PASIR MENJADI HITAM

Joined
2 November 2006
Messages
689
Likes
3
Dear members,
Pasir di main tank saya menjadi hitam warnanya, apakah ini karena gas Hydrogen yang tidak bisa tertahan di pasir? Sebab ketika saya coba aduk sedikit, banyak sekali gelembung-gelembung udara yang keluar dari pasir tersebut dan berbau agak busuk.

Thx
 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
7
Itu termasuk penguraian/pembusukan oleh bakteri anaerob yang menghasilkan sulfida (H2S) berupa gas yang berbau.

A. Ariawan
 
Joined
2 November 2006
Messages
689
Likes
3
Jadi apa yang harus dilakukan? Tadinya hanya sebagian yang menghitam, kemudian makin lama makin banyak.

Itulah yang saya bingung bung Ariawan, yang saya baca kalau pasir menghitam menandakan banyak gas H2S yang terjebak di dalam pasir dimana H2S tersebut dihasilkan dari bakteri yang mengkonsumsi nitrat. Logikanya kan kalau banyak H2S yang dihasilkan berarti nitrat seharusnya sudah berkurang tetapi begitu ditest ternyata nitrat bukannya berkurang malah melonjak dari yang biasanya 25 ke angka 50! :x :shock:

Keadaan ikan sih ok-ok aja gak ada perubahan, makan masih rakus, kotorannya juga makin banyak. Koral juga gak ada masalah, mekarnya masih OK kecuali kolang-kaling kembang yang udah ngambek gak mau mekar lagi gara-gara dicicipi sama blue stone :evil:

Bingung juga nih...apanya yang salah yach? DSB tersebut barus saya aplikasikan sebulan ini, sebelumnya menggunakan pasir biasa sekitar 4cm sekarang menggunakan pasir halus 10cm. Apakah ada hubungannya dengan gula yang saya tuangkan beberapa kali?
 

Js

Active Member
Joined
9 October 2006
Messages
3,692
Likes
16
Prince said:
Jadi apa yang harus dilakukan? Tadinya hanya sebagian yang menghitam, kemudian makin lama makin banyak.

Itulah yang saya bingung bung Ariawan, yang saya baca kalau pasir menghitam menandakan banyak gas H2S yang terjebak di dalam pasir dimana H2S tersebut dihasilkan dari bakteri yang mengkonsumsi nitrat. Logikanya kan kalau banyak H2S yang dihasilkan berarti nitrat seharusnya sudah berkurang tetapi begitu ditest ternyata nitrat bukannya berkurang malah melonjak dari yang biasanya 25 ke angka 50! :x :shock:

Keadaan ikan sih ok-ok aja gak ada perubahan, makan masih rakus, kotorannya juga makin banyak. Koral juga gak ada masalah, mekarnya masih OK kecuali kolang-kaling kembang yang udah ngambek gak mau mekar lagi gara-gara dicicipi sama blue stone :evil:

Bingung juga nih...apanya yang salah yach? DSB tersebut barus saya aplikasikan sebulan ini, sebelumnya menggunakan pasir biasa sekitar 4cm sekarang menggunakan pasir halus 10cm. Apakah ada hubungannya dengan gula yang saya tuangkan beberapa kali?
kalo sy baca, sy assume pemberiaan makannya agak byk , tapi bagaimana dgn peralatan yg dimiliki, apakah size ato perfomanya maximal dgn kondisi tank?
seharusnya menggunakan gula baiknya di dlm coil denitrator, bukan ke dlm tank. itu pun hanya 5-6 butir pertiap minggu, utk mencegah matinya anaerobik.
pasir bisa di aduk, tapi pastikan arus kuat utk mengurai nitrogennya, krn kalo kena ikan, kulit ikan bisa terbakar & luka.
 

Js

Active Member
Joined
9 October 2006
Messages
3,692
Likes
16
bung prince, penambahan pasir utk dsb menjadi 10 cm, tdk serta merta langsung berfungsi, makan waktu 2-3 minggu, bantu bgn bacteri prodibio itu sgt bgs bekerja dgn dsb.
waktu masukan pasir tambahan, pasir di cuci dulu ato tdk, kalo fresh langsung dari laut, memang jelas nitrat & phospat akan ada lonjakan.
 
