DIY Coil Denitrator

Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
pengen bagi-bagi sedikit nih...
dari dulu saya ingin membuat denitrator tetapi bingung mau pakai media apa semua mengarah pada sulfur denitrator dan banyak yang sukses dengan alat tersebut namun banyak juga yang mengatakan susah untuk mengatur flownya jika salah malah berbahaya untuk biota di aquarium, belum lagi susah mencari sulfur yang bagus untuk alat itu.. oleh karenanya pilihan saya jatuh pada coil denitrator..

sebenarnya alat ini sudah running 3 bulan di aquarium saya, namun tidak berani di posting karena takut tidak berkerja(cuma coba-coba).. alat baru mulai menunjukkan efeknya setelah 1,5-2 bulan running, sebelumnya malah meningkatkan kadar nitrat namun semenjak 2 bulan kurang runinng sekarang output keluarannya selalu nitrat=0

berikut foto2nya .. maaf sangat under exposure soalnya motonya pas malam dan untuk menerangkannya jadi pecah gambarnya mana pakai HP lagi :lol:

*1 PVC 6inch 1M


*1 PVC 4 inch 55cm


*selang kecil yang tebal& kaku 50M


*selang dililitkan ke PVC 4 "



lalu dimasukkan ke dalam pipa yang 6" dan ruangan kosong sisanya diisi dengan bioball



tampilan setelah jadi


koq gambarnya gede2 banget ya? padahal sudah saya resize ke yang paling kecil di pothobucket??

agar mencapai nitrat 0 runing awal 1 drip per sekon sekarang setelah output nitrat=0 dibuat 2-4 drip per sekon..

memang menunggu lama (hampir 2 bulan tapi sekarang saya tidak perlu kawatir beli sulfur dll malah kemarin liburan tahun baru saya tinggalin 2 minggu tetap normal jalannya..
mungkin ini solusi denitrator selain sulfur denitrator..
salam...
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
air input dan output dari atas yang kanan input pakai PH 12W (kalau ngak salah 800L/jam), yang kiri output dikasih pengatur putih itu buat set dripnya sesuai keinginan... alat ini walau awalnya hanya coba2 namun ternyata sangat berpengaruh nurunun nitrat di aquarium saya..
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
oh ia sampai lupa, biar ga salah tanggap selang masuknya input air tidak langsung nyembur ke atas tabung tapi dia muter2 dulu sepanjang 50M tadi dan outletnya di dasar tabung jadi air yang keluar kembali adalah air yang sudah melewati kumparan selang>>ke dasar tabung>> naik ke bioball>> baru keluar di permukaan melalui selang yang kiri..
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
Mantep..mantep... Ditunggu pic slengkapnya Bro. Denger2 selama masa promo,mau buatin gratis buat member ya? Hehe...
picture apa lagi yah? :?: memang alatnya sesimple itu ga ada yang rumit semua foto tadi sudah nunjukin semuanya koq...
weks promo? ini mah kagak dijual bung leo :lol: kalo mau ya bikin sendiri :lol:
 
Joined
23 November 2007
Messages
197
Likes
0
WAHH OK's BGT infonya !! :D

bung qodeem ty nih share DIY Coil Denitratornya..

ogut masih binun nih cara kerjanya.. skemanya dong bro.. :p



thx :smt023
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
skemanya pakai kata2 yah, maklum oon.. ga ngerti gambar buat di compi..
1. air masuk ke tabung melalui tabung yang saya buat seperti di gambar
2. air masuk ke tabung melalui selang yang sudah saya bentuk kumparan pada pvc 4" sepanjang 50Meter
3. air yang melalui selang akan diambil oksigenya oleh bakteri aerob di dinding selang
4. sekitar 1/3 akhir dari selang, air sudah anoksid nah bakteri anaerob mulai berperan
5. bagian ujung selang ada di dasar tabung yang mengeluarkan air ke dalam tabung dari bawah yang sudah diisi dengan bioball
6. bioball berfungsi sebagai media hidup bakteri anaerob dan untuk energi dia mengkonsumsi nitrat (makanya nitrat bisa turun)
7. air mulai penuh ditabung sampai akhirnya mau luber dan luberannya itu yang kita salurkan melalui selang satunya dan diatur flownya
8. kalau flow terlalu cepat bakteri aerob tidak mampu menghabiskan oksigen pada air sehingga bakteri anaerob tidak bisa hidup mengkonsumsi nitrat akibat ada O2 di air

