NEWBIE..?? READ ME FIRST PLEASE..!!

Status
Not open for further replies.
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
Seringkali saya liat banyak temen yg baru mulai aquarium laut, langsung saja mensetup, tanpa pertimbangan yang masak, tanpa bertanya, atau mencari-cari tahu dulu tentangmemulai dan memelihara aquarium laut.

Dan nanti akan disusul pertanyaan-pertanyaan, atau nada-nada frustasi, ketika biota kesayangannnya mulai mati satu persatu.

Hal ini pernah terjadi pada saya, dan saya gak mau ini terjadi juga pada temen2 yang baru mulai aquarium laut, karena saya sudah merasakan, habis uang banyak, frustasi, samapi ditipu oleh pedagang.

Untuk itu saya mau temen2 yang baru mo mulai, untuk baca dulu thread ini, sebelum memulai aquarium laut.

Untuk temen2 yang udah mulai, dan udah banyak pengalamannya, mohon dibantu, masukan, kritikan dan sarannya.

satu lagi yang mau saya tekankan, di sini gak ada istilah senior, pakar, master, ataupun junior, semuanya sama- sama belajar dan saling sharing ajah...

Terima kasih
:D
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
Seorang yang mulai tertarik memelihara aquarium laut, sebut saja Tuan X, yang tertarik untuk memulai hobi akuarium laut,dan ingin mencoba memelihara akuarium laut. Dengan segera ia membeli akuarium beserta peralatannya, lalu membeli air laut, dan ikan laut dan terumbu karang nya. Sampai di rumah pun ia segera mengisi akuarium tersebut dengan karang-karang yang disusun sedemikian rupa, lalu mengisi airnya. Esoknya, ia segera membeli ikan laut beserta beberapa terumbu karang (atau disebut juga koral). Yang dibeli pun cantik-cantik. Seekor anemon, karang otak, cacing kipas, karang babut, dan berbagai ikan seperti ikan badut, angel hitam, kepe-kepe, keling asli. Semuanya langsung dimasukkan begitu sampai di rumah. Esok harinya ikan tersebut tampak sehat semua. Tetapi, mulai hari ke tiga dan seterusnya, satu per satu spesies yang dibelinya mati. Ia pun heran, kenapa terjadi seperti itu. Ia pun mulai bertanya-tanya dengan para pedagang ikan laut. Jawaban yang diperoleh sungguh beragam , mulai dari terlalu sering memasukkan tangan ke akuarium, air yang dipakai jelek, ikan yang dicampur terlalu banyak. Pedagang pedagang tersebut lalu mulai menawarkan peralatan ini-itu kepada Tuan X tersebut. Hingga akhirnya Tuan X tersebut mencoba lagi men-set up akuariumnya. Tapi berakhir dengan hal yang sama, satu per satu spesies laut yg dibelinya mati.

Apakah anda mau hal ini terjadi pada anda?

Kalau tidak mau, mohon baca terus thread ini sampai habis..
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
Apa yang diperlukan dalam memelihara akuarium laut?

1. Pengetahuan yang cukup tentang akuarium laut. Pengetahuan di sini maksudnya mengetahui sifat-sifat reef, penggunaan alat-alat yang tepat dan bermutu, menjaga kualitas air, dan menyesuaikan kombinasi ikan dan terumbu karang


2. Dana/ Keuangan, juga diperlukan dalam memelihara akuarium laut. Sebenarnya untuk memiliki akuarium laut, investasi yang cukup besar diperlukan hanya pada saat memulai untuk pertama kali. Jangan pernah memulai untuk memelihara akuarium laut, jika tidak mau menginvestasikan peralatan yang memadai untuk persiapan pertama kali. Yang dimaksud di sini adalah, kita harus memiliki akuarium terlebih dahulu , lalu memiliki lampu yang tepat, sistem filter yang tepat, dan peralatan lain sebelum membeli ikan ataupun koral

3. Kesabaran sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam membuat akuarium laut. Kesabaran ini baik dalam hal memahami terlebih dahulu syarat sifat2 alami reef, mengumpulkan dulu alat yang dibutuhkan untuk mendukung reef, pemilihan biota2 yang akan dipelihara, merencanakan sistem filtrasi , menjalani nitrogen cyle / cycling, dan lain sebagainya.
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
ISTILAH-ISTILAH DALAM AQUARIUM LAUT:
(note:
- saya tidak menggunakan kata-kata ilmiah yang sulit dimengerti untuk menjelaskan istilah-istilah yang sering dipakai. di sini saya hanya menekankan tujuannya saja

- Untuk Boss Admin dan Boss Moderator, mohon maaf , gambarnya saya hot linking dari web-web lain , karena koleksi gambar pribadi saya gak lengkap
)

TANK: aquarium tempat kamu akan memelihara ikan/terumbu karang.