Joined
2 November 2006
Messages
689
Likes
3
pasir bisa di aduk, tapi pastikan arus kuat utk mengurai nitrogennya, krn kalo kena ikan, kulit ikan bisa terbakar & luka.
Kemarin sudah diaduk beberapa kali pada bagian tertentu, memang hitam dan buaanyaaak sekali gelembung yang keluar ditambah baunya itu lho :smt104

Tadi pagi sebelum saya berangkat saya lihat pasir sudah agak memutih. Saya masih ragu apakah boleh mengaduk seluruhnya? Seandainya boleh akan saya aduk hari minggu besok setelah saya pulang :mrgreen:

Kenapa harus arus kuat yach...bukannya gas-nya naik ke atas kemudian terurai di udara?

bung prince, penambahan pasir utk dsb menjadi 10 cm, tdk serta merta langsung berfungsi, makan waktu 2-3 minggu, bantu bgn bacteri prodibio itu sgt bgs bekerja dgn dsb.
waktu masukan pasir tambahan, pasir di cuci dulu ato tdk, kalo fresh langsung dari laut, memang jelas nitrat & phospat akan ada lonjakan.
Pasir tersebut sudah dicuci sebelum dimasukkan ke main tank...sewaktu di test kemarin Phospate hanya 0,5 (saya bingung juga kenapa gak bisa nol padahal sudah pakai Phosguard) hanya nitratnya yang gak tahan.

Dulu sewaktu ada bakau kadar nitrat memang turun ke angka 25 (sebelum pakai bakau sekitar 50-an) tetapi bakau belakangan banyak yang mati (mungkin karena ada phosguard) hingga tersisa 1 batang :oops: jadi nitrat mulai naik lagi. Sepertinya saya harus aplikasi sulfur reactor untuk menggantikan bakau.
 

Js

Active Member
Joined
9 October 2006
Messages
3,692
Likes
16
Tadi pagi sebelum saya berangkat saya lihat pasir sudah agak memutih. Saya masih ragu apakah boleh mengaduk seluruhnya? Seandainya boleh akan saya aduk hari minggu besok setelah saya pulang :mrgreen:

Kenapa harus arus kuat yach...bukannya gas-nya naik ke atas kemudian terurai di udara?

aduk boleh, tapi jangan 1x aduk semua, di buat bertahap, hari ini sisi kiri, besok sisi kanan ato lusa.

arus kuat itu hanya mencegah ketika nitrogen keluar pas ada ikan, itu berbahaya, seperti yg sy jelaskan tadi.

penggunaan chemical filetr seperti phosguard amat membantu. apakah pakenya diletakkan di antara sekat?? kalo iya, lbh bgs hslnya kalo chemical filetr menggunkan fluidizer, dgn pompa 1500-2000L/H.
sy juga pakai phosguard, sy amati ini, ketika masih fresh memang bagus, tapi jangka 3 bulan sdh tdk maximal, kalo di kasih over quantity berbahaya bisa bikin bleaching coral. factory dianjurkan 6 bulan ganti. coba di amati.
skimmernya gimana boleh di jelaskan kondisinya?
 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
7
Prince said:
Itulah yang saya bingung bung Ariawan, yang saya baca kalau pasir menghitam menandakan banyak gas H2S yang terjebak di dalam pasir dimana H2S tersebut dihasilkan dari bakteri yang mengkonsumsi nitrat. Logikanya kan kalau banyak H2S yang dihasilkan berarti nitrat seharusnya sudah berkurang tetapi begitu ditest ternyata nitrat bukannya berkurang malah melonjak dari yang biasanya 25 ke angka 50! :x :shock:
Nitrat di dalam pasir mungkin sudah berkurang tetapi nitrat di dalam air tidak dapat menembus ke dalam pasir sehingga nitrat di air tidak terurai.
Maka nitrat di air jadi tinggi karena yang terurai hanya yang di dalam pasir..
Oleh sebab itu DSB yang bagus bila sudah ada biota2 dan berongga yang membantu sirkulasi air agar bisa masuk ke dalam kondisi anaerob.

Pada DSB yang baik sebenarnya ada pelepasan gas secara perlahan shg tidak meracuni aquarium. Gas yang lepas ini membuat air masuk (perlahan) ke dalam pasir dan begitu seterusnya.

A. Ariawan
 
Joined
2 November 2006
Messages
689
Likes
3
Hmmm...berarti mesti cari biodata untuk pasir nih, biasanya sih biodata tersebut bisa dihasilkan dari LR, dulu sewaktu masih pakai pasir yang lama banyak sekali biodata yang hidup di dalam pasir tetapi sekarang tidak ada lagi karena terbuang berikut pasirnya :(

Sekarang biodata tersebut belum muncul lagi, gak tahu bisa muncul lagi atau tidak karena LR yang ada sekarang adalah LR yang lama, saya khawatir LR tersebut sudah "bersih".

