Apakah sump sudah benar peletakannya?

Joined
12 January 2016
Messages
12
Likes
0
Dear para suhu skalian
Mohon bantuannya untuk sistem filtrasi aquarium saya
Cycle skitar 2 minggu, baru pelihara ikan skitar 1 bulan ini, tp ada saja ikan yg mati dalam kurun 3-4 hari.
Kira2 kondisi aquarium seperti ini :
-ukuran aqua 80cm, dikurangi sekitar 15 cm buat sump samping. Tinggi skitar 40cm,
Lebar 40 cm
- suhu rata2 25-27 derajat
- kadar garam 1.024
- ada live rock, 2 nemo, 1 sapi, 1 ikan keling biru, anemon karpet, keong, batu jeruk, dan polyp merah , lobster merah, udang dokter, lobster biru ,
Kepiting batu( maaf kalo ada nama yg salah sebut, belum terlalu hapal)
-sump samping 1 saya isi dgn biobal ngapung, busa, kapur, karang batu, biobal tenggelem
-sump samping 2 ada saya isi dengan live rock dan skimmer kecil, dan ada daun refugium jika tdk salah
-sump samping 3 hanya pompa out
-wave menghadap kaca , saya pantulkan
-lampu neon 18w philips
-lampu led 48lampu dgn 4w
-kipas angin

Mohon bantuannya suhu2 skalian jika ada yg salah.
Dan bagaimana cara perawatannya biar tdk ada yg mati lagi baik terumbu ataupun ikannya.
Apakah ada alat yg perlu saya beli lagi?


image.jpeg image.jpeg image.jpeg
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
ada banyak hal bisa jadi penyebabnya...dan umumnya tank baru memang belum bisa support banyak ikan sekaligus...

tapi lihat dari foto2 pak...kelihatannya sump tidak berfungsi maksimal untuk sarana pertukaran gas(low oksigen)...tidak ada grojokan air lah kasarnya....
saran untuk saat ini bisa memperbesar return pump...
posisi wavemaker kelihatannya kurang tinggi dan besar kemungkinan kurang kuat...ikan air laut butuh kadar oksigen dalam kondisi jenuh...beda dengan air tawar yg bisa toleransi low oksigen...
 
Joined
11 February 2013
Messages
273
Likes
13
Kl aye liat mampet itu outflownya, mending biobal, pecahan karang sama kramik ring diangkat aja. Ganti sama LR 1 - 2 bongkah, trz baru kapas atasnya.

Bener kata om momod tuh... Sirkulasi airnya ga jalan, tertahan di outflow.

Ruang 2 isi refugium aja isi macroalgae, skimmernya angkat.

Return pump kl bisa selangnya ganti pake paralon 1/5 in, dijamin mantabbb sirkulasinya.
 
Joined
12 January 2016
Messages
12
Likes
0
Wah gt gan momod dan toribo
Thanks bgt atas masukannya
Akan sy cb perbaiki sumpnya,
Smoga tdk ada lg ikan yg mati heheh
 
Joined
18 February 2010
Messages
169
Likes
1
Wah gt gan momod dan toribo
Thanks bgt atas masukannya
Akan sy cb perbaiki sumpnya,
Smoga tdk ada lg ikan yg mati heheh
Saran dr nubie. Mndingan buat sump aj yg dibwah ukuran bisa 80*40*30 tiga sekat. kl ga mau bor mt pake over flow box aj bnyak yg jual, kl mau irit pake diy ovb model bejana berhubungan. Filter model bgni lmyan ribet ngatur2 alat. Soalnya penglaman pernh pake filter smping bgni hehe. Dn sama juga hasilnya ikan ga prnah awet
 
Top