Intinya menciptakan lingkungan anaerob untuk bakteri pengolah nitrat yang prisipnya sama dengan DSB,RDSB dimana pada bagian pasir yang tebal (anaerob) itu tumbuh bakteri pengolah nitrat...

maap berlibet2 bahasa indonesia saya 5 dulu waktu sekolah :lol:
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
bro qodeem,

bisa post gambar instalasi pump-nya ga? pengen tau nih, apakah pump masuknya dikasih pengatur biar ga kerja full 800 lph ato biarin aja full lph?

satu lagi. sewaktu start awal, apakah tabung-nya diisi air laut dulu sampai penuh lalu air dialirkan lewat selangnya, ato sejak awal air dialirkan lewat selang sehingga lama kelamaan baru penuh tabungnya?

btw, ada hitungannya ga untuk size-nya? untuk nano tank + sump dengan total volume air sekitar 150L, itu perlu berapa tinggi pipanya dan berapa panjang selangnya?
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
saya barusan dapat bantuan skema dari bung uun_vai..
thanks bro buat skemanya :wink:
jadi selang yang ditempelin di pvc 4" dimasukin ke 6" , dan ujung selang yang atas langsung terhubung dengan PH tapi menggunakan sambungan selang dari kecil-besar hingga bisa muat ke mulut outlet PH air keluar dari dasar dan di bagian tengah tabung 4" dan ruang kosong sisa di 6" semua saya isi bio ball sekitar 300 buah..
nanti di bagian tutup(dop) atas yang 6" saya lubangi buat memasukkan pengatur keluarnya air output yang akan kembali ke aquarium..

ini skema kiriman bung uun_vai

 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
bisa post gambar instalasi pump-nya ga? pengen tau nih, apakah pump masuknya dikasih pengatur biar ga kerja full 800 lph ato biarin aja full lph?
pump tidak akan rusak atau panas jika bagian outputnya yang dihambat bahkan jika ditutup sama sekali... yang membuat pump jebol adalah jika input atau daerah baling2 yang menyedot yang dihambat yang bisa membuat pump jebol..
pump langsung tanpa tahanan atau sebagainya.. wong itu juga kalau dilepas maksimal cuma mampu ngalir kaya kencing putus-putus cepat mungkin sekitar 10-20 drip/second (mungkin karena tahanan yang diciptakan oleh diameter selang yang kecil dan panjang 50M) perlu ditekankan selang harus yang rigid/ kaku dan tidak mudah tertekuk!!!!! sebab jika menggunakan selang aquarium yang biasa untuk udara bisa nekuk atau tergencet didalam oleh bioball atau mengempes karena tekanan air (nanti jadi mampet dan ga jalan) saya beli selang khusus yang biasa buat pompa2 jerman memang lebih mahal tapi sangat kaku dan tidak gampang tertekuk walau kita tekan harga per meter 2500 sampai 4000.. (soalnya alat ini sekali jadi ga bs dibongkar2 itung2 investasi jangka panjang whehe..)

