Crazy Little Thing Called Pico Reef Tank

lost-id

Well-Known Member
tank nya bagus, hanya perlu di perhatikan saja...
pengalaman saya KKK sepertinya hanya cocok di suhu yg stabil dingin, paly yg hijau dan jamur akan nyebar banyak begitu kondisi stabil.
kalau jauh dari sumber air laut, bisa pakai cara recycling air laut lama.
caranya: apabila ganti air, jangan buang air laut yg lama tetapi tampung di penampungan tersendiri, kemudian diberikan filter dan jalankan, lebih baik bila filter ditaruh diatas penampungan, sehingga air yg turun dari filter bisa menambah kadar oksigen.
perlu diketahui, cara ini hanya untuk menghemat saja, sehingga penggantian dengan air yg benar" baru tetap harus dilakukan sesekali.
 

reef

Administrator
Staff member
Bagus-bagus sekali koralnya Pak. Polyp dan Kimanya mengembang dengan sangat baik. Untuk karang permen besar sekali kemungkinan tumbuh mata yang baru. Diperlihara dengan baik saja Pak pasti bisa numbuh kembali.

Untuk bintangnya mahal sekali Pak? Jenis bintang apa itu?
 

CrazyBlue

Member
tank nya bagus, hanya perlu di perhatikan saja...
pengalaman saya KKK sepertinya hanya cocok di suhu yg stabil dingin, paly yg hijau dan jamur akan nyebar banyak begitu kondisi stabil.
kalau jauh dari sumber air laut, bisa pakai cara recycling air laut lama.
caranya: apabila ganti air, jangan buang air laut yg lama tetapi tampung di penampungan tersendiri, kemudian diberikan filter dan jalankan, lebih baik bila filter ditaruh diatas penampungan, sehingga air yg turun dari filter bisa menambah kadar oksigen.
perlu diketahui, cara ini hanya untuk menghemat saja, sehingga penggantian dengan air yg benar" baru tetap harus dilakukan sesekali.

Bener Pak, polip hijau itu terutama malah jadi seperti hama, di mana-mana ada.
Saya selalu buang air hasil water change, ga tau kalo ternyata masih bisa disimpan. Terima kasih masukannya..:happy:

Bagus-bagus sekali koralnya Pak. Polyp dan Kimanya mengembang dengan sangat baik. Untuk karang permen besar sekali kemungkinan tumbuh mata yang baru. Diperlihara dengan baik saja Pak pasti bisa numbuh kembali.

Untuk bintangnya mahal sekali Pak? Jenis bintang apa itu?

Jenis bintang ular biasa Pak Reef, cuma gara-gara keasyikan nangkep mereka berdua pas air laut surut, HP saya jatuh ke air asin. Langsung mati total ga bisa diperbaiki, akhirnya terpaksa beli HP baru yg harganya segitu. :ketawaterbahak:

Mau update lagi,
13 April 2015
Kolang-kaling kembang saya masih sama saja, hidup segan mati tak mau. Tapi setidaknya pengurangan dagingnya kelihatan sudah berhenti.
2 hari kemudian damsel zebra saya mati. Waktu itu saya belum tahu penyebabnya, malam hari sebelumnya dia masih baik-baik saja tapi pagi hari dia kelihatan berenang dengan sempoyongan terus akhirnya mati.:cry::cry:

Last Pic with my damsel :


polip ungu yang juga mulai menghama


kolang kaling kembang yang hidup segan mati tak mau :



19 April 2015
Sejak pertama set up saya sebenarnya pengen ikannya cuma nemo saja. Jadi begitu si Damsel RIP hari sabtu langsung ke Gunungsari dengan niat beli nemo. Akhirnya dapet sepasang dengan harga 20k. Selain nemo, dapat ricordea yang warnanya semburat pink-hijau sama 1 batu yang isinya macam2 polip.

Pas pertama kali si nemo ini masuk tank, mereka terlihat biasa-biasa saja tapi sekitar 30 menitan kemudian mereka mulai megap-megap naik ke atas bahkan sampai loncat. Untung ketahuan, jadi bisa dibalikin lagi ke tank. Akhirnya saya pasangi aerator lagi..satu jam kemudian akhirnya nemo-nemo ini sudah berenang dengan normal.

Tapi masalah lain datang, mereka saling bully. salah satu nemo akhirnya nge host di frogspawn. Nggak tahu deh perkara atau tidak frogspawan nya nanti diusilin nemo.

Please, infonya gimana kondisi LPS kalau nemo nge-host di sana..:(:(

here's the pics

FTS : My Dream Tank



ini karang yang di-host in nemo. nemo yang ada host ini jadi galak banget. Karangnya juga tidak bisa mengembang gila-gilaan seperti sebelum di host in nemo.