REEF
: sebutan untuk kumpulan terumbu karang yang membentuk suatu ekosistem yang indah dipandang



KORAL: sebutan untuk jenis-jenis terumbu karang, misal: koral anemon, koral batu jeruk, koral kolang-kaling, koral polip, dll


SUMP: suatu wadah yang berisikan peralatan-peralatan yang akan mendukung sistem akuarium laut, misalnya skimmer, pompa, calcium reactor, dan lainnya. Sump ini tersambung dengan aquarium utama, yang dihubungkan melalui pipa. sump bisa terbuat dari kaca, plastik, ataupun acrylic. Sump biasanya diletakkan di bawah akuarium utama/display


OVERFLOW BOX: suatu wadah tempat air keluar dari aquarium utama menuju sump.desain nya bermacam2. gambar di bawah hanya merupakan satu contoh saja


SKIMMER
: nyawa dari filtrasi aquarium laut. Wajib dimiliki untuk hobiis aquarium laut yang serius.



CHILLER : pendingin akuarium , agar suu akuarium yang diinginkan bioat yang kita pelihara selalu stabil



PLUMBING: Pipa-pipa yang dipasang dan dirangkai untuk mengalirkan air baik dari dan ke sump, aquarium display, filter , dll

 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
LIVE ROCK / KARANG HIDUP: batu karang yang diambil dari laut, yang masih mengandung bakteri, makhluk renik, yang akan berfungsi sebagai filtrasi alami di aquarium laut kita. live rock sangat dianjurkan , karena fungsinya tadi. Live rock yang bagus biasanya berwarna ke -merah , orange, ungu-an, banyak coraline algae.


CORALINE ALGAE
: algae menguntungkan, reefer2 sangat mengharapkan tumbuhnya algae, ini , dimana pertumbuhannya memberi arti bahwa kualitas air akuarium kita sudah baik


LIVE SAND : pasir yang sudah mengandung bakteri/renik yang menguntungkan untuk filtrasi, dpat diambil langsung dari lau, ataupun beli pasir mati, dan akan hidup sendirinya dengan berjalannnya proses cycling.

NITROGEN CYCLE/CYLING: proses penguraian ammonia menjadi nitrat, yang berujung dengan pembentukan bakteri pengurai yang dibutuhkan dalam sistem aquarium laut. Saya berpendapat, CYCLING ADALAH WAJIB HUKUMNYA. cycling tidak ada patokan waktunya berapa lama.
Yang akan kamu temui pada saat cycling:
- beberapa hari setelah set up , aq kamu besih bersih kinclong, tanpa lumut.
- kemudian akan mulai ditumbuhi lumut coklat, yang semakin hari makin banyak
- lumut coklat tsb akan menghilang sedikit demi sedikit,
- setelah lumut coklat udah banyak yang menghilang, ganti air 20%, stel skimmer jadi wet skimming, biarkan seminggu, baru masukkan makhluk hidup pertama
- jangan memasukkan sekaligus dalam jumlah banyak, agar ekosistem yang sudah mulai terbentuk tidak "kaget" dengan bioload yang bertambah banyak secara mendadak. masukkan maximal 5 biota dengan selang 1 minggu



sampai di sini dulu yah..nanti nyambung lagi..
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
bro ef_med2001, nice effort. yang kayak begini ini nih mestinya dari dulu udah ada yang mulai, jadinya yang pada baru mau mulai bisa baca ini dulu sebelum start marine/reef tank.

buat pak reef ato oom moderator, pls jadiin ini sticky yak, biar pada bisa baca. tks.
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
kiev said:
bro ef_med2001, nice effort. yang kayak begini ini nih mestinya dari dulu udah ada yang mulai, jadinya yang pada baru mau mulai bisa baca ini dulu sebelum start marine/reef tank.

buat pak reef ato oom moderator, pls jadiin ini sticky yak, biar pada bisa baca. tks.
makasih bro, tapi saya mohon koreksi jika ada salah ya, atau mau nambahin juga gak masalah, malah lebih bagus lagi :D
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
JENIS-JENIS KORAL

SOFT CORAL, merupakan koral yang tidak memiliki tulang/rangka keras. Tidak terlalu membutuhkan cahaya yang kuat, namun butuh suhu air yang dingin (24C-27C) sesuai dengan habitatnya di perairan laut dalam. Contoh: tangan-tangan, xenia, jamur merah, jamur biru, jamur jerawat, dll




