Matt Updates: Pico Pico Tank 40cm

Joined
23 July 2015
Messages
50
Likes
9
Salam kenal juga om,
Iya om kalo dikaca saya sering denger juga karena keong tubro sesekali muter dan benerin posisi saat bersih2 jadi ada benturan yang menghasilkan bunyi. Tapi selain itu ada juga bunyi cetak cetak gitu. Dulu keknya sempet liat ada kepiting kecil dan udang kecil bening bawaan LR, cuman mikirnya kecil gitu, terus pas dicari kayaknya masuk lubang pas lagi di Dip. Duly mikirnya udah matot di lubang. Ada cara gak ya biar bisa ngeluarin makhluk2 yang diduga pelaku penyerang udang pelet om?
Kayaknya bisa dicoba pake perangkap om, tapi teknisnya sendiri jujur saya belum pernah coba . Coba googling aja om
 
Last edited:

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,492
Likes
132
Kelemahan LR kalo ga di curing dengan bener pasti ada hama. Kelebihannya lebih cepet mature.

Kl masalah udang pistol, biarin aja..daripada ngobok tank lagi... Hahaa
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
Update Pico Tank 40cm hari ke 42 atau minggu ke 6 atau ini tank udah sebulan setengah. 20201214_220800.jpg

Sudah di isi yang melambai lambay karena ada yang jual lumayan masuk dikantong.
ini dah mulai padet penduduk, padahal belum masukin anemon dan nemo, zoa zoa yang warna warni lainnya

Yang masih bertahan ada keong turbo 2 (digambar lagi bercanda tuh di sebelah kanan) dan hermit crab ngumpet di jembatan bawah setelah berganti baju.

Rencana minggu ini mau WC lagi dan beli air laut nsw, sebelum liburan dan berganti tahun.

Cuman bagus masukin ikan nemo kapan ya om om? Dan apakah mending nemo dulu atau anemon dulu ya?

Terima kasih dulu dan sekian laporan sampai saat ini.

Salam Biruuuuu!!!
 

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,492
Likes
132
Update Pico Tank 40cm hari ke 42 atau minggu ke 6 atau ini tank udah sebulan setengah. View attachment 3873

Sudah di isi yang melambai lambay karena ada yang jual lumayan masuk dikantong.
ini dah mulai padet penduduk, padahal belum masukin anemon dan nemo, zoa zoa yang warna warni lainnya

Yang masih bertahan ada keong turbo 2 (digambar lagi bercanda tuh di sebelah kanan) dan hermit crab ngumpet di jembatan bawah setelah berganti baju.

Rencana minggu ini mau WC lagi dan beli air laut nsw, sebelum liburan dan berganti tahun.

Cuman bagus masukin ikan nemo kapan ya om om? Dan apakah mending nemo dulu atau anemon dulu ya?

Terima kasih dulu dan sekian laporan sampai saat ini.

Salam Biruuuuu!!!
Ikan sabar aja om...ikan lebih rentan kena penyakit di tank baru.
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
Kelemahan LR kalo ga di curing dengan bener pasti ada hama. Kelebihannya lebih cepet mature.

Kl masalah udang pistol, biarin aja..daripada ngobok tank lagi... Hahaa
Nah ini kemaren kepikiran ngobok2 lagi , tapi takut ngaruh juga ke ekosistem yang udah mulai terbentuk, jadi gaslaaww. Tapi yowis deh, kayaknya akan dibiarkan aja deh.
 
Joined
12 December 2020
Messages
5
Likes
0
Update Pico Tank 40cm hari ke 42 atau minggu ke 6 atau ini tank udah sebulan setengah. View attachment 3873

Sudah di isi yang melambai lambay karena ada yang jual lumayan masuk dikantong.
ini dah mulai padet penduduk, padahal belum masukin anemon dan nemo, zoa zoa yang warna warni lainnya

Yang masih bertahan ada keong turbo 2 (digambar lagi bercanda tuh di sebelah kanan) dan hermit crab ngumpet di jembatan bawah setelah berganti baju.

Rencana minggu ini mau WC lagi dan beli air laut nsw, sebelum liburan dan berganti tahun.

Cuman bagus masukin ikan nemo kapan ya om om? Dan apakah mending nemo dulu atau anemon dulu ya?

Terima kasih dulu dan sekian laporan sampai saat ini.

Salam Biruuuuu!!!
Maaf om, utk ukuran AQ sgitu, apa aman mau masukkin anemon? doyan jalan kl anemon, bisa dilibas semua tuh. AQ saya ukuran 60x40x50, sempet saya taruh anemon, jalan mulu, terakhir dia udah hampir nyentuh coral polip cengkah saya, jd saya angkat akhirnya. Tp saya ada 2 anemon sbnrnya, yg 1 lgi udah hosting di satu tempat dr pertama saya cemplungin ke AQ, nah yg satunya lg, hobby bgt jalan2,
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
Maaf om, utk ukuran AQ sgitu, apa aman mau masukkin anemon? doyan jalan kl anemon, bisa dilibas semua tuh. AQ saya ukuran 60x40x50, sempet saya taruh anemon, jalan mulu, terakhir dia udah hampir nyentuh coral polip cengkah saya, jd saya angkat akhirnya. Tp saya ada 2 anemon sbnrnya, yg 1 lgi udah hosting di satu tempat dr pertama saya cemplungin ke AQ, nah yg satunya lg, hobby bgt jalan2,
Mudah2an nanti kalo saya masukin anemon 1 kaya punya omnya yang bisa hosting, hehe
 
