UNIT ANTI HAMA AQ LAUT

sunr1s3

Active Member
:lol: :lol: :lol: bisa bahasa jawa juga tho bro ... it's ok, ntar hunting terus sampe dapet deh disini. asal rajin muter2 pasti ntar dapet juga :mrgreen:
 

sunr1s3

Active Member
@ntony !eonardo said:
Sopo sing ora iso? :lol: Aku iso Pren....
:lol: :lol: :lol: sip deh ... jd ga bisa "glendengi" bro Leo nih :mrgreen:
@ntony !eonardo said:
Coba aja Bro Sunrise kasih fotonya ke nelayan, mungkin ada nama dagang khusus untuk mandarin orange ini Bro. :D
saya cuma seorang hobiis bro, koneksi saya cuma toko2 ikan :mrgreen: . dulu dah coba tunjukin2 gambar kemana sih, kalo mandarin tau, tapi soal warna ga yakin katanya ada yang warna itu :? .
info terakhir udah dipesankan juga sih, mudah2an aja dapat.
 

pinpin

Member
Untuk Copperband BUtterfly bisa diconfirm lagi? soalnya saya masukin dua ekor kayanya aiptasia sentuh jg ga :smt087 :smt087
 

sunr1s3

Active Member
Mo nanya dikit ni.Pak BL dithreadnya pak Elke ngasi masukan untuk piara keling liris dan dragon pipe fish utk mencegah red planari.
1.diawal thread ini dibilang keling liris anti bristle worm.apa bs digunakan sbg anti red planari jg?
2.dithread pak Elke red planari dijelaskan sbg flatworm jg (saya sendiri msh ga ngerti bedanya),dithread ini mandarin orange katanya anti flatworm,apa bs digunakan sbg anti red planari jg?
3.dragon pipe fish yg spt apa sih,ada yg pny foto nya?
Thx
 

gisana

Member
sunr1s3 said:
Thx atas infonya pak.ikannya cantik ya.sayang menurut detailnya susah dipelihara.
sama2 pa... rata2 pipefish ni kayanya sulit dipelihara... mulutnya cuma muat hewan2 kecil, kalo kehabisan, kelaperan dah tuh ikan... musti bener2 aquarium yang mature dimana tersedia bahan makanan yg melimpah... :smt003
sunr1s3 said:
2.dithread pak Elke red planari dijelaskan sbg flatworm jg (saya sendiri msh ga ngerti bedanya),dithread ini mandarin orange katanya anti flatworm,apa bs digunakan sbg anti red planari jg?
[INFO]kalo diliat lagi di situs yg sama, flatworm bisa juga dikonsumsi green wrasse (kerling hijau, CMIIW) :wink:
 

BL

New Member
Sebetulnya banyak ikan yang bisa dipakai sebagai predator hama di Akuarium Laut, sayang saya juga tidak begitu paham jenis-jenis dan fungsinya.

Kalau saya ada menyarankan Keling Liris atau biasa disebut sebagai Six Line Wrasse karena reefers luar banyak yang memanfaatkan jenis ikan ini untuk predator hama dalam SPS Tank.
Untuk Dragon Pipe Fish disini disebut Tangkur, bentuknya seperti foto pada link yang diberikan sama bung gisana tetapi yang bisa dipakai itu belangnya hitam dan putih dan warna ekornya merah putih. Saya beli 5 ekor Tangkur yang 4 ekor mati tidak tahan arus di akuarium. 1 ekor Tangkur yang survive sudah bisa dan mau makan rebon beku. Sewaktu ada Gurita di Akuarium saya, Ikan Tangkur ini selama satu bulan saya pelihara di refugia tanpa memberinya makan sama sekali. Apakah jenis Ikan ini sulit dipelihara atau tidak saya tidak tahu. Yang saya tahu tidak tahan arus kencang.

Satu hal yang harus kita sadari bahwa semua jenis Ikan Predator Hama hanya bisa dipakai sebagai pencegah timbulnya hama, bukan untuk mengatasi hama yang sudah berkembang parah didalam akuarium kita.

Flatworm yang ada di Jamur bisa kita atasi dengan Fresh Water Deep dalam Air Tawar selama 30 detik. Pernah saya coba jamur tidak mati tetapi Flatworm yang menempel mati semua. Kalau Koral yang lain saya belum pernah coba.

Salam:
Rimbu.
 

Van_liem

New Member
mw tnya ni sm temans sekalian...

ada yang sudah pelihara keling liris(six line wrases)??
bgmana perilau ikan ini? apakah suka membalikkan batu2 kecil dlm tank?
sy sebenarnya pngen pelihara ikan ini, untuk menghatasi bristle worm. tp sy pnya pengalaman buruk dengan ikan jenis keling(keling bali), jd msh sedikt ragu2 untuk memasukkan ikan ini ke dalam tank.. mahon rekan2 dapat membagi pengalamannya... :) :)

selain it, sy w tanyakan..
apakah ada cr lain untuk membrantas bristle worm?
soalnya, semalam sy lihat bristle worm mematoki jamur :( :( , jd takut hama ini akan merusak...


thx's...
 

kiev

New Member
keling liris (six line wrasse) kelakuannya tidak seperti keling bali. jadi aman dipelihara. paling dia berenang-renang kian kemari aja. lucu deh, matanya n mulutnya itu menggemaskan... :lol:

jadi, silahkan dipelihara.
 

sunr1s3

Active Member
Iya bro Ervan.saya jg mskin keling liris 2 ekor.aman ko,cm berenang2 aja,ga smpe balik2in karang.cuma masalahnya sk brantem sendiri,tiap yg kecil nongol,yg besar langsung nempel.pdhl besarnya jg ga bd jauh lho.
 

Van_liem

New Member
o jd ikn ini ga suka balik2 batu2 kecil kyk keling bali y???

ok deh klu gt siap hunting tp pngen nyari yg kecil aj...

thx y bt smua..
 

Imam

New Member
kok ndak ada penambahan bro? pengen tau counter terrorist untuk jaman sekarang nih? katanya semakin maju jaman, penyakit makin banyak, aneh2 pula
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top