Bud's Aqua

Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
hai teman semua...

saya juga jadi kepengen share aqua saya...
siapa tau aja ada yang bisa bantu...

MAIN TANK:
60 x 35 x 50
sudah berjalan 5 minggu..
tapi cycling 1 minggu....
akhirnya saya memutuskan untuk ganti air 100%..
kira" berapa lma ya perlu cycling lg??

saya masih bingung sama penempatan LRnya...
dipasang seperti diatas atau diset dipinggir ya??
katanya kalo dipasang dipinggir buat flow airnya bagus yah....??

FLITRASI
1. sump
50 x 25 x 35
- sekat 1 (10cm) kosong,, disi apa yah?? rencana mau diisi pompa skimmer...
- sekat 2 (24 cm) DSB + rumpu asem (pada mati)...
- sekat 3 (10 cm) return pump...
2. Skimmer RS 4003
3. ..............??
apa yah???
(DIY) skimmer coil denitrat in project...


LIGHTNING:
daylight 18 watt philips
biru 18 watt philips (dibungkusnya ditulis made in german ga tau t5, t8, ato apa)

kurang g yah???


mohon masukan dan saran.....
 

slyme

New Member
Joined
20 October 2006
Messages
1,107
Likes
0
Kalo lampu yg punya bapak itu T8.
Saya kurang ngerti pak mksdnya, uda jalan 5minggu cuma cycling 1 minggu :roll:
Kalo bapak ganti air 100% cycle dr awal lagi aja, tanggung... :?
Susunannya cakep pak...Ada Cave2nya gitu :p
Filtrasi uda cukup kyknya kalo Aq kecil pak...cuma kalo ada budget lebih beli2 aja alat2 tambahan, spt fluidizer dll.
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
Begini pak...
Setup 10feb08..
Cycling 1 minggu..
Karena g sabar n penasaran...
16feb lgs deyh k toko ikan...
Kl g slh ada 5 mcm yg sy bli...
Hasilny trbukti mati 3...
Eh minggu ktga beli lg karena semua pengen ikut miara...
Tauny jga lgs bablas...
(buat newbie jgn ditiru,, tp kalo blum nyoba pasti pnasaran...)
akhirny hr minggu kmarin setup ulang dgn ganti air 100% tapi tdk cuci pasir dan tdk ganti LR...
Gitu pak...
Baikny cycling ulang ya...
1 bln jg?!
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Pak Bud, kayaknya gak perlu sampe sebulanan deh. Saya rasa 2 mingguan juga sudah cukup. Yg pentingnya waktu masuk biota jgn langsung banyak Pak. Cukup 1-2 ekor saja Pak. Agar gak kaget sistemnya..
 

Gadun

New Member
Joined
31 August 2007
Messages
39
Likes
0
tambahan input.. untuk mempercepat proses cycling bisa juga ditambahin bacteri starter pak...
 

slyme

New Member
Joined
20 October 2006
Messages
1,107
Likes
0
Noh master2 uda turun tangan 8)
Bnr pak...cycle 2minggu da ckup kok, cuma kalo mau perfect seh 1bulanan.
Sebenarnya nga 1 bulan seh, asal ammonia dan nitrit 0 (kalo nga salah lho...)
Tapi saya wkt tu cycle cm beberapa hari uda bisa masuk Biota nga ngerti juga tuh...
Cuma skrg baru pengen rasain nya cycle 1bulan.

Kalo pasir dr awal nga dicuci pak?
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
Ngga pak...
Huh..
Cpe nunggu 1 bulan mah..
Kata pak ariawan jg 10 harian...
Nah indikator nitrit sma amonia nol apa?!
Heu cm pny nitrat+ph tester....

update:
dmasukin 1 nano ss(maksudny buat ganti bakteri stater)
blh g y,?
Bakal ngeganggu proses cycling ngga?!
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
budhi said:
update:
dmasukin 1 nemo ss(maksudny buat ganti bakteri stater)
blh g y,?
Bakal ngeganggu proses cycling ngga?!
Kesian Pak. Maksud saya, rada sadis saja kalau saat amonia,nitrit sedang tinggi2nya, lalu dimasukkin nemo yg lucu itu :cry: :cry: .

Cycling sebetulnya bisa saja tanpa bantuan apa2. Ada yg kasih potongan kecil udang agar pembusukan lebih cepat, ada juga yg dgn pemberian ikan satu dua ekor.

Cuma, saya pribadi kurang setuju dgn yg pemberian ikan itu. Kesian ikannya, sukur2 klo dia memang bisa bertahan.

