[MERGED] Karang Jahe

PausBiru

New Member
Joined
3 April 2011
Messages
24
Likes
0
Halo semua! nuebie mau tanya nih,
Kenapa karang jahe tidak dianjurkan pada akuarium laut yah?
Padahal teman saya pakai karang jahe sudah hampir 3th bagus2 aja akuariumnya.

mohon pencerahan.
tks.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
PausBiru said:
Halo semua! nuebie mau tanya nih,
Kenapa karang jahe tidak dianjurkan pada akuarium laut yah?
Padahal teman saya pakai karang jahe sudah hampir 3th bagus2 aja akuariumnya.

mohon pencerahan.
tks.
standar bagus tiap orang beda2 pak..

umumnya "bagus" yag dicari member reefsforum agak tinggi standarnya..

ga percaya? coba aja posting foto akua temennya..ada aja yang dikomen :lol: :lol: :lol: :lol:

Memasukkan Liverock yang masih hidup dengan baik sebetulnya tidak ada resiko Amonia.
sedikit nambahin buat yang ini, liverock yang "masih hidup dengan baik" memang tidak akan ada resiko amonia, yang jadi problem adalah bagaimana membuat liverock "yang masih hidup dengan baik" tetap "masih hidup dengan baik" dalam perjalanan dari tempat tuh liverock dibeli sampai masuk ke akuarium kita..sebagus2nya liverock, spons2 yang hidup didalamnya akan segera mati dalam hitungan menit setelah terekspose udara, ato setidaknya sekarat dan akhirnya mati didalam akua kita..mereka2 ini yang bikin amonia spike, belum termasuk senyawa2 organik yang mereka lepas..

bukannya membantah ya, om rimbu, cuma memperjelas aja kondisinya..takutnya nti ada temen2 yang main beli aja mentang2 nemu liverock bagus trus langsung cemplung ke akuanya..game over deh kalo akuanya cuma nano..medium ato large mungin ga akan pengaruh banyak asal liverocknya cuma 1-2 biji..
 

BL

New Member
Joined
7 January 2007
Messages
3,383
Likes
3
Makasih atas koreksinya Mas Eko, sebetulnya ada cara yang mudah mengatasinya, sikat Liverock sampai bersih dengan menggunakan air laut, bilas lagi dengan air laut baru dimasukkan ke akuarium. Sejauh ini dengan cara diatas aman.
Apabila masih tidak yakin selanjutnya bisa dikarantina dalam ember diisi air laut dengan diberi aerasi menggunakan aerator, apabila dalam 24 jam tidak timbul bau busuk berarti tidak timbul adanya pembusukan.
Ini hanya sekedar sharing saja Mas Eko, sejauh ini kalau saya perlu tambahan liverock cara diatas saya pergunakan.


Salam:
Rimbu.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
BL said:
Makasih atas koreksinya Mas Eko, sebetulnya ada cara yang mudah mengatasinya, sikat Liverock sampai bersih dengan menggunakan air laut, bilas lagi dengan air laut baru dimasukkan ke akuarium. Sejauh ini dengan cara diatas aman.
Apabila masih tidak yakin selanjutnya bisa dikarantina dalam ember diisi air laut dengan diberi aerasi menggunakan aerator, apabila dalam 24 jam tidak timbul bau busuk berarti tidak timbul adanya pembusukan.
Ini hanya sekedar sharing saja Mas Eko, sejauh ini kalau saya perlu tambahan liverock cara diatas saya pergunakan.


Salam:
Rimbu.
bener juga sih om..kalo saya sih namanya akua nano..liverock ga mungkin gede2 amat..lebih prefer minta liverocknya dibungkus ala beli lifestock..ga ada problem juga sih selama ini..
 

PausBiru

New Member
Joined
3 April 2011
Messages
24
Likes
0
E_2091 said:
PausBiru said:
Halo semua! nuebie mau tanya nih,
Kenapa karang jahe tidak dianjurkan pada akuarium laut yah?
Padahal teman saya pakai karang jahe sudah hampir 3th bagus2 aja akuariumnya.

mohon pencerahan.
tks.
standar bagus tiap orang beda2 pak..

umumnya "bagus" yag dicari member reefsforum agak tinggi standarnya..

ga percaya? coba aja posting foto akua temennya..ada aja yang dikomen :lol: :lol: :lol: :lol:
Hmm jadi penggunaan karang jahe hanya faktor selera yah!
kalau berhasil sukurlah kalau nggak tinggal diganti aja.

maksudnya standart member sini agak tinggi maksudnya gmn yah?
saya liat (banyak malah) pakai alat2 sederhana aja bisa berhasil baik2 aja.
atau permainan para pedagang supaya pake alat2 yg mahal2 :lol:

sayangnya teman saya gak tau komputer tar kalau dah waktu saya potretin.
kalau dikomen memang kira2 kaya apa pak? :mrgreen:
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Hmm jadi penggunaan karang jahe hanya faktor selera yah!
bukan..tapi ada kelemahan karang jahe..


maksudnya standart member sini agak tinggi maksudnya gmn yah?
mnurut pak baik2 saja belum tentu baik buat orang lain.

saya liat (banyak malah) pakai alat2 sederhana aja bisa berhasil baik2 aja.
atau permainan para pedagang supaya pake alat2 yg mahal2
1. saya bukan pedagang, 2 saya ga suruh pake alat yang mahal..
 

