Rumput Chaeto

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
Numpang tanya master disini

- Apa benar rumput ini lebih unggul daripada rumput2 lainnya(angguran/asem/kol/jarum/dll) ?

- Apa dan bagaimana sifat rumput jenis chaeto ini maksudnya habitatnya gmn?

- Apa bnr ya dng memberikan arus sedang/kuat dng gelembung udara yg banyak perkembangan chaeto ini bisa pesat?
sy liat di yourube ada yg membudayakan dng cara ini.

- Karna rumput jenis ini kadang gak menempel dibatu bagaimana cara utk spy gak terbawa ke return sump, kalau gak nempel dibatu takutnya kebawa arus ke return pump.

makasih :wink:
 

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
7
Sekedar sharing,

Semua makro algae mengkonsumsi nitrate dan phostate.
Kelebihan dari Chaeto adalah:
Dia tidak mengeluarkan spora
Tumbuhnya menjadi bola bola dan padat(tidak makan tempat)

Aseman dan angguran dalam hal mengkonsumsi nitrate dan phospate jauh lebih bagus daripada chaeto.
Aseman lebih membutuhkan cahaya daripada chaeto.

Semoga membantu
 

adhe

Active Member
Joined
24 June 2009
Messages
2,030
Likes
1
oland26n1 said:
Sekedar sharing,

Semua makro algae mengkonsumsi nitrate dan phostate.
Kelebihan dari Chaeto adalah:
Dia tidak mengeluarkan spora
Tumbuhnya menjadi bola bola dan padat(tidak makan tempat)

Aseman dan angguran dalam hal mengkonsumsi nitrate dan phospate jauh lebih bagus daripada chaeto.
Aseman lebih membutuhkan cahaya daripada chaeto.

Semoga membantu
Aseman kayanya lagi sering dibahas. Penampakannya spt apa sih? Jangan2 sering ngeliat tp ga tahu namanya
 

ardhana

New Member
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
2
mending pake aseman aja pak soalnya jenis aseman cenderung membutuhkan nitrat untuk berfotosintesis,n sama halnya anggur ijo juga,kalo diakurium saia aseman n ijo saia kasih dimain tank kata advice rekan2 eh g taunya lama2 dimakan sama jenis kepe,bautana,n angel :wink:
 

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
chaeto lebih efektif dan perkembangan bisa cepat di forum sebelah blg begitu dan gak tergantung pada suhu tertentu.
sebenarnya saya udah ada berbagai macam macroalgae spt rumput asem dan angguran merah hijau di sump saya cuma chaeto yg blm ada. sumpnya msh lega mau coba chaeto alias rumput spageti ini karna sump sy skr dikasih arus kecil dan aerasi karna chaeto bisa tumbuh lebat karna adanya arus dan semburan udara,

mohon dikoreksi.
 

ardhana

New Member
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
2
Ozone said:
chaeto lebih efektif dan perkembangan bisa cepat di forum sebelah blg begitu dan gak tergantung pada suhu tertentu.
sebenarnya saya udah ada berbagai macam macroalgse spt rumput asem dan angguran merah hijau di sump saya cuma chaeto yg blm ada. sumpnya msh lega mau cobachaeto alias rumput spageti ini, biar komplit :D
tapi kalo bapak uda punyak yang diatas y g masalah pak yang bapk mau kan cumak nglhat dri segi keindahan y g masalah pak sal ikan senang kita puas pak,ha... :D
 

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
Saya juga menginginkan parameter air yg bagus pak! :D karna ada macroalgae ini air bersih alami spt layaknya ganggang dilaut.
dan chaeto gak mengakibatkan spawning yg mengakibatkan air keruh.
kayanya mo coba semua jenis macaroalage ini biarlah tanknya yg menyeleksi mana yg pas utk kondisi tank saya pada macaroalgae2 tsb yg bisa lebih dominan tumbuh pesat.
 