Salam,
 

slyme

New Member
Joined
20 October 2006
Messages
1,107
Likes
0
Iya bung kacian pake ikan buat bacteri starter, udang sayur bisa kok...
Kalo kata pak Reef nga usa, kan LR bnyk makhluk2 hidup lainnya, pada saat perjalanan bawa pulang dan dicure pasti ada yg mati kok...Kalo nga pake bacteri starter yg botol kecil. 8)
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
5
budhi said:
..
Kata pak ariawan jg 10 harian...
Nah indikator nitrit sma amonia nol apa?!
Heu cm pny nitrat+ph tester....
Maksudnya 10 hari mulai test nitrat pak, apakah sudah terbentuk belum?
Lalu bukan amonia dan nitrit nol tapi konsentrasinya sudah menurun.
Menurunnya amonia dan nitrtit menunjukkan terbentuknya nitrat.

A. Ariawan
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
maafkan pak...
jadi salah pengertiaan ya???/ :lol:

waktu kmaren dicek masih dikisaran 0-5 (satuannya lupa)
kira" kebntuk nitratnya kapan ya kalau keadaannya kaya gini...??
tadi udah di kasi udah yang di cincang....
nanti mau di ambil dulu ikannya...
heu jahat banget ya....

berati jika nitrat naik maka nitrit dan amonia otimatis turun...???
 

kiev

New Member
Joined
15 December 2006
Messages
2,379
Likes
6
seperti kata pak ariawan, dengan adanya nitrat yang mulai naik berarti bakteri pengubah nitrit menjadi nitrat mulai muncul. dengan demikian nitrit akan turun tapi berubah menjadi nitrat.

fyi, siklus nitrogen sederhananya sbb: detritus/kotoran -> amonia -> nitrit -> nitrat -> gas N2
 

ariawan

New Member
Joined
16 October 2006
Messages
541
Likes
5
budhi said:
maafkan pak...
jadi salah pengertiaan ya???/ :lol:

waktu kmaren dicek masih dikisaran 0-5 (satuannya lupa)
kira" kebntuk nitratnya kapan ya kalau keadaannya kaya gini...??
tadi udah di kasi udah yang di cincang....
nanti mau di ambil dulu ikannya...
heu jahat banget ya....

berati jika nitrat naik maka nitrit dan amonia otimatis turun...???
Setiap aquarium bervariasi waktu cyclingnya bisa lebih cepat bisa lebih lambat tergantung jumlah makanan, bakteri dan perkembangannya.

coba lihat disini :


lengkapnya disini :
http://forum.reefsforum.com/viewtopic.php?t=35&start=0

Amonia, nitrtit dan nitrat bisa turun kalau ada bakteri pengurainya.

Jadi kalau cycling ulang tapi tidak baru semuanya kemungkinan bisa lebih cepat krn bakteri sudah ada di aquarium hanya menunggu berkembang saja.

A. Ariawan
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
setelah 1 minggu,,,,

nitrat masih 5 mg/l
ph sekitar 8,5

bakteri bisa dianggap cukup jika nitrat diangka berapa???

nampak konyol ya...

sekarang cycling harus sabar nunggu nitratnya ada...
giliran nitrat udah numpuk pusing juga mikirin supaya nitratnya turun...
hahaha,,,,
aneh....

mohon bantuan ya....
 
Joined
14 October 2006
Messages
2,338
Likes
4
Pak,sbaiknya ditunggu dulu. Bs jd nitrat itu brasal dr nsw yg anda beli,dlm arti bakteri blm tll pesat brkmbang. Ntar kalo dah 2,5minggu bs aplikasi denitrator utk menekan nitrat.
Salam,
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
kabar burukk.....

21 maret 2008 pukul +- 13.00 aquarium saya bocor...
hiks...hiks...hiks...

blum jadi miara dah bocor duluan....
(aquarium nya pake acrilic 5mm)
heu...heu...
 
Joined
16 February 2008
Messages
420
Likes
1
PERJUANGAN BELUM BERAKHIR.....

para senior semua tolong bantu saya....

tadi saya liat meabel aquarium ukuran 80x40x45
semuanya lengkap:
1. lemari
2. kaca main tank 6mm 80x40x45
3. kaca filter 60x40 ( jumlah sekat bebas)
4. lampu +ballast
5. canopi....
6. plumbing...

harganya 1,7 jt net...

tapi sayangnya kalau mau harga segitu trakhir besok DPnya..
soalnya besoknya udah naek...

ad masukan untuk aquarium segitu kemahaln gak???
tebal kacanya bagaimana???
saya ingin meneruskan perjuangan...

mohn bantuan para senoir semua.......
 
Top