Refugium??

Joined
7 May 2011
Messages
511
Likes
0
kao udah sampe coklat itu artinya udah telat pangkas..dia udah lepas lagi nutrientnya ke air..btw, beginian kaga bisa nyerap racun, malah bisa lepas racun2 organik yang berakibat buruk buat koral..sebaiknya jangan taro mt, dan lebih oke lagi pake karbon aktif..

sejelek2nya, algae bisa bikin air jadi warna kuning dan akuarium gaindah lagi dipandang..
waaaww.....gawat....saya naronya dkt batu hio sama polip2...td saya menemukan...cabang2nya udh merambat dan menempel di koral/batu tempat batu hio dan polip hidup....ok deh thx buat info yg sngt berhrga Pak E...
 

bnu983

New Member
Joined
17 April 2011
Messages
47
Likes
0
maaf... su nubie ini mo nanya mumpung ciclyng baru jalan 2 hari

brapa suhu max rumput asem dan chaeto... suhu tank saya 30-34
boleh ga refugium di pasang saat ciclyng baru 1 minggu
boleh ga tim cleaning service di masukkan saat ciclyng baru 1 minggu.. maksudnya biar skalian belanja

ps:thermometer belum di kalibrasi.. ada selisih 2derajat antara thermometer aquarium dg thermometer digital
 

tessy88

New Member
Joined
28 August 2009
Messages
519
Likes
0
thermometer ada yg bisa kalibrasi ya??? kok baru tau saya.
mungkin rusak itu thermometer digi nya pak
 

BL

New Member
Joined
7 January 2007
Messages
3,383
Likes
3
maaf... su nubie ini mo nanya mumpung ciclyng baru jalan 2 hari

brapa suhu max rumput asem dan chaeto... suhu tank saya 30-34
boleh ga refugium di pasang saat ciclyng baru 1 minggu
boleh ga tim cleaning service di masukkan saat ciclyng baru 1 minggu.. maksudnya biar skalian belanja

ps:thermometer belum di kalibrasi.. ada selisih 2derajat antara thermometer aquarium dg thermometer digital
thermometer ada yg bisa kalibrasi ya??? kok baru tau saya.
mungkin rusak itu thermometer digi nya pak
Suhu air akuarium laut 30 - 34 derajat Celcius terlalu tinggi buat biota laut. Suhu maksimum yang masih bisa diterima buat FOWLR sebaiknya tidak lebih dari 28 derajat Celcius.
Cleaning crew bisa saja mulai dimasukkan karena biasanya mereka cukup tahan untuk hidup di akuarium yg sedang dalam masa cycling.

Thermometer Digital buat keperluan laboratorium ada yang bisa dikalibrasi, hanya saja prosesnya ribet.
Kalau thermometer yang umum dipakai cuma bisa kita validasi terhadap Standart Thermometer yang bersertifikat. Jadi selisih pembacaan berapa yg dipakai sebagai dasar pembacaannya. Daripada ribet beli saja Standart Thermometer dan ukur dengan ini.


Salam:
Rimbu.
 

bnu983

New Member
Joined
17 April 2011
Messages
47
Likes
0
waduh... berarti tank saya jauh bgt di luar standar... sampe2 buat angguran aja ga layak :(

btw dimana beli thermometer yg bersertifikat... apa yg di jual di apotik itu bersertifikat?? (maap klo out of topik)
 

james albert

Active Member
Joined
9 May 2009
Messages
5,287
Likes
14
waduh... berarti tank saya jauh bgt di luar standar... sampe2 buat angguran aja ga layak :(

btw dimana beli thermometer yg bersertifikat... apa yg di jual di apotik itu bersertifikat?? (maap klo out of topik)
untuk suhu coba dibantu dengan kipas aja.. air bisa antara 28-30.. setidaknya ini masih bisa FOWLR.. namun karena memakai kipas jelas penguapan akan banyak..
thermometer beli aja yg ditukang ikan biasa.. karena itu sudah lumayan bagus dan efektif.. daripada beli thermometer yg bersertifikat mending nabung buat hydrometer yg bersertifikat..
 
Joined
28 March 2011
Messages
745
Likes
2
waduh... berarti tank saya jauh bgt di luar standar... sampe2 buat angguran aja ga layak :(

btw dimana beli thermometer yg bersertifikat... apa yg di jual di apotik itu bersertifikat?? (maap klo out of topik)
emang tinggalnya d mana om mending bikin diy chiler pake bekas kulkas !!!
 

