Soft Coral

sunr1s3

Active Member
Joined
6 August 2008
Messages
2,057
Likes
4
tenang aja Pak Reef, saya sabar menanti kok. kalo emang masih sibuk dengan pekerjaan ya diselesaikan dulu, jangan sampe pekerjaan mengganggu hobi aquarium kita ... ups ... maap, maksud saya jangan sampe pekerjaan terganggu :mrgreen:
 
Joined
5 May 2008
Messages
176
Likes
0
salam,
mau nanya soft coral tangan-tangan dong.saya liat warnanya beragam. soft coral jenis ini sulit gak ngerawatnya?thanks
 

kribo

New Member
Joined
22 February 2010
Messages
42
Likes
1
maaf pak reef,
saya sudah baca beberapa postingan sebelumnya, tapi saya tidak menemukan alasan kenapa trigger harus dikeluarkan apa bila kita memelihara jamur, mohon pencerahannya :D
 

adhe

Active Member
Joined
24 June 2009
Messages
2,030
Likes
1
Ada yg bisa kasih contoh antara jamur strip dengan jamur model ga? Saya kok masih bingung bedanya dimana?
 
Joined
18 October 2010
Messages
532
Likes
0
slama suhu" dan reefers..

mau tanya..
apa memang ada seroja babut biru ?? kira" susah atau tidak merawatnya ??

mohon masukannya..

salam
bram
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
adhe said:
Ada yg bisa kasih contoh antara jamur strip dengan jamur model ga? Saya kok masih bingung bedanya dimana?
jamur strip biasanya coraknya strip atau garis2 gitu kan pak, dan permukaannya smooth. klo jamur model permukaannya tidak smooth dan biasanya warnanya polos: ungu, merah atau orange, kadang ada yang kombinasi. klo saya gak salah, jamur model nama lainnya jamur batre ya. cmiiw.
 
Joined
12 June 2019
Messages
2
Likes
0
Selamat Datang Di Reefs Forum Pak bunnymexs.

Semoga bisa saling membantu di dalam hobby ini :D



Silahkan Pak :smt003



Memang bener Pak, jamur ini sebenarnya kalau sudah beradaptasi dengan kondisi air di aquarium baru, dan memang kondisi airnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh jamur, jamur dapat berkembang biak dengan cepat Pak. Selain itu juga bisa mengembang dengan maksimal. Hasilnya sangat memuaskan, dan sebenarnya caranya juga tidak cukup sulit karena memang jamur dianggap salah satu coral yang kuat, walapun jenis tertentu sedikit sulit dan tidak saya anjurkan bagi yg baru mulai aquarium air laut.

Mengenai nama jamur yang anda maksud, mungkin bisa dijelaskan lagi secara detail mengenai corak dan warnanya, atau lebih baik lagi dengan posting-an fotonya Pak.



Posting gambar mudah kok Pak. Untuk tata cara memposting gambar coba kunjungi link ini Cara posting Foto/Gambar



Seroja yang berwarna putih dan sedikit ke pink2an biasanya itu namanya seroja kapas. Tetapi seroja yang sepenuhnya warna pink ada juga namanya seroja sutra. Sebenarnya jenis seroja ini membutuhkan banyak arus untuk bertumbuh, akan tetapi bukan arus yang fokus pada satu titik (yg dihasilkan oleh pump atau powerhead) tetapi arus yang menyebar dan secara keseluruhan. Kalau dari gambaran Pak bunnymexs sepertinya seroja yang anda miliki ini merupakan seroja yang tidak berfotosintesis makanya akan membutuhkan makanan khusus dan juga perhatian lebih. Saya kurang menganjurkan bagi para hobbyist yg baru mulai untuk memelihara seroja seperti ini.



Seroja yang bisa menguncup bisa jadi seroja colt? Mungkin bisa dibantu dengan fotonya Pak, agar lebih jelas.



Sebaiknya jangan Pak. Jamur dan payungan merupakan 2 jenis coral yang berbeda. Setiap coral memiliki defence mechanism tersendiri yang mana akan mereka pergunakan untuk mengalahkan lawan disekitarnya. Tujuan dari mereka melawan coral lainnya adalah untuk kepentingan berkembang biak. Maka dari itu akan lebih baik jika diletakkan sedikit berjauhan, namun karena memang sama2 soft coral, efek antara satu sama lain tidak akan terlalu besar, jadi tidak bermasalah. Solusi selain memberikan jarak adalah dengan perputaran volume air dari main tank ke sump yang cukup banyak.



Tidak biasanya udang memakan payungan atau coral lainnya. Mungkin saja udang ini hanya memakani organism lain yg tidak terlihat mata dan berada di atas payungan. Udang jenis apa kalau boleh tau Pak bunnymexs.

Semoga membantu :D
Mau nanya om saya punya seroja colt saat nguncup dy mau keras tegak tp saat ngembang knapa dy lemes k bawah ya om mohon pencerahannya dong trimakasih
 

rully_drummers

Active Member
Joined
24 May 2010
Messages
1,530
Likes
23
Mau nanya om saya punya seroja colt saat nguncup dy mau keras tegak tp saat ngembang knapa dy lemes k bawah ya om mohon pencerahannya dong trimakasih
Lemah syahwat... hahahaha

Seroja diantara nya butuh suhu dingin, tempt nya remang2 dan cek po4 no3 nya
 
Top