ANEMON, sering dianggap sebagai soft coral, namun sebenarnya anemon merupakan jenis tersendiri. Membutuhkan cahaya kuat, kualitas air yang baik.Contoh: anemon jagung, anemon pasir, dll



POLIP: koral yang juga tidak memiliki kerangka , memiliki sifat hampir sama dengan soft coral .Tidak terlalu membutuhkan cahaya yang kuat. Contoh: polip kancing, polip matahari, dll



HARD CORAL,merupakan koral yang memiliki tulang/rangka keras, terdiri dari:

LPS CORAL (Large Polip Scleractinia Coral): jenis koral dengan ciri-ciri memiliki polip/tentakel yang besar, relatif lebih memiliki tolereansi dengan kadar nitrat yang cukup tinggi. Namun bukan berarti memelihara jenis LPS lebih mudah daripada jenis lainnya. Membutuhkan cahaya yang sedang, dan suhu yang sedang (26-27C), contohnya: kolang-kaling, karang otak, batu jeruk, batu hiu, karang babut, dll




SPS CORAL (Small Polip Scleractinia Coral) : jenis koral dengan ciri-ciri memiliki polip/tentakel yang kecil, sangat sensitif dengan kualitas air, dan perubahan yang mendadak, sering di agung-agung kan oleh para reefer sebagai puncak dari hobi reefer ini, jika sanggup memelihara SPS, bisa dikatakan lmu reefer tersebut sudah di atas rata-rata. Membutuhkan cahaya yang kuat, kualitas air yang sempurna dan stabil, kadar kalsium yang tinggi.Contoh: montipora, acropora, dll




CLEANING CREW: di sebut kru pembersih, karena sifatnya sebagai pemakan sisa makanan, kotoran dari biota lain, ex:ikan. Yang termasuk dalam cleaning crew adalah siput/snails, udang pellet, hermit crab, dll

 
Joined
12 January 2008
Messages
122
Likes
0
ooo sorry saya salah atau baru tahu saya juga gak tau ,tapi anemon itu termasuk coral ya ??? saya pikir anemon itu termasuk invertebrata atau sejenis binatang dsb
 
Joined
12 October 2006
Messages
943
Likes
2
Bro ef_med2001, inisiatif bagus sekali. Setuju dengan Kiev, moderator, please STICKY this?

Utk kebaikan kita semua, kalo bisa tolong jangan kasih comment lain selain tambahan referensi (termasuk saya punya ini mungkin di-delete aja sama moderator, dikasih note jangan kasih comment), biar bisa jadi panduan yang bisa diikuti oleh pemula. Bukan apa2, tidak ada yang benar atau salah di hobby ini, tapi opions vary (dan sah-sah aja kok), tapi kalau terlalu banyak opini utk pemula bisa membingungkan. Keep things simple, kalau sudah advance pasti juga ketemu pemahaman lebih banyak.

Idealnya memang Wiki, mungkin bisa diwujudkan oleh Bung Reef?, material ini dipakai sebagai framework-nya, sehingga kolaborasi-nya bisa jadi panduan lebih komplit lagi? Atau bisa juga moderator maintain thread ini dengan filter (baca: delete) comment2 yang tidak terkait sebagai referensi.

sekali lagi Bri ef_med2001: well-done! Keep posting :smt038
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
UKURAN AQUARIUM YANG SAYA BUTUHKAN KIRA_KIRA BERAPA BESAR YA?

Jika kamu search di google/yahoo tentang reef tank, pasti sering terbaca anjuran untuk para newbie: mulailah dengan aquarium yang besar, karena akan lebih mudah di maintenance

menurut saya , hal ini tidak sepenuhnya benar, terutama jika kamu orientasinya ke REEF, karena aquarium yang besar , akan membutuhkan biaya yang sangat besar pada awal setting, dan biaya yang juga besar dalam perawatannya nanti, dan ketika kamu mulai dengan aquarium yang besar, APALAGI tanpa pengetahuan yang baik, dan tidak diawali dengan langkah-langkah yang benar, DITAMBAH LAGI dengan peralatan yang tidak memadai, ketika gagal, kamu akan merasa sakit sekali karena uang sudah terbuang banyak dan tenaga juga sudah terkuras


contoh,
Aq ukuran 2 meter, yang isinya LPS, softies, dan ikan2,
akan membutuhkan :
lampu yang lebih banyak= watt besar=biaya besar
tebal kaca minimal 10mm = mahal = biaya besar
skimmer besar = mahal = biaya besar
chiller besar = mahal = watt besar = biaya besar
ganti air, angkat jerigen, dekor karang = berat = cape deeehh..!


