[MERGED] All About "CYCLING"

Joined
8 October 2015
Messages
371
Likes
48
Permisi pak, mau tanya nih

Aq saya udh cycling hr ke 10, saya belum pake skimmer, rencana hr ke 14 bru saya pakein.
Cecepod udh banyak bgt nih
Ada lumut2 coklat di kaca
Apa itu normal pak?
Kapan saya mulai bisa masukin biota nya pak? Yg saya denger klo udh ada cepod berarti air sudh bagus. Bener ga pak?
Saya ganti air setiap 2 minggu 20% gpp kan pak?

Terima kasih banyak pencerahan nya pak :)
Share info sesama Newbie (ane Newbie Sucks :D). Baiknya awal2 start cycling skimmer dah pakai (run) buat angkat zat2 beracun (DOC) dlm air baru. Copeds n lumuts (BA) adalah normal ada dlm cycling proses. Lampu ga usah di on lama (5-6 jam per hari cukup). Masukin biota tergantung tank orientasinya apa? FowLR, Lps, Sps, or Mix? Cycling proses baiknya 6-8 minggu, baru input biota. Lps dulu baru ikan nyusul (2-3ekor yg hardy, jgn input ikan langsung banyak, sesuaikan dgn size tanknya). Lengkapi toolsnya sesuai kebutuhan biota yg akan di pelihara. Masalah tools, filtrasi, biota, n maintenancenya dah dibahas lengkap diforum ini, baca2 lagi n pelajari teknisnya. Hindari virus New Tank Syndrome, biar biotanya awet sesuai yg diharapkan :). Good Luck!!

Salam Kenal..
-- DR. G --
 
Joined
5 October 2014
Messages
347
Likes
20
Banyak copepod bukan berarti air sudah bagus... banyak copepod itu karena dalam tank sama sekali tidak ada predator bagi copepod (biasanya ikan). Kalo ikan sudah ada pasti copepod berkurang karena mereka dimakan ikan....

Lumut coklat saat cycling itu normal, cycling berhasil kalo mulai cycling, lalu lumut coklat muncul, lalu hilang dengan sendirinya.... kalo lumut coklatnya sudah hilang sendiri itu baru tandanya tank udah siap diisi biota, tapi sedikit2 demi sedikit lo ya, nggak langsung masukin banyak2 karena kalap belanja.... hahahaha;)
 
Joined
8 June 2016
Messages
39
Likes
1
Sesepuh sekalian, selamat malam saya ingin tanya" ni tentang cycling, saya lgi cycling tank saya sekitar baru 1 mngguan, jdi tiap hari air saya berkurang lumayan terasa banyak, saya sudah cek 4 sisi aqua, ada 3 lubang yang sudah di tambal, dan ini masi berkurang air nya, jdi saya beranggapan bahwa ada bocor dibawah dan saya ingin menyedot air sisa 20% agar bisa diangkat dan lapisan bawa bisa dilapis 1 kaca lagi, pertanyaan saya, apakah setelah air 80% sudah di angkat dan di isi kembali kedalam tank dengan air sama, apakah cycling masi bisa dilanjutkan?
Thanks
 
Joined
8 October 2015
Messages
371
Likes
48
Saran sy, kuras total air Mtnya, tampung sj dlm baskom besar. Cek ulang kebocoran Mt, kalo perlu lem silicone Mtnya di double ulang (lapis ke 2), jgn yg bocor sj yg ditambal. Kalo dasar kaca Mt ada yg retak, yaa.. Harus ganti utuh (kaca agak tebal dari dinding Mt), kalo dah selesai n dah gak bocor lagi. Air lama masukin lagi, lanjut cycling prosesnya.. Lebih lama lebih baik :) Cmiiw, Good Luck..

Salam kenal..
-- DR. G --
 
Joined
8 June 2016
Messages
39
Likes
1
Ok deh pak dr. G, thanks atas saran nya, mungkin sabtu saya mau kuras habis smua airnya, sisain pasir sama batu doank baru saya cek segala sisi aqua.
 
Joined
8 June 2016
Messages
39
Likes
1
selamat malam, melanjutkan permasalahan tank saya yang dalam keadaan cycling dan air terus berkurang setiap harinya di kisaran +/- 1 gelas /hari, dan iseng barusan saya cek aquarium segala sisi dan termasuk yang bagian bawa, dan tidak ada bocoran sama sekali, mengingat dibawah aquarium saya lapisi dengan kain dan kain tersebut sama sekali tidak basah sampai malam td mengingat air aquarium selalu berkurang, menjadi pertanyaan saya apakah ada kemungkinan air yang selalu berkurang setiap hari nya adalah faktor penguapan? suhu ruangan di rumah saya malam hari dikisaran 33' dan siang bisa lebih panas lagi.
 
