DIY Injector

Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
@ntony !eonardo said:
Trima kasih Pak Ariawan. Sabtu mau langsung buat ah.....
Pak, ada rekomendasi pump untuk skimmer injector dgn tinggi sekitar 70cm dan diameter 20cm?
Minimal pakai yang 4500 lph atau optimalnya 6000 lph.
Kalau mau pakai pompa lebih besar bisa dibuat 2 injector.
Pompa King 4, 4800 lph, King 5, 6000 lph. dan type MD.
Lifetech type AP cari yang lphnya setara.

Untuk pompa lain agak kurang bagus walaupun lphnya sama biasanya bagus untuk sirkulasi tapi gampang drop untuk injector.

Pak klo di mix jadi setelah melewati injector lalu masuk ke pipa yg ada bioballnya gimana?
Bisa saja , berarti di gabung dg downdraft.
Kalau digabung seperti ini, tabungnya tidak bisa terlalu tinggi karena aliran airnya tertahan sehingga gelembung akan sulit turun kalau tinggi.
Pada injector tanpa bioballs, gelembungnya akan terbawa turun oleh cepatnya aliran air ke bawah.
Apa akan jadi aneh :roll: atau bisa mengecilkan ukuran gelembungnya?
Nggak aneh sich dan bisa juga bantu menghaluskan gelembung.
Pada dasarnya beckett injector juga seperti ini.
Air + udara yang keluar dr venturi langsung membentur bola ( dibagian gembungnya). Tapi disainnya dibuat alirannya tidak tertahan.
Jadi kalau mau digabung disain tabungnya harus pendek dan injectornya harus tinggi lalu pipa ke bawahnya yg ada bioballsnya agak lebih besar

Maaf Pak OOT, saya mau tanya apakah bila pump yg direkomendasikan adalah 6000LPH, apakah akan sama dgn pemakaian 2 pipa yg tersambung masing2 ke pump sekuat 3000LPH?
Trims :wink:
Sebaiknya jangan gabungkan 2 pompa menjadi 1 pipa karena masing2 pompa akan saling menekan.
Walaupun hasilnya lebih besar dr 3000 lph tetapi tidak akan sampai 6000 lph.

Kalau mau digabung jangan menggunakan "T" tapi gunakan "Y".
Itupun bagian setelah menyatu pipanya harus lebih besar untuk mengurangi tekanan balik dari pompa satunya.



Ini contoh "Y" untuk gabung 2 pompa jadi satu atau sebaliknya, membagi 1 pompa besar menjadi 2 aliran.

qodeem said:
thanks pa buat ajarannya, saya tadi udah buat lagi tapi belom maksimal jadi saya coba sistem lain..
nanti kalao saya ada dana lagi mau buat serius pakai tabung silinder tidak pake galonan begitu
sekali lagi terimakasih..
Ya sy lihat postingannya nanti sy lanjut disana aja.


A. Ariawan
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Pak Ar, saya udah coba buat. Cuma kok jelekn banget ya...
Luar biasa malu2in yang ngajarin kayaknya deh heheheh...... :lol:
Gosong disanasini kayak sate jadinya:

Maafin saya suhu... :wink:







Pa Ar, ada ngaco dimana yah kira2?
Trimaksih. :D
 
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
Gambar no 3 dan 4 sepertinya sudah Ok.
Tapi gambar 1 dan 2 ini . . . :smt017

Sepertinya ada yang kurang pas waktu membakar pipanya.
Sebaiknya jangan pakai api yang besar.
Api yang besar panasnya melebar. Jadi terlalu banyak yang lunak.
Usahakan pipa hanya dipanasi sedikit bagian yg akan di tekuk saja.

Cara 1 : Gunakan pinggir api.
Untuk yang ujung pipa, pipanya mengarah sejajar arah dg api.
Tempelkan dg pinggir api selama 1 detik sebanyak 2-3 kali lalu periksa jangan sampai lunak sekali.
Asal sudah bisa ditekan pakai belakang cutter sudah cukup.

Perhatikan posisi pipa terhadap api.

Untuk bagian tengah pipa, batang pipa melintang dg arah api.
Sama dg di atas, tempelkan pada pinggir api 1 dt sebanyak 2-3 kali. lalu tekan dg pangkal mata bor jangan sampai bolong.

Posisi pipa melintang shg bagian pipa hanya terkena api sedikit.

Jadi semua pembakaran pipa posisinya di samping api bukan di di atas api.

