red slime algae help

Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
bagai mana cara yang efektif membasmi red slime algae agar tidak tumbuh lagi
mohon bantuan nya para master reef
trima kasih
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
terima kasih pak
saya sudah baca dan kurang paham betul tentang apa yg di definisikan.yg saya simpulkan tentang permasalahan cahaya
mungkin ada saran lain pak agar saya lebih paham mengenai menghilangkan red slime algae di tank
 
Joined
20 October 2014
Messages
141
Likes
13
Tank nya masih baru kah? Tank saya biasanya kena red slime tiap kali awal memulai reefing.
1. Mungkin bisa di cek dulu parameter airnya, apa mungkin ada nutrient yang berlebih semacam phosphat, nitrat dll, kalo iya, berarti perbaiki sistem filtrasinya. Dulu saya pernah pake phosphat remover nya Nanosorb dan bisa hilang algaenya.
2. Kalau nutrient ga terdeteksi alias ga ada phosphat, nitrat dll tapi red slime tetap ada, bisa jadi arus di dalam tank kurang merata. daerah yang ada red slime nya mungkin daerah yang g kena arus.
3. Water change rutin, sama air laut yang OK
4. Kalau point 1-3 ga berhasil mengusir red slime, baru deh coba matiin cahaya 3 harian tiap bulan kayak yang di posting Oom rheinhard. tapi kalau saya pribadi, ga suka matiin cahaya, ntar terumbu yang berfotosintesis dapat apa?
4. Kalau red slime tetap membandel, pake bom nuklir (hidrogen peroxida). Tapi cara ini masih dalam zona galau, apalagi kalau buat koral dan invert. Di forum luar negeri sono, yg saya tahu perbandingannya 1:10. Saya pribadi sering make bom nuklir ini tapi cuma di aquascape air tawar, kalo reef tank, belom pernah. Red slime di tank saya biasanya udah ilang begitu saya pake cara 1, mentok cara 2.
Googling gan bener2 kalau mau pake bom nuklir ini, dan bawa kamus mungkin soalnya hampir semua sumber bahasa inggris.
ini salah satu linknya :
http://www.3reef.com/threads/hydrogen-peroxide-the-nuclear-option-with-nuisance-algae.133087/

cuma reefer di atas ga sengaja nyemprot sps nya dan sps yang kesemprot, ada bagian yg 'terbakar'.

Ada lagi : http://www.reefcentral.com/forums/showthread.php?t=2174184
kalau yang ini ada yang pro, ada yang kontra. Tapi intinya sebenarnya bom nuklir ini 'Do at your own risk'
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
iya om makasih saran nya saya akan coba.mungkin masalah filtrasi nya kurang baik kali ya.klo masalah arus nya sih udh memadai
seharian saya matikan lampu nya.tampak nya mualu berkurang.cuma klo lampunya hidup lg beberapa jam dia mulai numbuh lg degan cepat
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
setelag sata matikan lampu selama 24jam red slime alga mulai berkurang.tp masalah baru terjadi air di MT saya menjadi berkabut
kok bisa ya.apakah pengaruh dr red slime alga di mt saya ato pengaruh anemon yg ada di mt sya.
 
Joined
20 October 2014
Messages
141
Likes
13
Kayaknya karena booming bakteri ato anemon skarat. lha amemomnya sebelumnya klihatan sehat atau tidak?
coba dibaui, rada amis mengarah k busuk atau g? klo Iya, mnding anemonny diangkat dan dikarantina dulu
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
anemon nya seh sudah 2,minggu bentuk nya berubah mas.tentakle nya memendek dan bentuk nya berubah.tp dia seperti nya sehat sehat aja bsrgeraj ke snana kemari.
klo booming bacteri itu gmn ya apa membhayakan buat tank atau tidak
 
Joined
20 October 2014
Messages
141
Likes
13
setahu saya, kbanyakan pnyebab tank berkabut itu tidak bagus. untuk bakteria bloom coba dicari di bagian perbakterian forum ini.
Anemonnya stress itu mungkin. Saya ga tahu banyak karena g pernah memelihara anemon, tapi kalo melihat kayaknya ad brown algae di sekitar anemon, sepertinya kondisi parameter air blm mendukung Pak buat anemon. Apa anemonnya dititipkn dulu di tank lain yg parameternya bagus, nnti 2-4 minggu kalau algae2 sdh kelihatan berkurang, anemonnya dibalikin ke tank ini lagi?
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
anemon sudah saya ungsikan mas
takut ntr tank syaa jd susu.hehehe
setelah lampu saya hidupkan kembali selang 2jam mt saya mulai normal lg warna nya
dan red slim algae mulai numbuh lg deh
 
Joined
8 October 2015
Messages
371
Likes
48
Perhatikan jg warna/kondisi anemonenya (tentakel dan daging bawahnya), kalo warnanya memudar dan berlendir, kemungkinan besar anemonenya bleaching, ini bisa disebabkan oleh faktor suhu air (tdk mendukung/panas) dan parameter air yg kurang baik + Pencahayaan. Anemone akan berpindah tempat tuk cari posisi nyaman, so let it be. Kalo dia masih nempel erat di LR tapi bleaching, chancenya 50:50. Kalo sdh tdk nempel n melayang2 dlm air, di angkat sj.. Takutnya kesedot Wm/pipa outflow.

Salam,
-- DR. G --
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
seperti nya brown algae yg da di mt sya.
jd gmn cara menghilangkan nya
tp ketika saya matikan lampu seharian dia mulai menghilang sedikit di sedikit.dan apabila saya hidupkan lampu sangat cepat perkembangan nya
 
Joined
20 October 2014
Messages
141
Likes
13
ada sump Pak? kalau ad, coba diisi macro algae. Kalau g nemu macro Algae, mgkn bisa nyoba bikin ATS.
Coba dibantu sm filtrasi kimia, pake seachem purigen kah, atau remover lain. Saya dulu pake nanosorb dari nanolab yg di sponsor dan memperluas ATS, lmyn membersihkan dan mencegah alga coklat. Kalau d forum ini pas g ad stok, coba cari di tokop*d*a.

Trus sabar Pak, sabar Poooll pokoknya, kalau bisa jangan masukkan biota apapun sampai algaenya berkurang drastis..
 
Top