ardhana

New Member
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
2
Ozone said:
Saya juga menginginkan parameter air yg bagus pak! :D karna ada macroalgae ini air bersih alami spt layaknya ganggang dilaut.
dan chaeto gak mengakibatkan spawning yg mengakibatkan air keruh.
kayanya mo coba semua jenis macaroalage ini biarlah tanknya yg menyeleksi mana yg pas utk kondisi tank saya pada macaroalgae2 tsb yg bisa lebih dominan tumbuh pesat.
ukuran aqua brapa pak,kalo segala yang kebanyakan g bagus pak,yang sedng2 saja n cukupan ja pak lebih maknyus,btw g coba pake akar mangruv katanya di unyil bisa ngilangn kadar salinitas ketinggian maupun kerendahan ,selain sebagai abrasi dia :p
 
Joined
27 December 2009
Messages
1,924
Likes
1
ardhana said:
Ozone said:
Saya juga menginginkan parameter air yg bagus pak! :D karna ada macroalgae ini air bersih alami spt layaknya ganggang dilaut.
dan chaeto gak mengakibatkan spawning yg mengakibatkan air keruh.
kayanya mo coba semua jenis macaroalage ini biarlah tanknya yg menyeleksi mana yg pas utk kondisi tank saya pada macaroalgae2 tsb yg bisa lebih dominan tumbuh pesat.
ukuran aqua brapa pak,kalo segala yang kebanyakan g bagus pak,yang sedng2 saja n cukupan ja pak lebih maknyus,btw g coba pake akar mangruv katanya di unyil bisa ngilangn kadar salinitas ketinggian maupun kerendahan ,selain sebagai abrasi dia :p
akar mangrove beli dmn bro?
rumput asem sumenep cuma 10-15rb an.
aseman jg rewel kalo keadaan system gak stabil lg bakal memutih layu daunnya dan rontok smua.
rumput ceto memang bagus tapi mahal sejumput aja bs sama dng satu batu besar r.asem.
 

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
7
Klo boleh tau berapa perbandingan MT dan sump untuk tempat macro algaenya?
Apa ada skimmer? klo ada untuk berapa Liter
Gimana jumlah ikannya?
Gimana feeding schedulenya?

tq
oland
 

ardhana

New Member
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
2
akar mangrove beli dmn bro?
rumput asem sumenep cuma 10-15rb an.
aseman jg rewel kalo keadaan system gak stabil lg bakal memutih layu daunnya dan rontok smua.
rumput ceto memang bagus tapi mahal sejumput aja bs sama dng satu batu besar r.asem.[/quote]
ambil sendiri mas,he...sama bbrarti harga aseman sekitar 10 buat yang kenal,n 15 buat yang g kenal,ha...kemarin lumayan broo dapet kolang kaling ijo 20 ribu,huha....bingung q juga dapet segitu,soalna penjualna anak buahnya masih baru,senengna daku
 

fahmy22

New Member
Joined
26 July 2010
Messages
7
Likes
0
mantaaaap kolang kaling ijo 20 rbu :smt007 :smt007 :smt007 :smt007 :smt007 :smt007 ...
memang paling enak klo beli salah ngasih harga ya..
wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
 

ardhana

New Member
Joined
13 August 2010
Messages
819
Likes
2
ia ne bung n sampek dirumah berkembang bagus jadi kolang kaling ijo n ungu bagus deh aqua saia n masalahna ada naksir anemon karpet warna merah buagus banget n tankna uda penuh coral n anemon,ngidam banget ne :lol:
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,418
Likes
67
Rumput chaeto agak susah didapatkan di Jakarta, kalau rumput asam atau rumput anggur lebih mudah. Sebenarnya rumput asam dan rumput anggur lebih aggressive dan cepat dalam memproses nitrate serta phosphate.selain itu perkembangannya jg lebih cepat. Masalahnya kenapa rumput asam atau rumput anggur sering ditinggalkan karena kedua rumput ini lebih sering terjadi spawning dibandingkan rumput chaeto.
 

Ozone

New Member
Joined
8 April 2010
Messages
307
Likes
0
oh gitu ya bos?
cuma mo coba2 aja
tks infonya

rumput asem sy dan angguran hijau kurang pesat pertumbuhannya makanya cari alternatif r.chaeto ini.
sy yakin parameter air ada yg isengin :? jadi mo taro yg tahan banting aja.
 
Top