tanya udang pelet,,urgent!

Joined
27 August 2013
Messages
49
Likes
0
malem gan,,mau tanya saya punya udang pelet 3 ekor sama udang mp 2,,udang pelet cuma bertahan 3 harian itu knp y??
lalu mau tanya untuk menjaga kualitas air selain menggunakan skimmer??lalu untuk tau kalo akuarium kekurangan ca,magnesium dll gimana??
cara menaikan ph soalnya cari kalkwasser,ph up di jogja pada kosong??kemarin tes ph air hasilnya 7.7

makasih sebelumnya
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,379
Likes
58
Invertebrata seperti udang pelet sangat sensitif pada saat aklimasi ke lingkungan/akuarium baru. Aklimasinya bisa menentukan hidup/mati invertebrata tersebut. Mungkin bisa di-share bagaimana aklimasinya kemarin sewaktu mengenalkan udangnya ke akuarium barunya?

Apabila kekurangan Ca, Mg dan Dkh bisa menggunakan obat baik cair atau bubuk. Untuk meningkatkan pH saya sarankan menggunakan kalkwasser.

Kalau ada yang kurang jelas dan memerlukan bantuan bisa ditanyakan kembali di thread ini.
 
Joined
27 August 2013
Messages
49
Likes
0
Invertebrata seperti udang pelet sangat sensitif pada saat aklimasi ke lingkungan/akuarium baru. Aklimasinya bisa menentukan hidup/mati invertebrata tersebut. Mungkin bisa di-share bagaimana aklimasinya kemarin sewaktu mengenalkan udangnya ke akuarium barunya?

Apabila kekurangan Ca, Mg dan Dkh bisa menggunakan obat baik cair atau bubuk. Untuk meningkatkan pH saya sarankan menggunakan kalkwasser.

Kalau ada yang kurang jelas dan memerlukan bantuan bisa ditanyakan kembali di thread ini.
kalkwasser di jogja susah,,hehe kalo selain itu kira2 apa y??
untuk aklimasi kemaren itu plastik di ambangin skitar 15-20 menitan trs di buka plastiknya masukan air akua ke plastiknya tunggu kira2 5 mntan trs di lepasin ke aquariumnya,,kemaren sih caranya gt,,apa bener y??
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,379
Likes
58
Mungkin untuk kalkwasser bisa cari di sponsor kita, DE Aquatic, Reef Indonesia atau Aquanesia. Mereka ada kalkwasser dan bisa dikirim setau saya. Selain dari kalkwasser ada kimia lain tapi tidak aman untuk penggunaan menaikkan Ph jadi tidak bisa saya beritahukan.

Untuk aklimasinya yang saya sarankan diambangkan plastiknya selama 5-10 menit saja. Setelah itu sebaiknya air aquanya diteteskan ke dalam kantong, selama 15 menit-an. Saat dimasukkan ke dalam aqua ada baiknya lampu dalam keadaan padam.

Semoga Membantu
 
Joined
27 August 2013
Messages
49
Likes
0
Mungkin untuk kalkwasser bisa cari di sponsor kita, DE Aquatic, Reef Indonesia atau Aquanesia. Mereka ada kalkwasser dan bisa dikirim setau saya. Selain dari kalkwasser ada kimia lain tapi tidak aman untuk penggunaan menaikkan Ph jadi tidak bisa saya beritahukan.

Untuk aklimasinya yang saya sarankan diambangkan plastiknya selama 5-10 menit saja. Setelah itu sebaiknya air aquanya diteteskan ke dalam kantong, selama 15 menit-an. Saat dimasukkan ke dalam aqua ada baiknya lampu dalam keadaan padam.

Semoga Membantu
oke makasih infonya :D
 
Joined
27 August 2013
Messages
49
Likes
0
admin tiba2 anemon2 saya pada mati,,dan air jadi keruh,,apa itu dinamakan crash?trus apa yg sebaiknya di lakukan?apa membuang sekitar 30-40%air dan di ganti dengan air baru sudah benar caranya??

nb: anemonya sudah 2 bulan plihara di aqua,,
 

lost-id

Super Moderator
Staff member
Joined
17 November 2009
Messages
1,495
Likes
30
admin tiba2 anemon2 saya pada mati,,dan air jadi keruh,,apa itu dinamakan crash?trus apa yg sebaiknya di lakukan?apa membuang sekitar 30-40%air dan di ganti dengan air baru sudah benar caranya??

nb: anemonya sudah 2 bulan plihara di aqua,,
saya coba bantu jawab ya om, sebaiknya ganti air 30% selang 2-3 hari ganti lagi 30%. sambil dipantau kondisi biota didalam, yg mati sebaiknya diangkat karena akan build H2S.
sekedar saran, sebaiknya dalam membeli biota sebisa mungkin dipelajari dulu kebutuhan hidupnya. hindari beli biota yg kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena kemungkinan besar akan mati, dan itu mempengaruhi biota lainnya.
 