Jamur Jerawat baru yang pink-hijau
 

lost-id

Well-Known Member
kalo diliat nemo nya seukuran ya? kalau seukuran kemungkinan awal pasti brantem karena berebut dominasi.
tank nya udah cakep, tinggal dijaga aja dan dinikmati
 

CrazyBlue

Member
Wow setelah lama ga sempat update tank, baru nyadar kalo umur si pico sudah 3 tahun bulan Mei kemarin.
Sayangnya, update kali ini lebih banyak kabar dukanya daripada sukanya..:cry::cry::cry::cry::cry:

Duka pertama (awal juni 2015)
Sepasang nemo dari dream tank saya mati. Lagi-lagi terlihat tanpa sebab, malam baik-baik saja, makan baik-baik saja, tapi pagi sudah tergeletak tidak bernyawa. Saya jadi curiga kena potas, warna badannya jreng banget soalnya..

Duka kedua ( 28 Juni 2015)
Kimaaaa saya RIP:banghead::banghead::banghead::banghead::banghead::cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry:
Penyebabnya perkiraan saya ada 2, fireworm atau bintang ular..pasalnya, sehari sebelum saya tinggal keluar kota, saya mergoki 1 fireworm masuk ke kima lewat bagian bawahnya yang biasa nempel di batu. Saya berhasil nangkap si fireworm dan naruh potongan gelas aqua buat alas si kima, tapi tangan2 bintang ular terlihat berusaha memasukkan tangannya ke bagian bawah Kima.. waktu itu si kima masih mekar seperti biasa jadi saya tidak menyingkirkan si bintang ular.
Tapi lima hari kemudian ketika saya pulang dan nengok tank, cangkang si kima sudah kosong..
:cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry::cry:
malam harinya saya lihat bintang ular membabat 2 mata polip. Akhirnya saya putuskan buat menyingkirkan bintang ular ini cuma sampai sekarang belum ketangkep.

Please beri saya masukan bagaimana nangkap bintang laut model ular ini...

pic terakhir kima, tanggal 21 Juni 2015 :


Duka ketiga (6 Juli 2015)
Berhubung pico sedang fishless, saya akhirnya beli ikan baru..dapatlah yellow clown goby dan nemo..
si Clown Goby terlihat imut, polos dan lucu pada awalnya, tapi ternyata semuanya cuma tipuan...Dia mengganggu Froggspawn saya smpai yang tadinya 4 cabang jadi tersisa 2 cabang.
Please buat reefer lain....waspada kalau beli Yellow Clown Goby!!!
dia menggigiti daging frogspawn saya sampai lepas, mending abis itu dimakan, enggak, dimuntahin lagi :ketokjidat::ketokjidat:
bener2 bikin saya gondok:rage::rage:.
akhirnya saya masukkan dia ke toples hukuman untuk waktu yang belum bisa ditentukan.


Jamur tempat nongkrong favorit si goby, letaknya di sebelah frogspawn. Saya pikir ini dia lagi santai, ternyata sedang mengintai..


Lalu tiba-tiba...

serangan dimulai...

frogspawan stress berat, terakhir pas saya mau tinggal keluar kota kondisinya sudah parah :


satu cabang sudah hilang separuh, itupun bintang ular lagi-lagi berulah berusaha memakan daging yang tersisa..saya merasa sudah tidak ada harapan lagi untuk cabang ini..


toples hukuman goby
spec : 6,5 liter, toples plastik, hang on filter isi busa sama carbon aktif brightwell, belum sempat cycling, air setengah dari air pico, setengahnya lagi dari NSW



goby dalam hukuman


masalah frogspawn bukan hanya gangguan goby saja, tapi sebulan sebelumnya ada 1 cabang yang bagian tengah bleaching parah. diagnosa saya :
- swing suhu yang keterlaluan (siang 28 derajat, malam bisa nyampai 24 derajat)
- pemakaian karbon aktif yang kelamaan jadi air tank jadi kurang nutrisi
treatmentnya :
- Karbon aktif diangkat
- dosing nanocode
- lampu dikurangi 2 jam (dengan cara begini, suhu siang antara 26-27 derajat, malam 25 derajat)
hasilnya : batang yang bleaching perlahan mulai kembali warna ijo dan coklatnya, awalnya bener2 putih.
cuma sayang batang lain kena gangguan goby..
 

