DIY LED Light Controller (Sunrise Sunset)

dhipz

Active Member
Mau menyambung lagi thread ini, setelah lama ditinggalkan.
Untuk saat ini pembahasannya lebih fokus ke bagian LED Controllernya, kebetulan saya sedang membuat desain untuk mini sistemnya, dan disana ada 4ch LED Light Controller.
Seperti biasa,tetap menggunakan mikrokontroler dari keluarga ATmega (Atmel), karena saya lebih terbiasa menggunakan tipe ini. Karena sistemnya dan size programnya sepertinya tidak begitu besar, dan IO yg digunakan juga tidak banyak, maka saya memilih menggunakan ATmega168, selain untuk menekan cost pembuatannya, juga untuk memperkecil size logic boardnya.

Sebagai awalan, saya share dulu bahan schemmatic logic board dan driver LED nya dan bahan2 yg digunakan untuk membuatnya.
Nantinya akan saya coba untuk update terus perkembangan project kecil2an ini. Smp sekarang sih sebenernya masih stuck di PCB, karena saya tidak tau di sini (cikarang) dmana yg bisa ada jasa membuat PCB. Tapi kalau dari pak pak smua ada yang mau buat sndiri board PCB nya, maka itu sudah saya kasih juga desain board dari saya. disana ada logic board dan driver LED untuk 4ch skaligus, tinggal rangkai saja,hehehe.

Nantinya akan saya update juga source program, dan file hex nya,bagi yg mau langsung donlod dan aplikasikan ke hardwarenya. Untuk sekarang programnya sedang saya uji dulu di sistem saya, apakah ada bug di programnya.
LED_driver.png
LogicBoard.png
 

Attachments

  • LED_4ch.pdf
    21.4 KB · Views: 72
  • LED_4ch_1.pdf
    130.1 KB · Views: 57
  • ATmega168_v00.pdf
    25.2 KB · Views: 51
  • ATmega168_v00_1.pdf
    152.1 KB · Views: 63
Last edited:

dhipz

Active Member
Owh iya, sepertinya gak afdol kalau gak ditampilin skalian hasil simulasi hardware dan program yg sudah dicapai saat ini.
Maka dgn itu, saya tampilin hasil simulasinya dari proteus.

simulasi1.png simulasi2.png simulasi3.png simulasi4.png simulasi5.png simulasi6.png simulasi7.png simulasi8.png simulasi9.png

Segala masukan, komentar, caci dan maki siap saya terima, demi perkembangan project ini tentunya, lebih2 lagi kalau misal ada keluhan yg sekiranya berhubungan dengan light controller di tank kita, semoga bisa terpecahkan dengan alat sederhana ini. atau kalau ada fitur2 yang sampai sekarang jadi idam2an para member reefsforum, untuk kontroler led mreka, juga boleh dishare. Intinya segala jenis masukan akan dipertimbangkan untuk disematkan di kontroler ini (kalau memang memungkinkan)

Di simulasi belum ada menu untuk copy setting, karena kadang kita menggunakan 4ch,tapi males ketika suruh setting masing2 channel dari awal, jadi lebih pilih untuk copy setting aja, tapi di kontroler yg saya buat skrg, sudah ada fitur itu.

NB. kontroler yg saya buat skrg ini beda board dgn yg saya share, karena boardnya sndiri adalah sisa jaman kuliah dulu, jadi saya pakai untuk uji coba awal, nantinya tetap akan saya buat board tersendiri khusus untuk project ini.
 
Last edited:

3onos

New Member
om dhipz, keren nih projectnya....saya jadi penasaran pengen belajar nyobain....tapi masih nul bulat nih perprograman....solder solder bisa sih om hehe
 

Members online

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top