BL

New Member
Joined
7 January 2007
Messages
3,383
Likes
3
waduh... berarti tank saya jauh bgt di luar standar... sampe2 buat angguran aja ga layak :(

btw dimana beli thermometer yg bersertifikat... apa yg di jual di apotik itu bersertifikat?? (maap klo out of topik)
Thermometer Standart biasa dijual ditoko yang menjual bahan kimia.
Kalau hanya untuk ukur suhu akuarium beli saja yang 0 - 50 derajat Celcius, tetapi jangan ukur suhu diatas 50 derajat karena akan rusak.


Salam:
Rimbu.
 

BL

New Member
Joined
7 January 2007
Messages
3,383
Likes
3
kalo termometer.. yang digital biasa akurat ga sih
Thermometer Digital pada umumnya mempunyai spesifikasi akurasi pembacaan, biasanya dinyatakan +/- X %
Kalau yang untuk akuarium biasanya tidak pernah disebut akurasinya. Jadi selalu untung-untungan akurasinya.


Salam:
Rimbu.
 

bnu983

New Member
Joined
17 April 2011
Messages
47
Likes
0
emang tinggalnya d mana om mending bikin diy chiler pake bekas kulkas !!!
saya tinggal di bekasi om... rencana mo bolongin kulkas yg dah ada dari pada beli lagi :)

hari minggu kemarin saya masukin anggur ijo dan aseman dg 1 lampu 35w day light..... pertumbuhan pesat bgt sekarang dah 2x lipat dari waktu beli....
tapi banyak sekali mahluk aneh.. ada belatung warna ijo dan putih..seperti bintang laut tapi kaki cuma 3.. mahluk seperti anemon sebesar butir pasir bali.. jg anakan kepiting yg masih putih

apakah itu normal??? saya sangat jijik liat yg belatung.... gmana ngilanginya?? apa harus bongkar lagi refugium saya??
 
Joined
28 March 2011
Messages
745
Likes
2
klo bisa ad picnya om supaya kt bisa bantu....tp biasanya ad artemia ky kutu kecil gt itu bagus....trus yg mirip anemon saya curiga itu aiptasia lebih baik di hilangkan karena hama ad ko threadnya....dan yg lainnya harus liat dulu sih....
 

bnu983

New Member
Joined
17 April 2011
Messages
47
Likes
0
klo bisa ad picnya om supaya kt bisa bantu....tp biasanya ad artemia ky kutu kecil gt itu bagus....trus yg mirip anemon saya curiga itu aiptasia lebih baik di hilangkan karena hama ad ko threadnya....dan yg lainnya harus liat dulu sih....
wah bener om.... setelah googling gambar ternyata itu aiptasia.... trus gmana dg ulet/cacing itu... bahaya ga?

ciri2 anggur yg siap panen seperti apa ya. punya saya ada yg warnanya dah ijo tua... apa yg kayak gitu yg harus di buang??
 
Joined
22 December 2010
Messages
5
Likes
0
om mau nanya nih, refugium saya pernah ada rumput anggur tapi mati :( , nah masih banyak ampas" bekasan nya om, itu lebih baik saya bersihin aja apa dibiarin aja juga gpp yah ? thanks before :)
 
Joined
7 May 2011
Messages
511
Likes
0
om mau nanya nih, refugium saya pernah ada rumput anggur tapi mati :( , nah masih banyak ampas" bekasan nya om, itu lebih baik saya bersihin aja apa dibiarin aja juga gpp yah ? thanks before :)
Lbh bagusnya diangkat.....yg msh idup aja kalo udh tua harus dipangkas..apalagi yg mati.....setau saya terumbu,ikan,koral,macroalgae dan mahluk2 laut lainnya kalau mati pasti menghasilkan polutant yg tentunya buruk bagi kualitas air
 

epunk

New Member
Joined
26 July 2011
Messages
17
Likes
0
salam kenal,saya nubie mau bikin refugium utk sump tank sy,di tempat sy hanya di jual rumput asem,bisa gak refugium hanya di isi DSB,life rock & rumput asem?bisa gak di refugium di masukin kayu bakau atau liferocknya di ganti kayu bakau? rumput asemnya diikat di liferock(kayak moss di aquascape) atau dibiarkan di permukaan air? krn di tempat yg jual rumput asemnya dibiarkan ngambang di permukaan air....maaf bnyk nanya.
 
Top