Ukuran aquarium yang kamu butuhkan, semuanya tergantung , kamu tipe orang yang bagaimana?

1. Memiliki dana yang besar, dan minat. kesabaran, ketekunan, ketelitian yang besar
Jika kamu termasuk dalam tipe orang di atas, maka aquarium sampai ukuran 3 meter pun bisa kamu miliki, selain memiliki dana yang besar, kamu juga memiliki sifat yang akan sangat mendukung dengan kehidupan reef kamu nantinya.

2. Memiliki dana yang sedang / kurang , dan minat. kesabaran, ketekunan, ketelitian yang besar
Jika kamu termasuk dalam tipe orang di atas, maka aquarium yang cocok untuk kamu, adalah sekitar 50cm-1m, ukuran aquarium seperti ini menurut saya ideal untuk pemain baru,selain dana tidak terlalu besar, biota yang dipelihara tidak terlalu banyak, sehingga kamu akan lebih mudah mengontrol biota2 yang kamu pelihara .

Mengenai pendapat yang mengatakan aquarium kecil , jika ada yang tidak beres dengan kualitas air, alat2, dsb, yang akan langsung merusak ekosistem reef kamu, menurut saya hal ini tak akan terjadi, bila sebelumnya kamu telah mempersiapkan diri dengan memulai setting aquarium kamu dengan langkah yang benar, pengetahuan yang baik dan cukup, dan peralatan yang memadai.

Jika kamu kurang biaya untuk memiliki peralatan yang mendukung untuk reef kamu, jangan berkecil hati, karena:

-di forum ini ada thread DIY (Do It Yourself) , dimana kamu bisa membuat peralatan sendiri, dengan dana yang terbatas, namun kualitas tak bisa diremehkan. Banyak juga master-master DIY di sini yang bisa kamu tanyakan dan minta nasihat mereka, atau beli dari mereka. peralatan DIY member di sini, kualitasnya sudah terbukti ketangguhannya, dan tentu, dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada yang branded/merek import

- Di Reef Trade Center (sub forum jual-beli) , banyak juga member yang menjual peralatan second hand nya, yang tentu masih layak pakai.




3. Memiliki dana yang besar/sedang / kurang , dan minat. kesabaran, ketekunan, ketelitian yang kurang
Untuk tipe orang di atas, saya anjurkan untuk tinggalkan forum ini, tutup browser anda, dan carilah hobi yang lain, misalnya memelihara kucing/anjing. Karena anda tidak akan serius dalam hobi ini, dan tentu saja tidak akan bisa berhasil, yang hanya akan membuang uang anda dengan percuma tanpa hasil


to be continued...
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
hnugraha said:
Bro ef_med2001, inisiatif bagus sekali. Setuju dengan Kiev, moderator, please STICKY this?

Utk kebaikan kita semua, kalo bisa tolong jangan kasih comment lain selain tambahan referensi (termasuk saya punya ini mungkin di-delete aja sama moderator, dikasih note jangan kasih comment), biar bisa jadi panduan yang bisa diikuti oleh pemula. Bukan apa2, tidak ada yang benar atau salah di hobby ini, tapi opions vary (dan sah-sah aja kok), tapi kalau terlalu banyak opini utk pemula bisa membingungkan. Keep things simple, kalau sudah advance pasti juga ketemu pemahaman lebih banyak.

Idealnya memang Wiki, mungkin bisa diwujudkan oleh Bung Reef?, material ini dipakai sebagai framework-nya, sehingga kolaborasi-nya bisa jadi panduan lebih komplit lagi? Atau bisa juga moderator maintain thread ini dengan filter (baca: delete) comment2 yang tidak terkait sebagai referensi.

sekali lagi Bri ef_med2001: well-done! Keep posting :smt038

terima kasih banyak bro :D :D

sy rasa masukan/kritik/opini dari temen-temen reefer lain juga diperlukan kok, untuk kemajuan hobi reef dan kemajuan forum ini. karena saya berpendapat REEF IS MISTERY.

Dan juga saya tuangkan di sini tentu tidak sepenuhnya benar, semua ini hanya bentuk sharing dari apa yg saya alami dlm hobi reef ini.

