Solusi Aqua Tanpa Skimmer

Anjassparta

New Member
Salam kenal semuaanya,.
Saya baru memulai Setup aqua sekitar 2 Minggu yang lalu, Baru ganti air 1 kali sekitar 10%. Sejauh ini memang blom ada masalah sama aqua saya, pengalam awal karang jeruk harus mati karena sering dipindah2. Pertanyaanya Apa yang harus saya lakukan agar aqua tetap baik tapi tanpa memiliki skimmer. Maaf klo ada repost. Mohon pencerahan para master
Newbie
 

reef

Administrator
Staff member
Salam kenal dan selamat datang di Reefsforum ;)

Salah satu solusi jitu memelihara koral dan ikan tanpa skimmer yaitu dengan pergantian air secara rutin. Tentunya dengan air laut yang baik.

Perlu juga disiapkan media filtrasi atau metode filtrasi alternatif untuk menangani nitrogen cycle dari bioload akuariumnya.

Tapi akuarium air laut bukan perlu skimmer saja, diperlukan kestabilan parameter air yang mana salah satunya adalah suhu air.
 

Anjassparta

New Member
Untuk bisa melihat air laut yg baik, apakah cuma melihat dari kejernian sama PH nya saja atau ada item lain yang perlu diperhatikan.??
 

reef

Administrator
Staff member
Kejernihan dan pH dapat mencerminkan kondisi yang baik atau kurang baik. Namun belum tentu akurat atau jelas permasalahannya. Jadi biasanya yang digunakan oleh reefer atau hobbyist adalah kejernihan dan pH menjadi barometer awal, namun juga test secara reguler perlu dilakukan agar air cukup baik.

Untuk yang baru memulai akuarium agar sederhana sebaiknya yang diukur dan dimonitoring adalah:
- Kadar Garam
- Suhu Air
- pH
(Dengan catatan pergantian air dilakukan setiap minggu dengan air berkualitas tinggi.)
 

Anjassparta

New Member
Sekarang, aqua saya sudah saya isi dengan ikan & beberapa terumbuh salah satunya terumbuh matahari, apakah terlalu dini untuk mengisi aqua dengan biota laut dengan kondisi aqua yg baru 2 minggu d setup.??
 

aquanesia

Member
Saya bantu jawab ya boss. Sbaiknya sih aqua dibiarkan kosong selama 1 bln utk cycling awal. Biar bakteri dan filtrasi siap. Tp kalo ud terlanjur gpp. jgn ditambah lg isinya dan rajin ganti air aja. seminggu sekali 10-20%. kalo ga takut keracunan ammonia/nitrite yg tinggi.

Karang matahari maksudnya polip matahari? ga disaranin boss buat yg baru mulai krn susah meliharanya. Perlu dikasi makan rutin kalo ga susah hidupnya soalnya ga fotosintesis boss.
 

reef

Administrator
Staff member
Setuju dengan Pak Aquanesia. harus hati-hati dengan koral polip matahari karena memang terbilang sulit. Dirutinkan ganti air aja Pak. Semoga sukses dengan akuariumnya ya.
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top