Newbie aquarium 130x60x60 bandung

Joined
11 November 2012
Messages
65
Likes
0
Newbie aquarium 130x75x60 bandung (update)

Halo semua member Reef's Forum. Saya mau berbagi dan sharing saja... baru dibuat pada tgl 14 Jan 2013

Ukuran main tank: 130x75x60 (kaca tebal 12mm & 10cm DSB)
Sump: 120x60x40 (kaca tebal 5mm 3sekat 10cm DSB system)

Equipment: Aquabee skimmer 2000L/H needle wheel impeller
DC waveline pump 5000 with controller
Sicce wavemaker 1unit V3+ controller
Jebo wavemaker 1unit 5000L/H digabung dgn sicce controller
Nitrate reactor (paralon 3" home made)
Phospate reactor rowa (home made) dipasang setelah air bagus
Digital thermometer
MH arcadia 150wattX2
TL T8 jebo 4X36watt
Fan 36watt utk turunkan suhu

Parameter: nitrate 0
Phosphate 0
Temperature 25,6-27,5

Addictive : Seachem advantage calcium
Seachem reef buffer
Seachem reef builder
Seachem magnesium
Seachem reef iodide
Seachem reef plus
Brightwell aquatics phospate E (buat jaga2 kalo kadar phospate naik)
Aquapharm 5in1 coral food
Marine deluxe coral food

UPDATE!!

Hari minggu tgl 13/1/12 aquarium lama dipensiunkan karena kaki besi tidak kuat dan agak sedikit bengkok. skrg menggunakan mebel kayu dan ukuran rubah dr 130x60x60 ke 130x75x60. semua isinya dipindahkan tanpa dicuci biar ngga perlu cycling kembali. hasil semalam cukup sukses mudah2an ikan dan coral bisa bertahan...doain sukses yah teman2
 
Last edited:

adhe

Active Member
Joined
24 June 2009
Messages
2,030
Likes
1
Siap utk coral yg banyak nih, mantap pak. Setelah kuras total rencana langsung diisi biota apa musti cyling ulang lagi pak?
 
Joined
11 November 2012
Messages
65
Likes
0
Siap utk coral yg banyak nih, mantap pak. Setelah kuras total rencana langsung diisi biota apa musti cyling ulang lagi pak?
iya nih...siap2 ngumpulin duit hahaha.....kalo ane dulu dites parameter airnya begitu bagus baru masuk coral dan sekalian cyling sambil berjalan...dan itu berjalan mulus karena pernah jg melakukan hal seperti ini.. kalo untuk ikan agak sedikit sulit karena bisa hidup bisa mati. kalo cara saya sih dikarantina dulu di main tank ditampung dalam kotak arcrilic. kalo mati kan gampang ambil bangkenya drpd kalo udah masuk ntar lebih repot ketutupan batu karang, semoga membantu info ini pak...trims
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
salam kenal mas Freedom,

oh ya bole tanya itu nitrat reaktor isi nya apa ya?fungsinya buat turunin nitrat ya?

Thanks,
-Ben-
 
Joined
11 November 2012
Messages
65
Likes
0
salam kenal mas Freedom,

oh ya bole tanya itu nitrat reaktor isi nya apa ya?fungsinya buat turunin nitrat ya?

Thanks,
-Ben-
Salam jg bro.... Isinya hanya sulphur dicampur dgn karang jahe sedikit dibagian bawah dan dikasih kapas utk bagian atas dan bawah biar di kemudian hari ngga mampet. Gunanya utk turunin Kadar nitrat....boleh dicoba bro...
 
Last edited:
Joined
11 November 2012
Messages
65
Likes
0
Setelah cyling selama 3minggu akhirnya kuras total ganti 16 jerigen air kemaren hari minggu... airnya bener2 fresh from the sea.. baru aja dikirim dari pamengpeuk garut langsung disikat. Iseng barusan cek parameter air untk kadar nitrat cukup bagus dikisaran 0mg/l dan phosphat di 0.1-0.2mg/l ngga sabar buat masukin ikan dan coral nih.... hari rabu mau pasang phosphat reactor.
 
Joined
10 September 2012
Messages
295
Likes
0
Setelah cyling selama 3minggu akhirnya kuras total ganti 16 jerigen air kemaren hari minggu... airnya bener2 fresh from the sea.. baru aja dikirim dari pamengpeuk garut langsung disikat. Iseng barusan cek parameter air untk kadar nitrat cukup bagus dikisaran 0mg/l dan phosphat di 0.1-0.2mg/l ngga sabar buat masukin ikan dan coral nih.... hari rabu mau pasang phosphat reactor.
bro tanya dunk,udeh cycling 3 minggu kok airnya di kuras dan ganti air baru,bkn nya jd cycling lg?atau sebenernya cycling itu khusus utk LR nya aja yah?jd dah bisa masukin biota gt ya
 
Joined
11 November 2012
Messages
65
Likes
0
bro tanya dunk,udeh cycling 3 minggu kok airnya di kuras dan ganti air baru,bkn nya jd cycling lg?atau sebenernya cycling itu khusus utk LR nya aja yah?jd dah bisa masukin biota gt ya
Bro Utk hilangin Kadar nitrat & phosphat jd mau tdk mau hrs ganti air. Itu haram hukumnya buat air laut bro...skrg2 jg udh bisa masukin apa aja kok... Kalo buat ikan sarannya sih di karantina di MT utk 1-2minggu sampai dia bener2 mau makan.... Pengalaman itu pernah dijalankan sebelumnya Dan berhasil bro. Selamat mencoba....
 
Top