PausBiru

New Member
Joined
3 April 2011
Messages
24
Likes
0
E_2091 said:
Hmm jadi penggunaan karang jahe hanya faktor selera yah!
bukan..tapi ada kelemahan karang jahe..

kelemahanya apaan bro?

[quote:21jm7hvd]

maksudnya standart member sini agak tinggi maksudnya gmn yah?
mnurut pak baik2 saja belum tentu baik buat orang lain.

Iya nanti tunggu saya potretin deh

saya liat (banyak malah) pakai alat2 sederhana aja bisa berhasil baik2 aja.
atau permainan para pedagang supaya pake alat2 yg mahal2
1. saya bukan pedagang, 2 saya ga suruh pake alat yang mahal.

1. Saya member baru gak kenal bro dan blm pernah ktm bro juga, jadi enggak tau kalau pedagang atau enggak
2. Saya juga bingung beda alat yg murah dan yang mahal ituh kaya apa?
kalau sistem filtrasi sudah benar gmn?
[/quote:21jm7hvd]
 

BL

New Member
Joined
7 January 2007
Messages
3,383
Likes
3
Saya kenal Mas Eko, dia memang pedagang tetapi yang pasti bukan pedagang akuarium laut/biota laut/peralatan akuarium laut.

Buat PausBiru
Kelemahan Karang Jahe sudah dibahas pada halaman-halaman sebelumnya.
Silahkan kalau mau upload fotonya, hanya saja kalau bukan punya sendiri sebaiknya diberi penjelasan siapa pemiliknya.


Salam:
Rimbu.
 

PausBiru

New Member
Joined
3 April 2011
Messages
24
Likes
0
Belum sempet main ketempatnya pak!
Memang dia pake karang jahe dijelasin kalau karang jahe harus sering dimaintence.
dia pakai 3 sump sekaligus! ada rumput lautnya, ada pasir campur batu karang besar2, satu sump lagi isinya cuma perlengkapan filter skimer dll (gak tau apa namanya :D )
ok thank's sharingnya.
 

zeni

New Member
Joined
16 May 2011
Messages
3
Likes
0
akhirnya selesai juga baca dari page 1 sampai 12,
Kmarin saya udah cycling ya kira² sudah 6 minggu lamanya, dasar aquarium menggunakan karang jahe, semua karang jahe saat itu sudah mulai coklat semua, karena emang saya pemula, jadi saya coba-coba aja hanya menggunakan filter mechanic aja, alias pakai busa tok. :D ... Menurut yang saya baca sekilas ikan bisa idup asalkan ganti air setiap minggu 20%
Akhirnya saya beli udang pelet... eh baru 15 menit masuk aquarium lgs mati, trus paginya saya angkat tuh jasad. 4 hari berikutnya saya beli 1 ikan nemo, 2 jabing. nemo hanya kuat 2 hari, jabing hanya kuat 3 hari.
Nah ada apa dengan aquarium saya yah?
1. Apakah karena karang jahe?
2. Unfinish Cycling
3. Kadar racun yang tinggi.

Parameter :
Saya masih pemula. :)
Gak punya alat tester parameter air :)
Rencana mau buat dulu FOWLR

Maaf ya kalau pertanyaan saya kurang berkenan. Mohon advisenya, saya emang lagi mencari² ilmu nih.

Ps: Skr statusnya udah dibuang semua, karena saya mau ganti aqua yang lebih besar lagi 100X40X70. aqua lama buat sump aja nantinya 90X50X38.
 
?

...

Guest
kemungkinan tambah satu lagi pak nomornya :
4. Potas.

Kalau menurut saya sih nomor : 2.unfinish cycling.
mungkin bawah saya lebih ngerti..
 
Joined
2 March 2012
Messages
7
Likes
0
waduh!!dah terlanjur pake karang jahe neh...tar saya angkat dah dikit-dikit!!soalnya nubie bgt main di marine aqua..thanks bt master2 yg bnyak ngasih penjelasan!!
 
Joined
18 August 2012
Messages
13
Likes
0
putih2 di live rock.

mhon petunjuk dari senior2 yaw...aqua saya baru proses cycling 2 minggu,n live rocknya jg sdh ada penghuni2nya.yang mau saya tnya khan:
1.putih2 yg ada di LR koq agak bnyk itu apa yaw?
2.trus ada kyk tumbuhan tp tentakelnya bisa gerak2 n berwrna merah tu jg apa yaw?koq aneh bgt.trus ada semacam udang bersembunyin kl digoda pakai lidi,bisa ada suaranya seperti digi2t ma tu udang.udang apa biota jenis apaan tuh?
makasih sebelumnya...
 
Top