UNIT ANTI HAMA AQ LAUT

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
Mau tanya sama guru2 laut disini, bagaimana memberantas cacing bristle?
Sy lihat di tank saya seperti kelabang, larinya cepat sekali.

tolong di bantu.

thks.
 

starship

New Member
Joined
20 January 2011
Messages
9
Likes
1
Permisi para senior semua, maaf newbie mau tanya...
di MT saya RLnya banyak ditumbuhi Aiptasia, yang ingin saya tanyakan kenapa sih aiptasia harus dibasmi??
apakah aiptasia tsb sangat merugikan??mohon penjelasannya :) :)

salam,
Langga
 

BL

New Member
Joined
7 January 2007
Messages
3,383
Likes
3
Ozone said:
Mau tanya sama guru2 laut disini, bagaimana memberantas cacing bristle?
Sy lihat di tank saya seperti kelabang, larinya cepat sekali.

tolong di bantu.

thks.
Bristleworm sepertinya tidak ada predatornya. Jangan pernah pegang bristle worm dengan tangan. Kalau beruntung bisa diambil dengan pinset. Saya pernah angkat dari akuarium saya yang lama panjangnya sekitar 20 cm dengan menjepitnya menggunakan pinset dan menariknya keluar perlahan-lahan dari lubang di liverock.

starship said:
Permisi para senior semua, maaf newbie mau tanya...
di MT saya RLnya banyak ditumbuhi Aiptasia, yang ingin saya tanyakan kenapa sih aiptasia harus dibasmi??
apakah aiptasia tsb sangat merugikan??mohon penjelasannya :) :)

salam,
Langga
Aptasia merupakan hama di akuarium kita karena menyebar dengan sangat cepat sehingga mengurangi keindahan akuarium kita. Apabila jumlahnya sudah terlalu banyal akan sulit dibasmi.


Salam:
Rimbu.
 

starship

New Member
Joined
20 January 2011
Messages
9
Likes
1
BL said:
Ozone said:
Mau tanya sama guru2 laut disini, bagaimana memberantas cacing bristle?
Sy lihat di tank saya seperti kelabang, larinya cepat sekali.

tolong di bantu.

thks.
Bristleworm sepertinya tidak ada predatornya. Jangan pernah pegang bristle worm dengan tangan. Kalau beruntung bisa diambil dengan pinset. Saya pernah angkat dari akuarium saya yang lama panjangnya sekitar 20 cm dengan menjepitnya menggunakan pinset dan menariknya keluar perlahan-lahan dari lubang di liverock.

starship said:
Permisi para senior semua, maaf newbie mau tanya...
di MT saya RLnya banyak ditumbuhi Aiptasia, yang ingin saya tanyakan kenapa sih aiptasia harus dibasmi??
apakah aiptasia tsb sangat merugikan??mohon penjelasannya :) :)

salam,
Langga
Aptasia merupakan hama di akuarium kita karena menyebar dengan sangat cepat sehingga mengurangi keindahan akuarium kita. Apabila jumlahnya sudah terlalu banyal akan sulit dibasmi.


Salam:
Rimbu.
kerugian selain mengurangi keindahan akuarium apalagi pak kerugian lainnya?
apakah di RL saya ini termasuk Aiptasia pak Rimbu
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
yup. sepertinya aiptasia tu. selain invasif, sengatan tentakelnya berbahaya bagi biota.
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
BL said:
Thank you, Mas Omega sudah bantu jelaskan. :D :D :D


Salam:
Rimbu.
tu bukan aiptasia... tp polip.... :oops:

aiptasia itu bentuknay persis kaya anemon cm badannya transparan... makanya kadang disebut glass anemone.
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
musuh alaminya copperband butterfly alias si monyong. ada jg nudibranch yg makan dia tp kynya di indo ga ada d.
 

devan

Active Member
Joined
3 May 2010
Messages
1,653
Likes
1
Omega_z said:
disemprot pake kapur sirih di mulutnya.
apa ga masalah ama biota laen mas??

Omega_z said:
musuh alaminya copperband butterfly alias si monyong. ada jg nudibranch yg makan dia tp kynya di indo ga ada d.
wah,mslahnya ada aiptasia nya di batu acan n sinarina..
ntar aiptasia ilang,coralnya juga ilang donk..
:lol: :lol: :lol: :lol:
 

starship

New Member
Joined
20 January 2011
Messages
9
Likes
1
Omega_z said:
yup. sepertinya aiptasia tu. selain invasif, sengatan tentakelnya berbahaya bagi biota.
Omega_z said:
tu bukan aiptasia... tp polip.... :oops:

aiptasia itu bentuknay persis kaya anemon cm badannya transparan... makanya kadang disebut glass anemone.
Trus ini kira2 yang bener yg mana ya pak?? saya jadi bingung.....
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
yg bener bukan aiptasia. maap2... salah liat. hehehe... kapur sirih selama ni ga masalah ya, selama ga 1 kg dimasukin lgsg. kalo ga pake air ulekan cabe... semprot aja ke mulutnya pake syringe...
 
Joined
9 June 2011
Messages
155
Likes
0
oh iya kenapa aiptasia dibilang hama yah? apa kerugiannya? sepertinya diaquarium saya ada nyempil dibelakang filter. yang kuncup dan tiba2 masuk kalo ada gerakan.
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
oh iya kenapa aiptasia dibilang hama yah? apa kerugiannya? sepertinya diaquarium saya ada nyempil dibelakang filter. yang kuncup dan tiba2 masuk kalo ada gerakan.
masuk ke pipa atau bukan ?
takutnya salah paham dikira aiptasia adalah cacing pipa lagi...

aiptasia kalo disentuh atau diganggu dia hanya akan mengecil bukan mengumpat didalam sebuah tabung....

aiptasia kerugiannya dia punya sting, karena masuk jenis anemone. makanya kalo banyak bisa bahaya bagi ikan maupun biota lainnya. lalu kenapa dibilang hama karena pertumbuhannya sangat cepat sekali.
 
Joined
9 June 2011
Messages
155
Likes
0
masuk ke pipa atau bukan ?
takutnya salah paham dikira aiptasia adalah cacing pipa lagi...

aiptasia kalo disentuh atau diganggu dia hanya akan mengecil bukan mengumpat didalam sebuah tabung....

aiptasia kerugiannya dia punya sting, karena masuk jenis anemone. makanya kalo banyak bisa bahaya bagi ikan maupun biota lainnya. lalu kenapa dibilang hama karena pertumbuhannya sangat cepat sekali.
oh gt yah, ini sih seperti mengembang ketika keluar dari sarangnya (seperti sarang semut yg keluar dari tanah gitu), dan masuk tiba2 kalo ada gerakan. tapi gak masuk kalo kaca aquarium yg dekat dia kita getok2. blum ada fotonya nih. dia bikin sarangnya nempel dikaca jadi bukan di karang. pas banget di belakang filter.
 
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
oh gt yah, ini sih seperti mengembang ketika keluar dari sarangnya (seperti sarang semut yg keluar dari tanah gitu), dan masuk tiba2 kalo ada gerakan. tapi gak masuk kalo kaca aquarium yg dekat dia kita getok2. blum ada fotonya nih. dia bikin sarangnya nempel dikaca jadi bukan di karang. pas banget di belakang filter.
di foto dulu aja.. biar sama2 enak.. yg diamksud gk salah dan mendapatkan info yg benar juga...
 
Top