Belajar Marine Tank Dengan Pico

Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
Assalamu 'alaikum...
hallo, salam kenal para suhu sekalian, izin memperkenalkan diri dan memperkenalkan pico reef tank saya yang cupu abis, dan penuh dengan kepolosan ilmu. hehe :D

Tank Project 1
ukuran 45x30x30cm - 45x10x30cm (filter belakang)
cycling 27hari, dengan lampu seadanya
biota:
3 purple roket
2 banggai kardinal
2 blue devil
2 udang pelet
1 nudibranch

1 roket tewas karena di serang oleh 2 blue devil dan 2 udang pelet, akhirnya diputuskan untuk diberikan ke teman, kecuali 1 udang pelet
1 banggai kardinal tewas karena ga mau makan

setelah 1 bulan lebih berjalan, aq retak saat memasukkan akrilik dengan tebal 1 mm, karena salah ukur kelebaran 1mm.

akhirnya memutuskan untuk memesan kembali aq baru dengan spesifikasi:
45x40x35cm - 45x10x35cm filter belakang
isi filter:
- skimmer resun sk-300 (karena cuma ini yang muat)
- seachem seagel
- biofoam
- kapas putih (buat saring detritus, diganti 2 hari sekali/ 1 hari sekali)
- purigen
- mini refugium
- return pump

arus 1 dari return pump, dan 1 wavemaker

pasir 4cm
LR 7 bongkah
Cuma kekurangannya, yang ini ga dicycling karena biota yang sebelumnya ga punya tempat buat ngungsi.
saat ini sudah berjalan 2 minggu. Sampai saat ini alhamdulillah ga ada biota yang mati, mungkin karena pasir, dan LR semua dari tank lama jadi udah banyak bakteri yang hidup.
biota:
3 ekor purple roket
1 ekor kardinal banggai
2 ekor nemo

1 zoanthid
2 batu jamur

rencana ga akan tambah koral apa pun dulu sebelum 1bulan berjalan tanpa korban.

lampu HPL:
9x1w actinic blue
6x1w CDL
2x10w CDL
2x10w actinic blue
total 55w untuk 35-40lt air

maaf, untuk spek kaya NH3, NO2, NO3, dlsb, ga bisa sebutkan karena belum punya testkit, kecuali salinitas, itupun cuma punya hydrometer, sampe saat ini kisaran di 1.023.

Mohon komentarnya para suhu semua. hatur nuhun :)
 
Joined
10 August 2009
Messages
776
Likes
10
"rencana ga akan tambah koral apa pun dulu sebelum 1bulan berjalan tanpa korban."

Bagus Bro harus begini!

Untuk suhu kyknya blm disebutin ne bro.
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
oh iya, suhu paling dingin 24^c, paling panas kemaren record tembus di 28,5^c, belum pernah lebih dari itu, tanpa chiller... :)
makasih mas aquaristic, salam kenal makasih sudah mau mampir. hehe:D
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
Siap lah sps... Haha
eh hatur nuhun kang udah ngoreksi lightingnya. haha
siap lah nyoba satu dulu, hari ini mau diambil lampunya, katanya udah beres sore ini :D
tapi nyobanya nanti dulu deh, kalo beneran ga ada korban selama 1 bulan, baru jalan 2 minggu nih, takut memakan korban kalo nambah biota, kan kasian juga mas hak hidupnya terrenggut karena kecerobohan saya. hahahaha :D
 
Joined
23 April 2014
Messages
203
Likes
6
eh hatur nuhun kang udah ngoreksi lightingnya. haha
siap lah nyoba satu dulu, hari ini mau diambil lampunya, katanya udah beres sore ini :D
tapi nyobanya nanti dulu deh, kalo beneran ga ada korban selama 1 bulan, baru jalan 2 minggu nih, takut memakan korban kalo nambah biota, kan kasian juga mas hak hidupnya terrenggut karena kecerobohan saya. hahahaha :D

bio foam fungsi nya apa ya?
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
bio foam fungsi nya apa ya?
katanya sih buat tinggal bakteri aerob+anaerob (liat di bungkusnya), sebenernya sih karena ngaruh banget sama kejernihan air di aquarium saya mas, sebelumnya filter belakang tanpa biofoam, itu berkabut terus, nah saya coba pake biofoam cuma hitungan jam, 2-3 jam setelah pake biofoam, air udah jernih, nah makanya saya pake terus lah itu biofoam... hehe
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
pagi ini memasukkan 5 turbo nail bekas dari tank lama, sebelumnya di ungsikan di gayung. haha
karena udah mulai tumbuh lumut2 coklat, jadi saya masukkin itu turbo, biar lumutnya ga ganggu pemandangan :D
 
Joined
23 April 2014
Messages
203
Likes
6
katanya sih buat tinggal bakteri aerob+anaerob (liat di bungkusnya), sebenernya sih karena ngaruh banget sama kejernihan air di aquarium saya mas, sebelumnya filter belakang tanpa biofoam, itu berkabut terus, nah saya coba pake biofoam cuma hitungan jam, 2-3 jam setelah pake biofoam, air udah jernih, nah makanya saya pake terus lah itu biofoam... hehe

gda foto sih jadi ga bisa bayangin :p
bawah nya pake pasir ga sih?
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
awalnya cuma pake pasir putih halus 2cm, tapi ternyata sering acak-acakan akrena arus dan kibasan ekor ikan2, jadi titambah 2cm pasir kasar yang campur pecahan kerang2...
 
Joined
23 April 2014
Messages
203
Likes
6
foto sabar yah, nanti kalo sudah ada yang sudi meminjamkan kamera, saya akan penuhi dengan foto-foto tank pico saya. haha
pake mas, itu kan di atas udah disebutin, tebal 4cm...
pake hp orang aja atuh pinjem... haha
nah kan bio foam fungsi nya buat tinggal bakteri aerob+anaerob,, pasir kan seharusnya tempat tinggal bakteri...
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
pake hp orang aja atuh pinjem... haha
nah kan bio foam fungsi nya buat tinggal bakteri aerob+anaerob,, pasir kan seharusnya tempat tinggal bakteri...
iya mas tenang aja foto mah pasti diupload ko :D
iya sih mustinya begitu, tapi ga tau kenapa pas berkabut (yang diindikasikan karena booming bakteri), pasir dan penambahan LR, tetep ga berpengaruh, sampe akhirnya coba nambahin biofoam di filter media, dan ternyata cukup efektif, cuma hitungan kira-kira 2 jam, ditinggal makan dan ngobrol2 bareng temen2, balik lagi udah jernih itu aquariumnya tanpa kabut lagi...
 
Joined
23 April 2014
Messages
203
Likes
6
iya mas tenang aja foto mah pasti diupload ko :D
iya sih mustinya begitu, tapi ga tau kenapa pas berkabut (yang diindikasikan karena booming bakteri), pasir dan penambahan LR, tetep ga berpengaruh, sampe akhirnya coba nambahin biofoam di filter media, dan ternyata cukup efektif, cuma hitungan kira-kira 2 jam, ditinggal makan dan ngobrol2 bareng temen2, balik lagi udah jernih itu aquariumnya tanpa kabut lagi...
ky nya berkabut gara2 diubek-ubek terus tank nya.. haha
 
Top