Joined
12 December 2020
Messages
5
Likes
0
Mudah2an nanti kalo saya masukin anemon 1 kaya punya omnya yang bisa hosting, hehe
Aminnn... hehehe, tp saya pernah liat di youtube, cara biar anemon nggak pindah, jd pake knee pipa paralon gitu, jd ditanem separuh di pasir pipanya, trus anemonnya (kecil) dimasukkin ke pipanya
 

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,492
Likes
132
Aminnn... hehehe, tp saya pernah liat di youtube, cara biar anemon nggak pindah, jd pake knee pipa paralon gitu, jd ditanem separuh di pasir pipanya, trus anemonnya (kecil) dimasukkin ke pipanya
Ga jaminan juga sih om. Seperti yang saya bilang sebelumnya... Anemone itu nomaden... Hahahhah
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
Termasuk kegiling di wavemaker dan air jadi putih susu... Wkwkwk
Ahaha, berarti kalo gitu saya berencana WM akan digantin Hang on Filter 2nd deh, hehe. . . Karena emang ini tank ukuran kecil dan pake WM lumayan deres juga gelombang aernya.

Eh om, api tetep ada potensi kegiling juga gak ya anemonnya ntar kalo ke sedot sama filter hang on??
 

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,492
Likes
132
Ahaha, berarti kalo gitu saya berencana WM akan digantin Hang on Filter 2nd deh, hehe. . . Karena emang ini tank ukuran kecil dan pake WM lumayan deres juga gelombang aernya.

Eh om, api tetep ada potensi kegiling juga gak ya anemonnya ntar kalo ke sedot sama filter hang on??
Kalo pompanya kuat pasti kesedot..hehheh
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
Update Pico Tank hari ke 50 sebelum menutup tahun 2020, yang masih bertahan di tank: DR yang mudah2an perlahan jadi LR yang dihuni dengan biota2 yang gak keliatan. LR 3 bongkahan, Cacing Koker, blue Hermit Crab, polip cengkeh, batu jeruk, anemon karang, 2 Keong Turbo.
F61AAD78-1169-4411-AF29-DE8515790B8D.jpeg
Setelah ini akan mudik dulu, dan kita lihat update an di tahun 2021.
Terima kasih om2 disini yang sudah mensupport, dukungan atensi dan komen nya, selamat menyambut tahun baru 2021,
Salam Biru dan Mari siapkan wajah baru di 2021, hihi,
 

rheinhard

Super Moderator
Staff member
Joined
6 September 2012
Messages
1,492
Likes
132
Update Pico Tank hari ke 50 sebelum menutup tahun 2020, yang masih bertahan di tank: DR yang mudah2an perlahan jadi LR yang dihuni dengan biota2 yang gak keliatan. LR 3 bongkahan, Cacing Koker, blue Hermit Crab, polip cengkeh, batu jeruk, anemon karang, 2 Keong Turbo.
View attachment 3897
Setelah ini akan mudik dulu, dan kita lihat update an di tahun 2021.
Terima kasih om2 disini yang sudah mensupport, dukungan atensi dan komen nya, selamat menyambut tahun baru 2021,
Salam Biru dan Mari siapkan wajah baru di 2021, hihi,
Mantap.... Dah mekar. Kesabaran membuahkan hasil kok
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
ijin update om om dan suhu semua. Matt Updates Pico Pico Tank hari ke 80.
alhamdulillah Tank masih berjalan dengan selamat.

8A0ED82B-06CB-45F5-9D46-64572024EB00.jpeg
Demikian dulu update kali ini.
Btw, kalo jumlah coral di tank apakah ada batasan gak ya?
 
Joined
4 November 2006
Messages
972
Likes
13
ijin update om om dan suhu semua. Matt Updates Pico Pico Tank hari ke 80.
alhamdulillah Tank masih berjalan dengan selamat.

View attachment 3931
Demikian dulu update kali ini.
Btw, kalo jumlah coral di tank apakah ada batasan gak ya?
tentunya semua ada batasan om di akuarium, di akuarium segala ekosistem yah terbatas, sebesar akuarium sea world pun kan tetep ngk bisa ditaruh ikan paus.
Jadi om pilih2 koral yg disenangin, dan piara dgn baik2.
 
Joined
20 October 2020
Messages
51
Likes
0
tentunya semua ada batasan om di akuarium, di akuarium segala ekosistem yah terbatas, sebesar akuarium sea world pun kan tetep ngk bisa ditaruh ikan paus.
Jadi om pilih2 koral yg disenangin, dan piara dgn baik2.
Siap om, iya kadang suka kalap nih kalo udah liat2 di tempat jual biota laut, hehe
 
Top