CrazyBlue

Member
Update lagi mumpung ada kesempatan..:)
4 Juli 2015
beberapa jamur muncul anakan baru

kebanyakan sih polip, tapi nambah karang otak dan simpodium
Polip I ( menurut yang jual, ini polip mahal, per mata nya 35k, saya sih lupa namanya:confused: )


polip 2


Polip 3 dan 4

(polip kecil hijau yang di plug itu, dapat minta :D)

Jamur kuning-ijo + simpodium (tadinya mau beli xenia, tapi ga ada akhirnya beli simpodium, katanya sejenis xenia)



Karang otak baru



Beberapa jamur saya mulai muncul tunas-tunas baru

awalnya :


terus 'membelah diri' akhirnya jadi 2, di depan sama di belakang karang otak :


Jamur bulu hijau muncul 2 mata kecil di pangkalnya :


Jamur jerawat dengan tunas kecil tepat di kanan bawah cacing tabung :


Karang permen yang tersisa dan semakin gemuk :




FTS 8 Juli 2015 :

Kaca tank bagian samping dan belakang sengaja saya biarkan lumutan karena ada 1 mandarin sepupu diungsikan ke saya. Berhubung copepods biasanya banyak di kaca yang lumutan di tank saya, sampai mandarin kembali ke rumahnya, saya menahan diri dulu membersihkan kaca tank.


Rencana ke depan :
+ pengen nambah kima, tapi baru setelah saya bisa mengungsikan 2 bintang ular
+ semoga clown ini awet, kondisi terakhir sepertinya kena parasit internal sejak di toko, soalnya sejak beli, perutnya gendut, ga pup, ga mau makan dan tingkahnya aneh. terakhir dia pup tapi warnanya putih dan kayak benang. Kalau dia RIP, saya mungkin mncari jenis damsel saja..
+ jika frogspawn saya RIP, mungkin beli Frogspawn lagi atau torch. Tapi saya berharap Frogspawn bertahan, soalnya di bawah cabang yang masih sehat, saya melihat ada semam tunas baru yang masih sangat kecil (diameter kira-kira 4-5 mm, jumlahnya 2-3 di tiap cabang).

Sekian update kali ini...
:malumalu::malumalu:
 

CrazyBlue

Member
Wooww nyaris 8 bulan saya tidak pernah meng-update thread ini. Saya sebenarnya memang berniat menutup thread ini karena saya sudah memiliki pico reef yang saya impikan, dengan polip, jamur, beberapa LPS, seekor nemo dan udang pelet, tapi ternyata rencana tinggal rencana. Bukan thread nya yang closed tapi justru pico saya yang closed.

Bersamaan dengan gempa di sekitaran kep.mentawai kemarin, pesisir selatan jawa juga kena gempa, termasuk daerah tempat tinggal saya. Sump saya pecah ketimpa balok plafon, otimatis air di main tank terserap habis karena pump menyala terus dan pas ga ada orang di rumah karena pada kerja.

Pico running tanpa sump akhirnya dan mau ga mau saya menambahkan NSW smpe hampir 90%, dengan NSW yang belum diapa-apain hingga sekitar 65%, tapi ternyata sepertinya pergantiannyat terlalu ekstrem untuk dihandle tanpa sump, jadi sekarang saya kehilangan semua LPS, nemo, udang, 95% jamur. Semua polip saya juga sama sekali tidak ada yang mau mekar.

Saya benar-benar amat sangat patah hati....sekarang rasanya jadi seperti cycling ulang...

Mungkin bulan depan saya akan mulai update lagi. sekarang saya berdoa semoga setidaknya polip saya masih bisa lagi seperti semula...
 

CrazyBlue

Member
Yaa, bgmn ya.. namanya juga bncana, sepertiny saya memang harus memulai lagi dari awal. Jamur saya yg tersisa juga mulai 'meleleh'... satu2nya harapan cm polip walau saya g yakin mereka survive...
nyesek pooll, apalagi kalau ingat frogspawn, sdh numbuh 3 cabang kecil2, rencana saya mau nge frag, blm smpat dilakuin sdh RIP duluan....
 
Yaa, bgmn ya.. namanya juga bncana, sepertiny saya memang harus memulai lagi dari awal. Jamur saya yg tersisa juga mulai 'meleleh'... satu2nya harapan cm polip walau saya g yakin mereka survive...
nyesek pooll, apalagi kalau ingat frogspawn, sdh numbuh 3 cabang kecil2, rencana saya mau nge frag, blm smpat dilakuin sdh RIP duluan....
Semoga lancar yah mbak, sy ikut nyimak heheheh :)
 

CrazyBlue

Member
UPDATE 27 MARET 2016
woww tank saya seperti cycling lagi, lumut di mana-mana, polip semuanya masih menutup..


