Pengantar Hobbi Akuarium Air Laut

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,559
Likes
102
Introduction to Saltwater Aquarium Hobby / Pengantar Hobbi Akuarium Air Laut

Selamat datang di panduan hobby Aquarium air laut Indonesia. Di sini saya akan memperkenalkan apa itu sebenarnya hobby aquarium air laut dari mata hobbyist langsung dan juga beberapa aspek baik positif dan negatif dari hobby ini. Saya akan berusaha menakut-nakuti calon hobbist baru (agar terumbu karang/koral yang sangat bagus tidak direbut oleh banyak orang), tetapi bagi mereka yang tetap tinggal, kunci rahasia dari hobby ini akan saya berikan untuk mempermudah memulai hobby aquarium air laut ini.

Akuarium air laut adalah ukuran mini laut Indonesia yang indah yang dipindahkan ke wadah berbentuk kotak (kaca atau pun plastik) di dalam lokasi strategis di rumah kita. Hampir seluruh mikro dan makro fauna yang terdapat di laut tersebut akan hadir di akuarium kita menciptakan ekosistem yang harmonis yang membentuk akuarium yang sangat indah. Setiap organisme yang hadir mempunyai peran masing-masing dan kehadiran mereka perlu dibantu dengan berbagai peralatan yang sudah tersedia untuk memulai hobby ini.

Dengan kemajuannya teknologi, dan banyaknya penemuan baru yang ditemukan oleh berbagai penemu dalam negeri dan manca negara, memelihara akuarium laut lengkap dengan terumbu karang, ikan dan berbagai hewan invertebrata lainnya jadi mudah dan sederhana. Namun selain menggunakan mainan dunia modern pun, memelihara akuarium air laut dengan metode tradisional masih bisa dicapai dengan keunggulan-keunggulannya sendiri.

Namun bukan berarti akuarium air laut yang begitu indah ini cocok untuk semua orang. Hal ini karena aquarium air laut ini mudah tetapi memiliki kesulitannya sendiri (gampang-gampang susah kalo kata orang). Pastinya dibutuhkan orang-orang yang benar-benar mencintai terumbu karang dan akuarium air laut untuk bisa sukses dalam memelihara hobby ini. Bahkan ada sesepuh di dunia kita yang mengatakan dalam hobby ini, uang itu tidak bermain. Katanya, "Uang tidak bisa membeli sebuah ekosistem!". Selain dari kesulitan, terumbu karang dan ikan air laut merupakan salah satu fauna yang dilindungi oleh negara Indonesia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Kerusakan wilayah pesisir yang disebabkan oleh tingginya tingkat kependudukan di berbagai wilayah, pemanasan global dan sampai dengan kerusakan yang disengaja seperti memancing dengan bomb, penambang lepas pantai, juga pengambilan karang untuk pengurukan tanah di beberapa wilayah. Ada juga yang pembangunan properti di wilayah laut dengan menguruk laut tersebut. Semua ini mengancam kelestarian laut Indonesia, dan tentunya kita tidak mau hobby ini menambah ancaman yang sudah begitu panjang, sebaliknya harapan saya hobby ini medongkrak mata seluruh kalangan masyarakat Indonesia akan seberapa indahnya alam bawah laut kita yang selalu menjadi misteri selama ini.

Bukankah begitu? Selama ini keindahan alam laut kita hanya sering kali dijumpai di siaran televisi, hanya belakangan ini saja baru mulai menjadi trend bagi kalangan muda, tua dan juga pelancong untuk langsung menikmati alam laut Indonesia melalui "scuba diving" atau menyelam. Bahkan banyak atraksi lainnya seperti glass bottom boat, underwater walk dan juga kapal selam mini yang dapat digunakan untuk menikmati terumbu karang yang begitu indah. Namun sejauh ini apakah semua ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat atau majoritas masyarakat Indonesia? Mungkin jika 250 juta jiwa penduduk di Indonesia semuanya menyelam ke laut, peneliti tidak perlu lagi menunggu 100 tahun untuk menjumpai fenomena peningkatan permukaan air karena pemansan global. Mungkin tahun ini juga Jakarta sudah direndam air laut. Kenyataannya banyak sekali kaum masyarakat yang tidak berani atau bahkan ada yang tidak mampu karena keterbatasan masing-masing untuk melihat langsung alam laut Indonesia, tetapi dengan adanya akuarium di rumah semua orang tanpa kecuali dapat menikmati secara langsung. Dan indahnya, bukan hanya menikmati selama 1 - 2 jam dalam 1 atau 2 tahun sekali, tetapi 24 jam, 365 hari setiap tahunnya anda dapat menikmati keindahan alam Indonesia yang sangat menawan. Tetapi apa anda cocok untuk menikmati hobby ini?

Bagi pembaca yang ingin menuangkan isi hatinya atau bertanya mengenai panduan ini bisa menggunakan thread berikut ini:

Kotak Pembaca - Panduan Hobbi Akuarium Air Laut Indonesia
 
Last edited:
Top