ballast T5 alternatif

honorer

New Member
Joined
27 September 2010
Messages
281
Likes
0
mau sedikit share tentang ballast, moga2 bisa membantu atau saya yg udah ketinggalan zaman :lol:

pengguna T5 khususnya aquazonic, ballast mati atau mau tambah penerangan di aqua (kalo saya sih awalnya karena ballast aslinya nyemplung ke aqua jadi gak nyala lagi), kalo keberatan pake ballast asli yg harga 100an lebih, bisa meluncur ke toko elektronic khususnya yg jualan peralatan lampu, favorit saya LTC glodok, bisa beli ballast elektronic buat lampu T5 28w untuk bulb lampu 24w.

2 merek yg beredar di toko langanan saya phillips sama nero.
saran pilih nero aja hasilnya nyala lampu lebih terang dari pada phillips bahkan daripada aslinya(menurut penerawangan saya)

sekian semoga membantu dikit :lol:
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
honorer said:
mau sedikit share tentang ballast, moga2 bisa membantu atau saya yg udah ketinggalan zaman :lol:

pengguna T5 khususnya aquazonic, ballast mati atau mau tambah penerangan di aqua (kalo saya sih awalnya karena ballast aslinya nyemplung ke aqua jadi gak nyala lagi), kalo keberatan pake ballast asli yg harga 100an lebih, bisa meluncur ke toko elektronic khususnya yg jualan peralatan lampu, favorit saya LTC glodok, bisa beli ballast elektronic buat lampu T5 28w untuk bulb lampu 24w.

2 merek yg beredar di toko langanan saya phillips sama nero.
saran pilih nero aja hasilnya nyala lampu lebih terang dari pada phillips bahkan daripada aslinya(menurut penerawangan saya)

sekian semoga membantu dikit :lol:
lebih pas pake balas lampu t4..ada versi 24w n 39w..
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
razzan said:
Wah dimana ya nyari ballast t 4....t5 ho aja susah bener apalagi t4 nih.. :roll:
beli aja t4 tazen bongkar ambil balasnya..cuma 20rban..

versi 39w jauh lebih gampang cari balasnya, pake aja balas t8 40w..cuma 13ribuan, diwarung aja ada..
 

honorer

New Member
Joined
27 September 2010
Messages
281
Likes
0
E_2091 said:
beli aja t4 tazen bongkar ambil balasnya..cuma 20rban..

versi 39w jauh lebih gampang cari balasnya, pake aja balas t8 40w..cuma 13ribuan, diwarung aja ada..
murah banget pak E_ :shock:
speknya sama ya pak buat lampu ho, voltnya, ohmnya
soalnya kan kita subtitusi dari lampu rumahan yg no pak, takutnya gak kuat buat fire lampu ho.

terangnya sama dengan ballast aslinya gak pak kalo pake ballast yg disebutkan diatas itu.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
honorer said:
E_2091 said:
beli aja t4 tazen bongkar ambil balasnya..cuma 20rban..

versi 39w jauh lebih gampang cari balasnya, pake aja balas t8 40w..cuma 13ribuan, diwarung aja ada..
murah banget pak E_ :shock:
speknya sama ya pak buat lampu ho, voltnya, ohmnya
soalnya kan kita subtitusi dari lampu rumahan yg no pak, takutnya gak kuat buat fire lampu ho.

terangnya sama dengan ballast aslinya gak pak kalo pake ballast yg disebutkan diatas itu.
dibanding bals zonic sih sama aja..dibanding atco baru ebda.
 

acp007

New Member
Joined
22 January 2012
Messages
51
Likes
0
Post ini saya edit karena setelah melalui browsing, ada beberapa jawaban yang saya temukan:

Saya sudah baca ini berulang kali masih tetap bingung.