Joined
27 August 2013
Messages
49
Likes
0
saya coba bantu jawab ya om, sebaiknya ganti air 30% selang 2-3 hari ganti lagi 30%. sambil dipantau kondisi biota didalam, yg mati sebaiknya diangkat karena akan build H2S.
sekedar saran, sebaiknya dalam membeli biota sebisa mungkin dipelajari dulu kebutuhan hidupnya. hindari beli biota yg kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena kemungkinan besar akan mati, dan itu mempengaruhi biota lainnya.
mksh masukanya,,iya biota2 di aqua saya itu2 aja ko,,uda berthn hmbr 4 bln..hehe
tp kmren gtw tiba2 anemon pda mati..:hammer:
 
Joined
8 September 2013
Messages
34
Likes
2
Mau nnya ne sesepuh disini..3 hari yg lalu saya masukan 1 ekor udang pelet n 1 ekor ikan blue devil...lalu tadi pagi udang pelet saya mati..sementara ikan nya sehat dan makan lancar...

kira-kira apa penyebab kematian udang pelet saya y..apakah tidak dapat makan atau Tank saya blum stabil...dimana aklimasinya saya menggunakan cara meneteskan air dari MT ke wadah yg saya sediakan dimana sebelumnya udang saya bersama plastiknya saya ambangkan di MT selama 15 menit..lalu saya masukkan ke wadah dan saya teteskan air dari MT selama 30 menit..setelah itu baru saya masukkan udang tersebut ke MT saya...

Mohon masukan dari sesepuh sekalian...

Terima Kasih

Regards
 
Joined
2 September 2013
Messages
8
Likes
0
malem gan,,mau tanya saya punya udang pelet 3 ekor sama udang mp 2,,udang pelet cuma bertahan 3 harian itu knp y??
lalu mau tanya untuk menjaga kualitas air selain menggunakan skimmer??lalu untuk tau kalo akuarium kekurangan ca,magnesium dll gimana??
cara menaikan ph soalnya cari kalkwasser,ph up di jogja pada kosong??kemarin tes ph air hasilnya 7.7

makasih sebelumnya
sama dengan ane om, udah 4 udang pelet yang mati hanya bertahan sehari.... tapi setelah ane coba simpan di sump selama dua hari dengan gelembung udara, baru setelah dua hari dipindahkanlah ke tank.. udang pelet saya udah bisa bertahan lama, samape sekarang !!!!
 
Joined
2 September 2013
Messages
8
Likes
0
Mau nnya ne sesepuh disini..3 hari yg lalu saya masukan 1 ekor udang pelet n 1 ekor ikan blue devil...lalu tadi pagi udang pelet saya mati..sementara ikan nya sehat dan makan lancar...

kira-kira apa penyebab kematian udang pelet saya y..apakah tidak dapat makan atau Tank saya blum stabil...dimana aklimasinya saya menggunakan cara meneteskan air dari MT ke wadah yg saya sediakan dimana sebelumnya udang saya bersama plastiknya saya ambangkan di MT selama 15 menit..lalu saya masukkan ke wadah dan saya teteskan air dari MT selama 30 menit..setelah itu baru saya masukkan udang tersebut ke MT saya...

Mohon masukan dari sesepuh sekalian...

Terima Kasih

Regards
udang pelet gak usah diaklimasi langsung masukin di sump bawah aja, tapi harus ada gelembung udaranya... simpan selama 2 hari gelembung udara jalan terus... setelah 2 hari langsung pindahkan ke tank utama anda,... matikan wave maker sebelum memasukkan udang pellet... dengan cara ini saya udah berhasil om....
 
Joined
8 September 2013
Messages
34
Likes
2
sama dengan ane om, udah 4 udang pelet yang mati hanya bertahan sehari.... tapi setelah ane coba simpan di sump selama dua hari dengan gelembung udara, baru setelah dua hari dipindahkanlah ke tank.. udang pelet saya udah bisa bertahan lama, samape sekarang !!!!
udang pelet gak usah diaklimasi langsung masukin di sump bawah aja, tapi harus ada gelembung udaranya... simpan selama 2 hari gelembung udara jalan terus... setelah 2 hari langsung pindahkan ke tank utama anda,... matikan wave maker sebelum memasukkan udang pellet... dengan cara ini saya udah berhasil om....
Masalahnya sump saya di bagi 4 sekat om..1 air dr MT di isi bio ring n bioball..sekat ke 2 skimer..sekat ke 3 refugium isi cheato..sekat ke 4 Pump ke MT..kl masalah gelembung saya bisa buat karena ada alat waktu main fres water..dari ke 4 sekat sump saya diatas kira" di sekat mana saya masukkan udangnya dulu..

Regards
 

arifspy

New Member
Joined
2 September 2013
Messages
8
Likes
0
Masalahnya sump saya di bagi 4 sekat om..1 air dr MT di isi bio ring n bioball..sekat ke 2 skimer..sekat ke 3 refugium isi cheato..sekat ke 4 Pump ke MT..kl masalah gelembung saya bisa buat karena ada alat waktu main fres water..dari ke 4 sekat sump saya diatas kira" di sekat mana saya masukkan udangnya dulu..

Regards
sekat ke 4 boleh, asal ada jaminan udangnya tidak ke isap sama pompa ke sump....
 

arifspy

New Member
Joined
2 September 2013
Messages
8
Likes
0
sekat ke 4 boleh, asal ada jaminan udangnya tidak ke isap sama pompa ke sump....
Masalahnya sump saya di bagi 4 sekat om..1 air dr MT di isi bio ring n bioball..sekat ke 2 skimer..sekat ke 3 refugium isi cheato..sekat ke 4 Pump ke MT..kl masalah gelembung saya bisa buat karena ada alat waktu main fres water..dari ke 4 sekat sump saya diatas kira" di sekat mana saya masukkan udangnya dulu..

Regards
sekat ke 4 boleh asalkan ada jaminan udangnya tidak ke isap sama pompa ke MT...
 
Top