Doa saya supaya polipnya selamat sepertinya tidak terkabul, ada semacam putih-putih di polip saya



Foto bareng planted tank freshwater yang cycling awal lagi karena ikut2an jadi korban gempa..cuma yang freshwater nggak parah, cuma kemasukan serpihan sama debu (tapi tetep terpaksa dikuras)



UPDATE 3 APRIL 2016
Akhirnya bisa pulang nengok tank...polip saya cuma sekitar 5 mata green bay yang selamat, sama dua mata polip yang belum bisa saya identifikasi soalnya warnanya coklat semua, yang lainnya RIP, tapi polip yang selamat sudah membuka dengan normal, cacing-cacing kipas sama filter feeder lain sudah 'beraktifitas' dengan normal juga. Mungkin 1-3 minggu ke depan saya mulai hunting biota lagi..
sampai update berikutnya....ciaoooo;)
 

elsyironjie

Member
wah... seru nih ikutin thread ini...
ikut buka tikar ya mba...
turut berduka dengan kejadian yang menimpa rumah, lokasi, dan tank-nya mba...
semangat lagi mba, mungkin bisa bikin tank yang lebih keren mba... hehe
nanya, itu tanknya belum dikasih background lagi ya mba? menggantikan background sebelumnya?
saran kalo mau kasih background pake warna hitam polos atau biru polos aja mba, biar nanti diliatnya bisa fokus sama berbagai coral dan biota2 lainnya yang ada di tank, saya sih biasanya biar simpel tanpa lem2, saya pake skotlet motor warna item, tinggal buka penutup lem skotletnya, tempel dari belakang. hehe
 

CrazyBlue

Member
Saya nggak punya BBM Oom Rheinhard..
wkwkwkwk kenapa ya mau di dunia nyata ato dunia maya orang sering banget mengira saya laki-laki. ikut forum dipanggilnya Gan, Bro, Mas, Oom, beli bensin dipanggil Mas, kena operasi polisi dibilang 'SIM nya paling puny kakaknya ini!', bahkn d minimarket yg udah jelas saya beli sesuatu yg g mungkin dibeli cowok, nanyany juga ' Ini aja Mas, g tambah rokok?' wwuuuttt?!

Ok deh, jadi curcol. Update kondisi tank dulu..update singkat tapi.

TANGGAL 26 april
Mulai hunting biota ke Surabaya hasilnya dapat :
- nemo 1 ekor
- Karang Babut 1
- jamur Bulu sekoloni 10an mata kayaknya
- polip bintang 1 batu
- beberapa polip murah yg saya g tau namanya

Biasany abis dari surabaya pulang k kampung halaman sy motoran sekitar 5 jam an. Berhubung hari itu pas panas banget, saya nge-bis, cari yg bis AC. Tapi dasar cuaca pas panas banget dan saya dudukny pas kena sinar matahari jadi sekitar tempat duduk saya AC ny g terlalu berasa.

Nyampe rumah, aklimatisasi dulu, waktu dibuka...................jeng jeng jeng
- nemo selamat, langsung berenang menyusuri karang
- karang babut, meleleh, abis, g tersisa sama sekali di kerangkanya, dagingnya lepas semua, kayak tercabik gitu di plastik
- Jamur Bulu, senasib kayak Babut, meleleh, cm sisa 4 mata
- polip bintang, ga mau membuka sama sekali padahal sudah saya taruh di tempat para pendahulunya dulu. seminggu kemudian saya pastikan dia mati karena terkelupas habis dari batunya
- polip2, Alhamdulillah selamat semua

Tapi mengingat banyaknya biota yg g selamat di perjalanan saya gondok jg. Ini juga bukan pertama kali saya mengalaminya, cuma ini yg terparah, sampe GSP aja mati. Akhirnya buat solusi ke depan, saya beli Gel Pack 4 biji sama kontainer sterofoam yg biasa buat ngangkut ikan, cm g segede kayk yg puny pnjual ikan trus modelnya lebih 'cantik' biar sy g salah dikira tukang ikan.

Lalu bagaimana petualangan saya dengan duo gel pack+kontainer sterofoam? tunggu update berikutnya....
 