Mohon dibantu penjelasannya:
* Apakah benar lampu T5 aquazonic itu sebenarnya NO? TERNYATA IYA
* Apakah bisa lampu T5 aquazonic kalau diganti ballast menjadi HO atau VHO? TERNYATA BISA, TAPI LAMPUNYA BISA CEPAT TERBAKAR
* Kalau saya ganti lampunya dgn T5 ATI namun dudukannya tetap aquazonic, apakah itu mubazir? TERNYATA MUBAZIR KRN OUTPUTNYA TETAP SAJA NO Dan apakah saya harus ganti ballastnya dgn yg VHO? UNTUK MEMAKSIMALKAN OUTPUTNYA SESUAI CAPACITY DARI BULB NYA, HARUS GANTI BALLAST
* Utk ukuran 90cm, kira-kira kalau saya mau VHO, lebih baik ballastnya diganti dgn apa? 1500MA

Jadi malu... tanya sendiri jawab sendiri

Thanks sebelumnya
 
Last edited:

alum

New Member
Joined
11 April 2012
Messages
508
Likes
0
Mau tanya jg yg panjang 90cm HO ganti ballastnya pake apa ya ?
 
Last edited:

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
* Apakah benar lampu T5 aquazonic itu sebenarnya NO? TERNYATA IYA
ngawur..t5zonic itu udah hi output..mau tau bedanya?
t5no 60cm=14w, t5ho 60cm=24w, nah zonic berapa?
t5no 90cm=21w, t5ho 90cm=39w, nah zonic berapa?
tentu saja kualitas zonic kaga bisa dibandingin dengan t5ho hq ala jerman..t5 zonic bisa dengan aman jalan dengan balas "mahal" kayak atco, masalahnya, buat apa?

* Apakah bisa lampu T5 aquazonic kalau diganti ballast menjadi HO atau VHO? TERNYATA BISA, TAPI LAMPUNYA BISA CEPAT TERBAKAR
sekali lagi, t5 zonic sudah hop dan bisa jalan dengan balas ho mahal ala atco, pake balas vho, t5ho jerman(ati, giesemann) aja umurnya cuma 3bulan, kalo cina?

* Kalau saya ganti lampunya dgn T5 ATI namun dudukannya tetap aquazonic, apakah itu mubazir? TERNYATA MUBAZIR KRN OUTPUTNYA TETAP SAJA NO Dan apakah saya harus ganti ballastnya dgn yg VHO? UNTUK MEMAKSIMALKAN OUTPUTNYA SESUAI CAPACITY DARI BULB NYA, HARUS GANTI BALLAST
mubazir ya, tapi outputnya BUKAN NO..dan problemnya t5 bukan sekedar balas, tapi juga reflektor..saya jalanin t5 ATI beberapa tahun dengan balas "cupu", reflektor HQ, bisa dengan mudah suport sps..

* Utk ukuran 90cm, kira-kira kalau saya mau VHO, lebih baik ballastnya diganti dgn apa? 1500MA
untuk vho ada balasnya sendiri, yaitu icecaps overdrive seri ic660 or ic440..dan ini mubazir se mubazir2nya..bulb T5 hi-q ala ati, giesemann, kz aja cuma tahan maks 3 bulan..sedang bulb dimaksud kalo dipasangkan dengan balas bagus, reflektor bagus, hasilnya udah bagus sekali..

inget t5 yang penting itu urutan prioritasnya: 1. pendinginan, 2. reflektor, 3. bulb, 4. balast
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Mau tanya jg yg panjang 90cm HO ganti ballastnya pake apa ya ?
ini maksud pertanyaannya apa?
kalo:
saya udah punya aquazonic, gimana caranya biar jadi ho?
jawabnya: aquazonic sudah ho, mengganti balas diaquazonic dengan balas mahal hanya akan jadi mubazir..karena prioritas t5 itu seperti saya tulis diatas..yang jelas fixture aquazonic sudah sangat cukup untuk main2 awal..kalo ada dana lebih dan pengen lebih oke warnanya, ganti bulbnya dengan ati ato giesemann..untuk pemain yang sudah serius pertimbangkan diy fixture dengan komponen2 hi-quality..dengan prioritas seperti diatas: active cooling, hq individual reflector, hq bulb, hq balast..outputnya ga akan main2..

