kualitas yah so so lah.
boss, klo harga 500rb ini, pake cat apa? Noverox itu ato Aquaproof? Kan sudah dicat tuh besinya, apa saya tinggal timpa saja cat lamanya dengan cat baru?
 
Joined
25 May 2009
Messages
289
Likes
0
ohh jangan2 rak besi tempa ya? kalo itu seh ga perlu pake banyak catnya..Tapi tetep disarankan pertama pakai epoxy dulu..Kalau besi sudah karatan agak parah (karatnya rontok), sebaiknya pakai noverox langsung. tapi hati2 waktu mengecat sebaiknya jangan sampai ada bagian yang tidak ter-cat. Setelah noverox, bisa dipakai cat anti karat atau aquaproof tadi..
Semoga membantu..
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
5
dri_gun said:
ohh jangan2 rak besi tempa ya? kalo itu seh ga perlu pake banyak catnya..Tapi tetep disarankan pertama pakai epoxy dulu..Kalau besi sudah karatan agak parah (karatnya rontok), sebaiknya pakai noverox langsung. tapi hati2 waktu mengecat sebaiknya jangan sampai ada bagian yang tidak ter-cat. Setelah noverox, bisa dipakai cat anti karat atau aquaproof tadi..
Semoga membantu..
bro dri_gun, betul itu rak besi tempa gitu. jadi, apakah boleh klo saya langsung apply noverox-nya saja, tanpa pake epoxy? kira2 perlu berapa noverox ya? setelah noverox, apakah perlu pake cat anti karat lagi? maklum nih, newbie soal cat2an... :oops:
 
Joined
25 May 2009
Messages
289
Likes
0
dri_gun said:
ohh jangan2 rak besi tempa ya? kalo itu seh ga perlu pake banyak catnya..Tapi tetep disarankan pertama pakai epoxy dulu..Kalau besi sudah karatan agak parah (karatnya rontok), sebaiknya pakai noverox langsung. tapi hati2 waktu mengecat sebaiknya jangan sampai ada bagian yang tidak ter-cat. Setelah noverox, bisa dipakai cat anti karat atau aquaproof tadi..
Semoga membantu..
bro dri_gun, betul itu rak besi tempa gitu. jadi, apakah boleh klo saya langsung apply noverox-nya saja, tanpa pake epoxy? kira2 perlu berapa noverox ya? setelah noverox, apakah perlu pake cat anti karat lagi? maklum nih, newbie soal cat2an... :oops:

Noverox langsung juga boleh kok tanpa epoxy. cuma ya biasanya untuk lebih murah, tukang2 besinya biasanya pake epoxy trus dicat anti karat, ngga pake noverox..sebenernya boleh2 setelah noverox dicat lagi, kan biar lebih tahan karat, lagipula noverox itu kan cuma lapisan bawah dan warnanya cuma hitam aja. Tapi yah inget harga juga kalo memang terbatas. Takutnya membengkak cuma buat cat aja..tapi kalo ga terbatas mah hajar aja. hehehe..
Gw juga newbie kok bro, cuma kebetulan kemaren emang pas bikin rak akuarium juga aja, jadi sempet nanya2 dan mengenal dikit2.hehehe.. Nanti kalo bro kiev beli catnya, yah boleh juga tuh tanya2 ama tukang disana, sapa tau dapet masukan juga..
 

bulubabi

New Member
Joined
6 November 2008
Messages
844
Likes
0
Pake Flintcote (nulisnya gmn yaaa???) bro. :idea: :idea: :idea:
Yg biasa dipake ngelapisin bak truk yg kerja di pelabuhan.
Cari di toko bangunan...
Paling2 ceban bro!
Besinya dibersihin dulu pake REMOVER (biasa dipake buat ngelupasin cat mobil), ati2 pas pake remover, kena tangan panas, uapnya juga bahaya kalo langsung kena muka, (biasa dipake juga ma anak2 STM buat tawuran). :smt003
 

di-k

Active Member
Joined
16 July 2008
Messages
1,102
Likes
0
betul bung,bila ada dana pake noverox, tapi saya krn mau irit, biarin karatan, bersihin lagi, cat lagi pake cat pager biasa.he.he
 
Joined
12 August 2009
Messages
3,030
Likes
1
jangan di cat tapi di powder coating kaya pipa -pipa knalpot motor....itu sistemnya di celup di cairan kalo gak salah ada deh di daerah gunung sahari
 
Joined
6 November 2008
Messages
844
Likes
0
Gmn bro, jd dicat kaga?
Ato bikin baru dari kayu? hehehehe... :smt003
kayaknya kalo 400rb mending bikin meja kayu deh. :?
 
Joined
3 January 2009
Messages
14
Likes
0
aquarium saya jga pakai rangka besi, kalau saya tdk saya cat apa-2x, hanya saja seminggu 1x & kalau habis ganti air, saya oleskan lap yg saya sdh basahin dng WD-40 ke seluruh tiangnya, sampai skarang sdh 2 thn ngak ada yg karatan tuh..., cmn yach itu .... mesti rajin dikit & ingat nyemprot lap-nya jauh jauh dri aqua-nya ... untungnya saya ada orang yg kerjain ... :smt003
 
Top