rumah kita II

tonyz

Active Member
Joined
7 October 2012
Messages
1,023
Likes
3
salam satu jiwa,
mungkin teman2 reefer udah banyak yang kenal dengan saya, kalau belum kenal saya perkenalkan nama saya tonyz dan aquarium yang rencananya akan saya setup ini adalah kakek buyutnya dari tank "rumah kita" karena aquarium ini kami(MRC) bawa dari desa dimana tempat asal kami tinggal dan sebenarnya aquarium ini bukan aquarium baru tetapi boleh dibilang udah butut he..he..udah mulai 2004.
dalam aquarium ini rencananya akan diisi coral mix antara LPS dan SPS sedangkan rencana peralatan yang akan saya gunakan adalah peralatan seadanya;
- power head ATMAN 105
- rencana lighting DIY led 3w 100 biji dan 1w 100 biji dibantu lagi dengan cahaya matahari langsung dari atas tank
- filtrasi menggunakan biofiltrasi dan mekanik filtrasi (filter kapas)
- reefugium rencana menggunakan 2 tank untuk menopang bio filtrasi
- LR, DR dan LS
- ukuran tank 200x50x50
mungkin hanya itu saja spesifikasinya.
tank ini kami bangun tidak sebagai bahan pembuktian akan kesombongan kami bahwa kami bisa membangun tank tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak tetapi hanya sebagai bahan share akan pengalaman kami yang kemungkinan bisa diambil hikmahnya bagi para reefer disini. Mudah2an para pembaca bisa bijak dalam menanggapinya.
Dimohon bagi para reefer pemula untuk tidak langsung menerapkan sistem ini sebelum mempelajarinya. Mudah-mudahan tank ini bisa bermanfaat bagi para reefer2 yang lain
Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan tetapi debat yang tidak ada hikmahnya mohon dihindari.



salam satu jiwa
 
Last edited:
Joined
17 November 2011
Messages
458
Likes
0
D tunggu update tanya pak. Jgn lupa ksh gambarnya, tank kosong melompong dl tdk masalah jadi penasaran Gimana tank kakek buyut nya
 

tonyz

Active Member
Joined
7 October 2012
Messages
1,023
Likes
3
persiapan setup awal yang dibantu teman-teman reefer (gratis .....tis...tis....hanya nyiapkan dadar jagung he..he..yang merasa biar tertawa ha..ha..ha..ayo sini komentar!)




trimakasih om ardhana dan om koirul.............!
 

nanosan

Super Moderator
Staff member
Joined
31 October 2006
Messages
5,780
Likes
22
kritik pertama: kenapa kudu diganjel cetakan semen kayak gitu???? rawan dan riskan. karena klo ada goncangan exp: gempa .. itu malah bisa geser. (pengalaman gempa jogja.. klo kaki2 tank nempel tanah malah bisa meredam goncangan)

kalo alesannya lantainya belum rata.. ya mending disemen aja dulu...
*menanti jawaban sambil siap2 boto nek alasane ora tepat.

kritik kedua: mbok ya tank nya di bersihkan dulu napa... :p jorok ah....


*kaboooooooooooooorrrr sambil bawa dadar gulungnya ah.. :p
 

tonyz

Active Member
Joined
7 October 2012
Messages
1,023
Likes
3
kritik pertama: kenapa kudu diganjel cetakan semen kayak gitu???? rawan dan riskan. karena klo ada goncangan exp: gempa .. itu malah bisa geser. (pengalaman gempa jogja.. klo kaki2 tank nempel tanah malah bisa meredam goncangan)

kalo alesannya lantainya belum rata.. ya mending disemen aja dulu...
*menanti jawaban sambil siap2 boto nek alasane ora tepat.

kritik kedua: mbok ya tank nya di bersihkan dulu napa... :p jorok ah....


*kaboooooooooooooorrrr sambil bawa dadar gulungnya ah.. :p
aqua saya dulu didisain pendek karena didepan aqua kursinya pendek kayak yang punya he..he., tetapi sekarang didepan aqua tidak akan saya beri kursi jadi pengunjung melihat dengan berdiri (biar ndak krasan soalnya kalau terlalu lama kapan waktunya buat mamanya Zayzya? he..he..) gimana mbah masuk ndak alasanku
kalau mau disemen ntik aku diusir ama negara soalnya tu rumah dinas SD ha..ha..ha..
jawaban untuk kritikan kedua: namaya aja kakek buyut ya gitu deh kucel dan kusut ha..ha..ha.. lawong yang udah mbah aja juga kucel mukanya kok, contoh mbah NAAAAANOOOOO! ha..ha..ha.. ni ada batu bata buat pean.............
 
Joined
24 May 2010
Messages
1,542
Likes
25
pak guru...

mau tanya, apakah penempatan memang harus di luar ruangan "seperti tampak gambar"
berarti untuk cahaya "langsung dari matahari"

atau sementara berada disitu.
 

tonyz

Active Member
Joined
7 October 2012
Messages
1,023
Likes
3
pak guru...

mau tanya, apakah penempatan memang harus di luar ruangan "seperti tampak gambar"
berarti untuk cahaya "langsung dari matahari"

atau sementara berada disitu.
oh tidak harus dilakukan terkena sinar matahari, itu saya lakukan karena rumah yang saya tempati sempit maklum masih nebeng rumah dinas sekolah jadi terpaksa harus saya taruh diluar tank saya dan juga bisa menghemat listrik juga sih jadi ndak usah pakai lampu buat reefugiumnya dan juga diMT bisa agak tertolong dengan tambahan cahaya matahari jadi biar lebih hemat energi.
teman reefer di Malang menerapkan sistem ini di dalam ruangan garasi juga bisa dan ada yang di ruang tamu juga bisa yang didalam kamar(kalau yang ini di desa bukan teman MRC) juga bisa yang penting pasokan cahayanya cukup buat mengcovernya. ntik tak upload contoh foto milik teman MRC yang menggunakan sistem ini
 
Joined
17 September 2008
Messages
352
Likes
0
Widih sudah dimulai.....jangan lupa bakar menyan buat si mbah Nano.
Ganjelan kaki meja emg rada menggangu mending jadiin barbel aja om biar yang bantuin n sering nongkrong disana jadi pada tegap hihihihi.....

Sukses om buat tanknya
 

tonyz

Active Member
Joined
7 October 2012
Messages
1,023
Likes
3
@pak rully_drummer: pak ini ada contoh tank milik teman MRC yang ditaruh di garasi, ukuran tank ni tadi saya tanyakan 59x29x35 mungkin masuk PIKO kali ya kalau salah mohon diluruskan, menggunakan led 1w sebanyak 60 biji perbandingan 1:1 (seingat saya karena pada waktu pembuatan saya juga ikut nimbrung)

FTS kemarin saya curi gambarnya karena dia ndak mau kalau tanknya diupload malu


nih yang sempat salut bali threecolournya lebih bagus dari punyak saya he..he..


ni penampakan dari atas


filter box biru yang jadi perdebatan ha..ha..ha..


dia juga skimmerless dan tank ini mulai dibuat sebelum hari raya idulfitri kemarin tepatnya saya lupa maklum udah pikun......he..he..he..

maaf saya upload foto ini tidak ada maksud apa2 hanya bahan share aja jadi para pembaca mohon bijak dalam mensiasatinya, mudah2an ada yang bisa diambil hikmahnya.
 
Top