Joined
23 February 2015
Messages
88
Likes
4
Klo diduga penguapan mah cek ja salinitynya om..tanpa topup air,salinity naik gak per 3harinya..mohon koreksi klo salah..heu:D:p
 
Joined
12 May 2016
Messages
31
Likes
0
Mohon di bantu teman teman
Saya sudah cycling selama 1bulan,mt di tumbuhi algae coklat dan ikan saya terkena ws dan mati semua.
Pertanyaan nya
1.apakah algae coklat bisa hilang,bagaimana cara menghilangkan nya?
2.apalah saya harus cycling ulang setelah ikan saya mati smua akibat ws.mohon pencerahan nya
Trims
 

rheinhard

Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,249
Likes
91
Mohon di bantu teman teman
Saya sudah cycling selama 1bulan,mt di tumbuhi algae coklat dan ikan saya terkena ws dan mati semua.
Pertanyaan nya
1.apakah algae coklat bisa hilang,bagaimana cara menghilangkan nya?
2.apalah saya harus cycling ulang setelah ikan saya mati smua akibat ws.mohon pencerahan nya
Trims

Sudah di baca dari halaman pertama om? Sudah baca thread 100% free ws?
 
Joined
26 June 2016
Messages
8
Likes
0
Permisi smua saya mo tanya donk kan aquarium saya ga keurus selama 4bln gara2 ikan saya pada mati tapi mesin ph on trus dan top up air selalu sya isi ksih air tawar tanpa ada penggantian air laut baru ..lampu juga mati..biota yg sisa hanya bintang laut aja 1 bji .beberapa hari lalu saya ganti air baru banyak 40% dan filter sya bersihkan terutama kapas dan krang jahe sya tidak gunakan lagi...trus keesokan harinya sya isi 7 ikan 2 Nemo,2 capung Ambon,2 blue stone sama 1 botana kasur..mreka si aktif kecuali Nemo yg berada di pojokan terus.dan mereka ga ada yg mo makan 1 pun padahal sudah sya ksih rebon beku dan pelet..pertanyaanya
1.apakah ikan baru tidak mau makan selama 3 hari itu normal?
2.apakah seharusnya saya cycling ulang selama beberapa minggu?
Terimakasih buat yg mau jawab maaf ya klo kepanjangan :')
 
Joined
8 October 2015
Messages
371
Likes
48
sdatriazero said :

1.apakah ikan baru tidak mau makan selama 3 hari itu normal? >>>
Normal gan.. Nemo ga susah feedingnya, asal tank matenya mau makan, lama kelamaan nemonya akan ikutan makan, kecuali nemonya sakit (stress, WSan, velvet, luka).

2.apakah seharusnya saya cycling ulang selama beberapa minggu? >>>
Iya, stop dulu input biota, sambil amati kondisi ikannya. Onkan skimmer, pakai media filter biologi n kimia yg baik buat jaga parameter air. Cek SG n suhu yg sesuai buat ikan (asumsi FOwLR), mungkin rekan reefer yg lain bisa menambahkan :). Gud luk..

Salam kenal..
-- DR. G --
 
Joined
26 June 2016
Messages
8
Likes
0
Makasih Dr.g jawabannya..sampai hari ini ikan ane lom ada yg mo makan tapi mreka masih aktif pdahal ane dah combine rebon beku dan pelet ga da yg mo nyentuh jdi Biyung..ane tunggu beberapa hri kedepan deh hehehe smoga ada perubahan aamiin
 
Joined
26 June 2016
Messages
8
Likes
0
sudah berapa hari ikannya pa?
saya juga dulu gitu, kurang lebih 3-4 hari ga mau makan...tapi setelah ada 1 ikan mau makan yang lainnya ngikutin makan
Sudah 6 hari pa ..tiap hari sya ksih rebon beku dan pelet tapi lom ada yg nyentuh juga ..capung Ambon ketika saya tebar si nyamperin trus cma diliat abis itu ga di makan
 
Joined
28 April 2016
Messages
213
Likes
7
Kalo saya ikan baru di masukin jaring pa...sambil adaptasi coba di kasih makan sedikit sedikit, lama lama ikannya pada mau makan...terus sisa makanan nya juga gampang dibersihin, jadi ga numpuk di pasir:D
 
Top