Apakah Akuarium Air Laut untuk anda?

Discussion in 'Around Reef' started by reef, 18 January 2016.

?

Apakah anda tergolong Hobbyist Sejati atau Penikmat?

  1. Hobbyist Sejati

    100.0%
  2. Penikmat

    0 vote(s)
    0.0%
  1. reef

    reef Administrator Staff Member

    Joined:
    3 October 2006
    Messages:
    2,328
    Akuarium air laut memiliki daya pikat yang tinggi dibandingkan dengan kembarannya "Si Akuarium Air Tawar". Hal ini disebabkan oleh asingnya dunia alam laut bagi hampir seluruh manusia di muka bumi ini. Bayangkan keindahan karang hias dengan berbagai bentuk, warna dan karakteristik semua dapat hidup dengan terpadu dalam ekosistem yang sama. Keindahan ini harus dilestarikan dan terus dinikmati dengan lestari, Namun keindahan ini sendiri juga yang menjadi pisau bersisi dua dan menyerang kelestarian habitat karang atau ikan di laut. Bayangkan seorang anak atau pemula yang terpikat karena keindahan alam laut lalu dengan "innocent" tanpa merasa bersalah (akibat kurang informasi) mencoba memelihara karang secara sembarangan. Jadi pertanyaannya apakah akuarium air laut untuk anda?

    Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, peminat akuarium air laut ini terbagi menjadi 2 kelompok. Pertama adalah pe-hobby, lalu yang berikutnya adalah penikmat. Berikut saya ulas perbedaan dari kedua grup "Fans of the Sea ini".

    Hobbyist Sejati "The True Hobbyist"
    Hobbyist akuarium air laut sejati adalah seorang penggemar laut yang sungguh mencintai karang hias ini dengan sepenuh hatinya. Kumpulan orang dalam grup ini rela mengorbankan tidak hanya uang tapi juga waktu dan perhatian yang tinggi dalam hobby ini. Bagi "The True Sealover" kematian karang atau ikan di dalam akuariumnya sungguh mengganggu dan dapat menyebabkan setengah frustasi. Mereka akan membaca dan terus berdiskusi bahkan tidak segan-segan untuk mencoba berbagai cara agar hewan yang diperliharanya ini dapat dirawat dengan baik.

    The Enjoyer
    Tidak sedikit teman-teman kita yang terpikat dengan karang atau ikan air laut karena keindahan ikan atau karang tersebut. Namun The Enjoyer ini kebanyakan berasal dari kaum pekerja keras yang selalu sibuk kesehariannya. Akan sangat sulit bagi the enjoyer meluangkan waktu setiap harinya dan membagi perhatian dengan akuariumnya di rumah. Hanya akhir minggu lah waktu yang tersedia untuk perawatan dan pengurusan. Hampir kebanyakan korban ikan atau karang yang berjatuhan ini kebanyakan dari kalangan ini.

    Eitttsssss... Tunggu dulu jangan main hakim sendiri. Bukan berarti penikmat atau the enjoyer merupakan grup orang-orang jahat. Justru banyak "Hobbyist Sejati" dilahirkan dari grup ini. Mereka berawal menjadi penikmat lalu berubah menjadi grup yang pertama atas dasar Cinta yang besar pada alam laut dan keindahannya. Solusi dan perubahan dapat dilakukan dan ini hanya bisa tercapai apa bila kita jalankan bersama. Tunggu artikel berikutnya untuk berbagai solusi dan tips untuk memelihara akuarium air laut yang baik.

    Jadi apakah anda True hobbyist atau Penikmat? Ayo ikut polling kami di thread ini. Terima kasih

Share This Page