Cara 2 : Dengan rokok
Bara rokok harus dibuang dulu abunya lalu dekatkan dg pipa tapi jangan sampai nempel.
Jangan sampai lunak sekali.
Asal sudah cukup sampai bisa ditekan saja seperti cara 1.


Maafin saya suhu...
Tenang saja, pak Leo baru satu buah yang gagal . . .
Waktu saya pertama kali bikin banyak sekali yang gagal bahkan ada yang lebih parah dr buatan pak Leo :oops:

Cuma bedanya pak Leo lebih berani dr saya.
Kl saya enggak berani posting yang gagalnya . . :twisted: (kidding :lol: )

Tp untungnya kalau ada gambar spt di atas saya bisa terawang jarak jauh supaya ketahuan masalahnya :wink:


A. Ariawan
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Trims Pak. Takutnya diusir dr perguruan hehe...
Saya mah gak malu post 'kgagalan' diy. Saya justru jd tau cara yg benar n member lain jd gak ngulang ksalahan yg sama. Trimakasih buat bimbingannya Pak. Ntar saya coba lagi.
Salam,
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
pak saya sudah beli pompa ap 5500...

tadi saya buat injectornya...
ketika di test injectornya saja arusnya deras dan gelembungnya banyak...
tapi setelah dipasang di skimmer bukan udara yang masuk tapi malah air yang keluar...
kenapa ya...???
input injector 1/2" putputnya juga 1/2"...
waktu di test input 1/2" outputnya 3/4"...

apa pengaruh pak...???
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
budhi said:
tadi saya buat injectornya...
ketika di test injectornya saja arusnya deras dan gelembungnya banyak...
tapi setelah dipasang di skimmer bukan udara yang masuk tapi malah air yang keluar...
kenapa ya...???
input injector 1/2" putputnya juga 1/2"...
waktu di test input 1/2" outputnya 3/4"...
apa pengaruh pak...???
output injector harus lebih besar supaya tidak ada tekanan balik sehingga udara lebih mudah masuk.

Prinsipnya setelah injector harus sesedikit mungkin hambatan seperti pipa yang kecil, panjang, elbow dll.
Injector juga lebih baik di atas level air untuk menghindari hambatan dari tekanan balik air.

Coba upload fotonya supaya lebih mudah.

A. Ariawan
 

Bruder

New Member
Joined
13 January 2008
Messages
14
Likes
0
Wuih menarik pisan topiknya pak.... :eek: jadi kabita pengen nyoba bikin... :D
Tapi Needle valve belinya dimana ya pak? Di toko aquarium ada ga?
Ukuranya? :smt017
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
kartika_welly said:
pak ariawan maaf mau nannya. klo pake injektor, impelernya perlu d modif juga gak? terima kasih
Penggunaan injector tidak perlu modif impeller supaya tekanan dan kerja pompa normal.

Tapi Needle valve belinya dimana ya pak? Di toko aquarium ada ga?
Ukuranya?
Needle valve pakai kran untuk pengatur aerator. Ukurannya sesuai selang aerator. Ditoko aquarium banyak.

A. Ariawan
 

zaidan05

New Member
Joined
27 March 2009
Messages
3
Likes
0
pak ar saya lg newbie bgt dlm diy, sy cb bikin injector spt pak ar tapi kasusnya bukan mikrobuble yang keluar, alih-alih jadi gelembung yang ada ini malah air semua HP sy pake 2000 L/H, dengan skimmer DIY paralon ukuran 5 " panjang 40 cm, inlet PVC 3/4 outlet PVC 1". kira-kira yang jadi masalah apanya yah?
 

sandy

New Member
Joined
15 October 2008
Messages
373
Likes
0
sambil nunggu masternya saya coba share...... kayanya PH bpk yang kekecilan, soalnya pak ari pernah bilang klo mu berhasil pake system injector musti PH yang 3500++ L/h...... silahkan pak ari untuk koreksi...
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
zaidan05 said:
pak ar saya lg newbie bgt dlm diy, sy cb bikin injector spt pak ar tapi kasusnya bukan mikrobuble yang keluar, alih-alih jadi gelembung yang ada ini malah air semua HP sy pake 2000 L/H, dengan skimmer DIY paralon ukuran 5 " panjang 40 cm, inlet PVC 3/4 outlet PVC 1". kira-kira yang jadi masalah apanya yah?
Betul pak Sandy, yang bagus perlu pompa yang kuat. Apalagi kalau Headmaxnya lebih tinggi.
Kalau pakai pompa kecil bisa saja tapi kurang bagus untuk membentuk gelembung halusnya.