foto PH di aquarium


satu lagi. sewaktu start awal, apakah tabung-nya diisi air laut dulu sampai penuh lalu air dialirkan lewat selangnya, ato sejak awal air dialirkan lewat selang sehingga lama kelamaan baru penuh tabungnya?
kalau saya dirunning dari nol jadi biar penuh pelan-pelan tapi saya rasa tidak apa2 sekalian diisi langsung baru di lem dop atasnya... soalnya saya takut becek kemana2 kalo kesenggol dll jadi mending bikin paten baru diisi pelan2 dan air output pertama saya buang sekitar 2 galon / sekitar 60 liter buat ngebilas abis lemPVC-nya bau banget takut kontaminan buat aquarium baru setelah itu saya masukkan ke aquarium

btw, ada hitungannya ga untuk size-nya? untuk nano tank + sump dengan total volume air sekitar 150L, itu perlu berapa tinggi pipanya dan berapa panjang selangnya?
dari hasil searching sebelum membuat alat ini ukuran yang penting adalah selangnya yaitu 50meter kalau diameter tabung luar-dalam bebas yang penting bisa masuk untuk selang dan bioball cukup buat tumbuhnya bakteri anaerob (sebenarnya buat saya jika kekosongan di tabung 4" saja yang diisi bioball cukup, tapi karena beli paralon 6" 1 meter sayang mau dipotong jadinya didiamkan segitu saja malah jadi bisa masukin bioball lebih banyak..)

ukuran 1 alat denitrator dengan panjang selang 50 M cukup buat satu sistem 55gallon atau sekitar 220liter untuk aquarium lebih dari itu bukan panjang selang atau tabung yang ditambahkan karena akan sia2 melainkan jumlahnya yang ditambah makanya ada istilah twin,triple,quartet coil denitrator
kalau sistem anda 100galon ya bikin twin, kalo 150 galoon bikin yang triple..

semoga membantu :wink:
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
oh ia untuk yang ingin membuat alat ini jangan mengharapkan hasil yang instant seperti sulfur denitrator yang langsung bisa membuat nitrat 0
alat ini harus runing sekitar 1,5 bulan baru keliatan hasilnya karena alamiah menggunakan bantuan bakteri anaerob dan jangan buru2 pengen cepetin drip nanti nitrat naik lagi walau cuma sedikit.. kalo mau dicepetin bertahap mungkin pertama 1 drip per sekond kalo udah cycling 1,5 bulan dan nitrat=0 baru dibuat 1,5 drip per sekond.. satu/ dua minggu berikutnya jadi 2 drip/sekond terus naik pengalaman saya optimal nitrat=0 di 2-4 drip per sekond
 

handoko

Active Member
Joined
14 December 2007
Messages
1,124
Likes
1
mo tnya2 sedikit pa,
apa bisa kalo misalnya media bioball nya kita ganti dengan media mis, matrix(SEACHEM) ato de*nitrate, bio-ring, dsb. yg claim nya dapat menampung/ menciptakan koloni bakteri anaerob yg lebih banyak jumlahnya. Mungkinkah akan lebih efektif??
(penasaran soalnya...)

btw.. good job bung qodeem.

salam,
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
thanks bung...
kalau menurut saya bioball hanya sebagai media tumbuh bakteri anaerob jadi jika ada media pengganti yang lebih luas permukaan kontaknya kenapa tidak.. malah lebih baik... dan koloni bakteri anaerob selain bergantung pada media tumbuhnya juga bergantung kadar nitrat di aquarium kita semakin banyak nitrat bakteri semakin banyak, kalau sudah turun nitratnya ya jumlah bakteri turun juga begitu seterusnya hingga tercipta keseimbangan
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
bro qodeem,

mo tanya nih. tu air yang mengalir keluar lewat selang, apakah karena pengaruh tekanan dari dalam tabung, atau karena pump?

setau saya klo coil denitrator, air masuk yang mengalir lewat selang panjang masuk ke tabung lewat bawah, lalu mengalir lewat bioball, dan naik terus keatas sampe ke outlet. apakah betul seperti itu? soalnya klo liat dari skema yang dibikin bro uun_vai, kok kayaknya air keluar dari selang outlet karena pump?

mohon pencerahan yak...
 
Joined
6 September 2007
Messages
688
Likes
2
karena tekanan dari dalam tabung kiev selang hanya sampau dasar saja terus sisanya air naik pelan2 sampai memenuhi tabung dan kelebihanya keluar dari selang yang output dan diberi pengatur drip..
 
Top