kalo pertanyaannya:
enaknya pake lampu apa ya?
sesuaikan kebutuhan aja, kalo masih awal2 fixture zonic udah lebih dari cukup, kalo udah pemain serius pertimbangkan diy sendiri, ga susah kok..bisa digabung dengan hipower led untuk boost par ke level dewa..

selebihnya bangaimana dapetin output t5 yang mumpuni tapi dengan dana terbatas, udah pernah saya bahas cukup panjang, termasuk bagaimana opsi optimalin fixture aquazonic..cari2 aja treadnya..
 

alum

New Member
Joined
11 April 2012
Messages
508
Likes
0
Sorry pak! jadi ngebingungin hehe
maksudnya pengganti ballast yang ukuran :
Neon T5: 80watt itu dan Neon T5: 54watt pak!
alternatif lain pakai ballast apa yah? tentunya yg murah2 tapi msh bs mumpuni dengan HO nya.
 
Last edited:

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
untk versi 80w, belum pernah liat alternatifny.

Versi 54w dulu ada produk singapur merk saverelectric, tp skarang juga ud kaga pernah liat lagi versi ho ny..

Dengan kondisi sekarang pak bisa nemu balas yg mahal jg udbgs bgt pak..langka euy
 

alum

New Member
Joined
11 April 2012
Messages
508
Likes
0
untk versi 80w, belum pernah liat alternatifny.

Versi 54w dulu ada produk singapur merk saverelectric, tp skarang juga ud kaga pernah liat lagi versi ho ny..

Dengan kondisi sekarang pak bisa nemu balas yg mahal jg udbgs bgt pak..langka euy
Pak inbox pak penuh! mo kirim PM gak bisa! :(
 

acp007

New Member
Joined
22 January 2012
Messages
51
Likes
0
ngawur..t5zonic itu udah hi output..mau tau bedanya?
t5no 60cm=14w, t5ho 60cm=24w, nah zonic berapa?
t5no 90cm=21w, t5ho 90cm=39w, nah zonic berapa?
tentu saja kualitas zonic kaga bisa dibandingin dengan t5ho hq ala jerman..t5 zonic bisa dengan aman jalan dengan balas "mahal" kayak atco, masalahnya, buat apa?


sekali lagi, t5 zonic sudah hop dan bisa jalan dengan balas ho mahal ala atco, pake balas vho, t5ho jerman(ati, giesemann) aja umurnya cuma 3bulan, kalo cina?



mubazir ya, tapi outputnya BUKAN NO..dan problemnya t5 bukan sekedar balas, tapi juga reflektor..saya jalanin t5 ATI beberapa tahun dengan balas "cupu", reflektor HQ, bisa dengan mudah suport sps..


untuk vho ada balasnya sendiri, yaitu icecaps overdrive seri ic660 or ic440..dan ini mubazir se mubazir2nya..bulb T5 hi-q ala ati, giesemann, kz aja cuma tahan maks 3 bulan..sedang bulb dimaksud kalo dipasangkan dengan balas bagus, reflektor bagus, hasilnya udah bagus sekali..

inget t5 yang penting itu urutan prioritasnya: 1. pendinginan, 2. reflektor, 3. bulb, 4. balast


Wah, ternyata saya salah penafsiran ttg aquazonic. Terima kasih pencerahannya Pak E
 
Joined
3 July 2013
Messages
66
Likes
0
Newbie kurang paham..jadi kalo pake fixture zonic d pasangin bulb ati apakah hasil nya akan maximal?
Karena pgn ganti bulb zonic dan belakangan ini stock bulb zonic d jkt lg kosong jd pgn cb ganti ke ati..mohon pencerahannya thx
 
Joined
27 November 2015
Messages
3
Likes
0
om, mw tny donk, ada yg tw yg jual tempat nempel lampu T5 gk ya? punya ane tempat nempel lampu T5 kebakar jd lampu gk mw nyala,
apakah lampu T5 bisa pake tempat nempel lampu neon biasa? thx b4
 
Top