Pak Zaidan, selain pompanya terlalu lemah mungkin juga pembuatan injectornya ada kekeliruan.
Ada bagusnya tampilkan fotonya dengan sedikit penjelasan proses pembuatannya agar lebih mudah memperkirakan masalahnya.

A. Ariawan
 

B33CH

New Member
Joined
28 April 2009
Messages
334
Likes
1
Ask to suhu ...

Untuk injector ini, klo misalnya sebelum kelereng aliran udara di pasang air stone dahulu apakah akan berfungsi lebih baik ?
jadi hasil gelembung dari air stone di sempurnakan lagi oleh sistem injector kelereng ini ...

Mohon pencerahannya
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
B33CH said:
Ask to suhu ...

Untuk injector ini, klo misalnya sebelum kelereng aliran udara di pasang air stone dahulu apakah akan berfungsi lebih baik ?
jadi hasil gelembung dari air stone di sempurnakan lagi oleh sistem injector kelereng ini ...

Mohon pencerahannya
Sebelum kelereng atau tepatnya jalur dari pompa sampai kelereng adalah daerah yang paling tinggi tekanannya.
Jadi kalau pakai airstone/aerator maka udara akan kalah sehingga akan menekan ke arah aerator.

Dibutuhkan tekanan udara yang sangat besar untuk bisa masuk ke dalam pipa sebelum kelereng.

A. ariawan
 

B33CH

New Member
Joined
28 April 2009
Messages
334
Likes
1
Ooo .. berarti sama seperti pada tulisan pak ariawan pertama kali

Valve hanya untuk mengatur jumlah udara yang masuk.
Tidak perlu aerator karena bila posisinya benar maka saat air mengalir udara akan terhisap dg sendirinya.
berarti sama sekali ga perlu ada penggunaan aerator untuk skimmer yg menggunakan injector ini, begitu ya pak ?
Kalau begitu skimmernya cuma bisa di pakai untuk posisi pompa + injector di luar main tank / sump (tidak bisa ikut di celupkan di dalam air di sump)

Mohon di koreksi klo ada kesalahan
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
B33CH said:
Ooo .. berarti sama seperti pada tulisan pak ariawan pertama kali

Valve hanya untuk mengatur jumlah udara yang masuk.
Tidak perlu aerator karena bila posisinya benar maka saat air mengalir udara akan terhisap dg sendirinya.
berarti sama sekali ga perlu ada penggunaan aerator untuk skimmer yg menggunakan injector ini, begitu ya pak ?
Kalau begitu skimmernya cuma bisa di pakai untuk posisi pompa + injector di luar main tank / sump (tidak bisa ikut di celupkan di dalam air di sump)

Mohon di koreksi klo ada kesalahan
Posisi injector agak di atas kalau bisa lebih tinggi dari level air di dalam tabung skimmer.
Maka dapat dipastikan juga lebih tinggi dari level air di dalam sump.
Dengan begitu bagian bawah skimmer bisa saja terendam atau di dalam sump.

A. Ariawan
 

aingbau

New Member
Joined
11 October 2008
Messages
109
Likes
0
pak Ar,skimmer tipe injector boleh taruh dalam sump ga? kalo tipe injector vs needle whell bagusan mana ya Pak Skimmer ke dua jenis tersebut??

Thanks
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
6
aingbau said:
pak Ar,skimmer tipe injector boleh taruh dalam sump ga? kalo tipe injector vs needle whell bagusan mana ya Pak Skimmer ke dua jenis tersebut??

Thanks
Hampir semua model skimmer bisa di letakkan dalam sump asalkan sump-nya cukup untuk skimmer tsb.
Yang perlu diperhatikan adalah outlet skimmer harus ada di atas permukaan air.

Sebaliknya tidak semua skimmer bisa diletakkan di luar sump karena berbagai faktor misalnya kondisi pompa atau disain skimmer memang untuk di sump.
Skimmer yang di disain untuk di sump biasanya pompa (bubblemaker) nya mengambil air di sump.

Untuk membandingkan lebih baik mana antara injector dan needlewheel semuanya tergantung pada masing2 skimmernya.
Bila kedua type sudah memenuhi syarat sebagai skimmer bagus seperti kualitas, kuantitas gelembung, waktu kontak dg air dll maka bisa dikatakan skimmer tsb akan efektif.