Mengenai sticky, edit, delete nya, itu saya serahkan sepenuhnya pada moderator

terima kasih
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Very Nice Bung Ef! Ada 1 hal yg saya garisbawahi. Terkadang ukuran akuarium mjd hal yg sgt dilematis bagi newbie. Aq kecil,maintenance murah tp tdk tll stabil. Aq besar parameter lbh stabil,tapi maintenance mahal. Maka tidak heran byk orang bilang miara aq laut hobi orang berduit. Maka dari itu saya rasa yg plg pnting adl tentukan orientasi n 'tahu diri' lah.Kalau dana blm cukup,tabunglah uang dulu. Atau klo peralatan gak memadai,jgn aq diisi sampe gak kira2. Mungkin itu saja tambahan dr saya. Cmiiw. Salam,
 
Joined
12 January 2008
Messages
122
Likes
0
saya setuju dengan bung leo , hal2 tersebut terjadi dengan saya selengkapnya anda bisa baca di bagian nano reef , memang terlihat kecil dan murah tapi kalo mati lagi mati lagi sama aja dananya buat bikin aqua gede.
(silahkan dihapus :wink: )
 
Joined
23 November 2007
Messages
197
Likes
0
ef_med2001 said:
Seorang yang mulai tertarik memelihara aquarium laut, sebut saja Tuan X, yang tertarik untuk memulai hobi akuarium laut,dan ingin mencoba memelihara akuarium laut. Dengan segera ia membeli akuarium beserta peralatannya, lalu membeli air laut, dan ikan laut dan terumbu karang nya. Sampai di rumah pun ia segera mengisi akuarium tersebut dengan karang-karang yang disusun sedemikian rupa, lalu mengisi airnya. Esoknya, ia segera membeli ikan laut beserta beberapa terumbu karang (atau disebut juga koral). Yang dibeli pun cantik-cantik. Seekor anemon, karang otak, cacing kipas, karang babut, dan berbagai ikan seperti ikan badut, angel hitam, kepe-kepe, keling asli. Semuanya langsung dimasukkan begitu sampai di rumah. Esok harinya ikan tersebut tampak sehat semua. Tetapi, mulai hari ke tiga dan seterusnya, satu per satu spesies yang dibelinya mati. Ia pun heran, kenapa terjadi seperti itu. Ia pun mulai bertanya-tanya dengan para pedagang ikan laut. Jawaban yang diperoleh sungguh beragam , mulai dari terlalu sering memasukkan tangan ke akuarium, air yang dipakai jelek, ikan yang dicampur terlalu banyak. Pedagang pedagang tersebut lalu mulai menawarkan peralatan ini-itu kepada Tuan X tersebut. Hingga akhirnya Tuan X tersebut mencoba lagi men-set up akuariumnya. Tapi berakhir dengan hal yang sama, satu per satu spesies laut yg dibelinya mati.
nah ketahuan niie... Tuan X nya bung ef_med2001 ya? :D
 
Joined
23 November 2007
Messages
197
Likes
0
ef_med2001 said:
ANEMON, sering dianggap sebagai soft coral, namun sebenarnya anemon merupakan jenis tersendiri. Membutuhkan cahaya kuat, kualitas air yang baik.Contoh: anemon jagung, anemon pasir, dll
maaf biar tdk rancu, jadi anemone klo bkn invertebrate, termasuk jenis apa bung ef_med2001?
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Setau saya koral adl binatang yg dpt bersimbiosis krn adanya zooxanthelae walau tdk smua,spt seroja,dll. Kalo menurut saya anemon trmsk karang juga. Kalo diperhatiin agak mirip jamur. Ini perkiraan saya aja. Tlg cmiiw.Kalo dirasa ganggu, post ini silakan diapus.
Thx
 
Joined
11 October 2006
Messages
159
Likes
1
uun_vai said:
[quote="ef_med2001":1fu4p31h]ANEMON, sering dianggap sebagai soft coral, namun sebenarnya anemon merupakan jenis tersendiri. Membutuhkan cahaya kuat, kualitas air yang baik.Contoh: anemon jagung, anemon pasir, dll
maaf biar tdk rancu, jadi anemone klo bkn invertebrate, termasuk jenis apa bung ef_med2001?[/quote:1fu4p31h]

di sini sy tidak membagi coral-coral tersebut berdasarkan klasifikasi ilmiahnya bung, tapi berdasarkan cara pemeliharaannya. dari kalimat tsb, sy tidak mengatakan anemone bukan merupakan invertebrata, tp maksudnya cara pemeliharaaanya y beda dengan soft coral. untuk klasifikasi secara ilmiahnya nya bisa di search di google


terima kasih
 
Status
Not open for further replies.
Top