Skimmer sepertinya sudah urgent untuk diupgrade nih...jujur saja skimmer saya yang sekarang hanya Jebo (nyesel juga dulu kenapa beli Jebo hehehe) tetapi dulu masih ada bakau jadi masih teratasi, pengen upgrade tapi dulu gak ada budget, lagi kesedot sama keperluan lain yang jauh lebih penting :wink:

Bung Ariawan, minggu depan saya akan berkunjung untuk lihat skimmer :smt026
 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
7
Prince said:
Hmmm...berarti mesti cari biodata untuk pasir nih, biasanya sih biodata tersebut bisa dihasilkan dari LR, dulu sewaktu masih pakai pasir yang lama banyak sekali biodata yang hidup di dalam pasir tetapi sekarang tidak ada lagi karena terbuang berikut pasirnya :(

Sekarang biodata tersebut belum muncul lagi, gak tahu bisa muncul lagi atau tidak karena LR yang ada sekarang adalah LR yang lama, saya khawatir LR tersebut sudah "bersih".

Skimmer sepertinya sudah urgent untuk diupgrade nih...jujur saja skimmer saya yang sekarang hanya Jebo (nyesel juga dulu kenapa beli Jebo hehehe) tetapi dulu masih ada bakau jadi masih teratasi, pengen upgrade tapi dulu gak ada budget, lagi kesedot sama keperluan lain yang jauh lebih penting :wink:

Bung Ariawan, minggu depan saya akan berkunjung untuk lihat skimmer :smt026
Sorry nich mau koreksi sedikit, bukan "biodata" pak tapi "biota".

Kabarin aja kalau mau ke rumah.

A. Ariawan
 

erms

Active Member
Joined
25 October 2006
Messages
1,158
Likes
1
hitam di pasir

kalo hitamnya seperti "slime' di atas pasir...bisa juga tipe cyano bakteri. 9 kalau tidak..udah...salah diagnosis)...cara untuk hilang ini ( biasa unggu, merah atau agak biruan) adalah naikin KH ke 11, lalu gak bisa hidup...sekalian coba menurun excess makan, soalnya jadi makan untuk yg tidak baik kalo tidak langsung di habisin sama ikan
 
Joined
2 November 2006
Messages
689
Likes
3
Kelihatannya salah satu penyebabnya memang dari sisa makanan, makanya sekarang pemberian makan granumarine saya kurangi, banyak halus-halusnya yang berjatuhan ke pasir. Sekarang saya berikan pelet karena ikan-ikan sudah mau makan pelet jadi kalau tidak habis gampang diambilnya.

Thx
 
Joined
7 October 2006
Messages
409
Likes
1
Kalo saya mengikuti aliran mengaduk pasir pak.
Jadi 1X seminggu, pasir saya aduk sedikit sekali yang bagian atas.
Tujuannya untuk menghindari bakteri anaerob.

Untungnya ikan2 Tang saya tiap hari selalu juga ikut mengaduk2 pasir mencari sisa2 makanan, jadi sebetulnya pasir tiap hari akan bergerak.
 
Joined
22 December 2020
Messages
2
Likes
0
Saya Newbie mau tanya. Saya baru install aquarium dan masukkan pasir laut dalam 2 hari mulai keluar hitam2 dr dasar tank, dan setelah 10hr hitamnya semakin banyak dan sy memutuskan utk diaduk dan ternyata warna hitam tdk menghilang dan malah bercampur daa yg tadinya pasir atasnya kuning sekarang menjadi keabu2an. Akhirnya saya putuskan bongkar tank dan angkat pasirnya (baunya ajubilah kaya bau got) setelah itu saya ganti pasir baru dan dicuci dulu sebelum masuk tank. Ternyata dalam waktu 24 jam sdh kelihatan hitam2 lagi sedikit mulai timbul. Note : pasir saya pakai ketebalan 10cm. Mohon masukan dr teman2 cara mengatasi hal ini. Terima kasih.
 

Attachments

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,492
Likes
130
Saya Newbie mau tanya. Saya baru install aquarium dan masukkan pasir laut dalam 2 hari mulai keluar hitam2 dr dasar tank, dan setelah 10hr hitamnya semakin banyak dan sy memutuskan utk diaduk dan ternyata warna hitam tdk menghilang dan malah bercampur daa yg tadinya pasir atasnya kuning sekarang menjadi keabu2an. Akhirnya saya putuskan bongkar tank dan angkat pasirnya (baunya ajubilah kaya bau got) setelah itu saya ganti pasir baru dan dicuci dulu sebelum masuk tank. Ternyata dalam waktu 24 jam sdh kelihatan hitam2 lagi sedikit mulai timbul. Note : pasir saya pakai ketebalan 10cm. Mohon masukan dr teman2 cara mengatasi hal ini. Terima kasih.
Normal kok. Itu namanya anoxic area
 
Top