Penggunaan skimmer memang banyak tergantung trend. Dahulu banyak pakai beckett sekarang NW.
Kedua2nya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Type injector : Pompa besar, watt besar, aliran besar (2-3 kali vol. aqua/jam) kapasitas bisa digunakan lebih dari kapasitas yang dianjurkan.

Type NW : Pompa kecil, watt kecil, aliran rendah (biasanya 1x vol aqua/jam) kapasitas disarankan tidak digunakan lebih dari yang dianjurkan.

Jadi watt yang kecil tentunya sesuai dengan kapasitasnya dan watt besar juga sesuai dengan kapasitasnya.
Misal : NW untuk 2000 lt menggunakan 3 pompa @ 40 watt total 120 watt.(terkadang + feedpump).
Begitu juga dg injector, dg 120watt (1 pompa) juga cukup untuk 2000 lt.
Tentunya hal ini berhubungan dengan hukum kekekalan energi.

Umumnya skimmer yang baik hanya di ukur dari busa yg banyak dan skimmate yang hitam berlumpur dengan mengabaikan protein yang terlanjur terurai shg tidak bisa dikeluarkan oleh skimmer.

cara terbaik untuk membandingkan 2 skimmer yang baik adalah dengan menggunakannya pada satu aquarium.
Artinya seluruh faktor sama kecuali skimmer sehingga akan lebih fair untuk menentukan mana yang lebih baik.

A. Ariawan
 

aingbau

New Member
Joined
11 October 2008
Messages
109
Likes
0
ariawan said:
aingbau said:
pak Ar,skimmer tipe injector boleh taruh dalam sump ga? kalo tipe injector vs needle whell bagusan mana ya Pak Skimmer ke dua jenis tersebut??

Thanks
Hampir semua model skimmer bisa di letakkan dalam sump asalkan sump-nya cukup untuk skimmer tsb.
Yang perlu diperhatikan adalah outlet skimmer harus ada di atas permukaan air.

Sebaliknya tidak semua skimmer bisa diletakkan di luar sump karena berbagai faktor misalnya kondisi pompa atau disain skimmer memang untuk di sump.
Skimmer yang di disain untuk di sump biasanya pompa (bubblemaker) nya mengambil air di sump.

Untuk membandingkan lebih baik mana antara injector dan needlewheel semuanya tergantung pada masing2 skimmernya.
Bila kedua type sudah memenuhi syarat sebagai skimmer bagus seperti kualitas, kuantitas gelembung, waktu kontak dg air dll maka bisa dikatakan skimmer tsb akan efektif.

Penggunaan skimmer memang banyak tergantung trend. Dahulu banyak pakai beckett sekarang NW.
Kedua2nya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Type injector : Pompa besar, watt besar, aliran besar (2-3 kali vol. aqua/jam) kapasitas bisa digunakan lebih dari kapasitas yang dianjurkan.

Type NW : Pompa kecil, watt kecil, aliran rendah (biasanya 1x vol aqua/jam) kapasitas disarankan tidak digunakan lebih dari yang dianjurkan.

Jadi watt yang kecil tentunya sesuai dengan kapasitasnya dan watt besar juga sesuai dengan kapasitasnya.
Misal : NW untuk 2000 lt menggunakan 3 pompa @ 40 watt total 120 watt.(terkadang + feedpump).
Begitu juga dg injector, dg 120watt (1 pompa) juga cukup untuk 2000 lt.
Tentunya hal ini berhubungan dengan hukum kekekalan energi.

Umumnya skimmer yang baik hanya di ukur dari busa yg banyak dan skimmate yang hitam berlumpur dengan mengabaikan protein yang terlanjur terurai shg tidak bisa dikeluarkan oleh skimmer.

cara terbaik untuk membandingkan 2 skimmer yang baik adalah dengan menggunakannya pada satu aquarium.
Artinya seluruh faktor sama kecuali skimmer sehingga akan lebih fair untuk menentukan mana yang lebih baik.

A. Ariawan
wahhh...thanks banget Pak untuk penjelasan nya...padat sekali...
 

aingbau

New Member
Joined
11 October 2008
Messages
109
Likes
0
salam sejahtera Pak ar dan suhu2 skimmer injector disini..

mau tanya lagi,di halaman depan ada model injector yang baru ne...injector yang lama se uda lumayan ngerti,tapi yang baru(yang dua lobang) langsung bingung lagi(kalo di lihat dari sketsa nya)..ada gambar cara DIY injecotr yang baru ini ga ya?(maksudnya gambar aslinya)

Thanks
 
Top