CrazyBlue

Member
Alhamdulillah, akhirnya kembali ke peradaban dengan sinyal internet OK..
Update nya saya mulai dari IKAN.
14 MEI 2016
Pas ngasih makan ikan, saya menyadari kalo ada seperti selaput putih yang menutupi mata nemo sebelah kanan. Si nemo jadi ga bisa menangkap makanan seperti biasanya. Setelah saya amati lagi, selaput putih itu cuma di mata aja. Browsing penyakit saltwater fish sampe ke forum luar, saya ga menemukan solusi dari penyakit yang dimiliki si nemo. Kebanyakan menyarankan memberi makan si nemo pakai pelet yang mengandung garlic. Lhah? darimana saya dapatnya? bisa dapat pelet yang khusus buat ikan laut saja sudah untung..:confused:

Lalu saya iseng deh:)oops:), ambil bawang putih dari dapurnya kanjeng mami 1 siung, ditumbuk sekali (or sampe penyet, tapi ga sampai ancur) terus saya masukin ke filter. Seminggu kemudian pas saya pulang, selaput putih yang menutupi hilang tak bersisa :cat:. Jadi si nemo sekarang sudah balik ceria lagi.

OK dan ini beberapa picts tanggal 1-14 Mei
Before earthquake :


after earthquake :


2 mata polip survivor :

kelihatan? satu polip di posisi rada kiri atas sama yang di tengah

Before earthquake :

polipnya yang atas karang otak


after earthquake :

cuma tinggal 2 mata :(

Kondisi tank :

Banyak semacam pod di kaca. Si Nemo demen banget matuk2 pod-pod ini. Masih saya biarkan algae meraja di kaca, soalnya saya cm bisa pulang dan ngasih makan nemo sabtu-minggu. Hari2 lainnya semua ikan, Ayah saya yang memberi makan tapi khusus nemo, Ayah saya ngambek. Kata Ayah saya, kalau beliau pas mendekat mau kasih makan, si nemo ini kluar dari 'persembunyiannya', tapi pelet yang dikasih sama Ayah saya cuma dilihat saja, abis itu dia balik sembunyi lagi. Intinya, Ayah saya dicueki.
Pas saya pulang, terus amati, ternyata memang iya, nemonya ga mau makan. tapi begitu Ayah saya ga ad di depan tank, nemo keluar lagi dan makanin pelet yang dikasih Ayah saya..
:D:D
 

CrazyBlue

Member
Update kondisi 28 MEI 2016
Belanja biota lagi, dan ternyata gel pack dan fish container yang saya beli sebelumnya bener-bener worth it! biota masih segar bugar walaupun menempuh perjalanan sekitar 5-6 jam.

Jadi, inilah beberapa biota yang bisa saya foto (yang lainnya susah memfoto karena lokasinya nyempil.

Polip bintang hijau, sama segerumbulan polip yang saya tidak tahu namanya. ketambahan polip cengkeh juga. saya sebenarnya pengen punya koloni cengkeh 1 batu, tapi berhubung katanya susah, selalu urung untuk beli. Eh ternyata sekarang dapat 'ikut terbawa' pas beli polip merah:)


Yeeiiii dapat kima ukuran kecil (besarnya cuma seperempat telapak tangan saja). Sayang sepertinya bleaching dan ga bisa menutup. Tapi dia masih responsif 'tarik ulur' dagingnya kalau pas dapat cahaya. Rada bleaching juga. Ga mengeluarkan bau amis+busuk juga, jadi sepertinya baik-baik saja..dan semoga saja begitu.
Dapat 1 jamur (ga tau namanya) sama karang anemon cabang. Karang anemonnya waktu di foto itu g mekar, sepertinya karena diusili nemo.
Tau tau ada rumput asam di main tank..lumayan buat ngurangi nutrient, subur banget pula..



Dapat jenis karang daging, saya tidak terlau bisa membedakan antara blasto atau lobo, tapi sepertinya ini lobo, kondisi : rada bleaching. Semoga bisa membaik deh.


polip lagi, eagle eye sama nggak tahu namanya apa, saya hanya demen saja kalau dapat polip yang udah ada di plug


Dapat jamur bulu hijau seperti di tank lama, lebat juga jamurnya :rolleyes::rolleyes:


Dapat ricordea pink hijau, seperti di tank lama juga


Saya menyadari kalau badannya nemo saya kehitaman..Kenapa ya? Penyakit to ini? Apa memang ada nemo yang warnanya 'gosong'?


Finally, FTS



Next Project :
- Ganti lagi selang filter sama pipa bening, untungnya kemarin pipa pesenan sudah datang
- Nyoba ganti LED pake kombinasi baru. Selama ini perbandingan biru putih 1:1, mau nyoba biru:putih 2:1. Siapa tahu bisa mengimprove warna coral, terutama lobo yang bleaching

Sekian update pada kesempatan ini :malubanget::malubanget:
 
Last edited:

E_2091

Moderator
Staff member
kalo liat foto2nya selama ini...saran saya..tambah lampu dan tambah arus..
selama ini suhu air berapa?
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top