[ALL ABOUT] Jabing

Joined
25 April 2009
Messages
767
Likes
8
dulu jg punya jabing yg makanannya persisi ky jabing gajah ini.. cuma bertahan 3 bulanan...
mudah2an bisa bertahan n berumur panjang.. :?
 

Satpolpp

New Member
Joined
27 April 2011
Messages
45
Likes
0
Sekedar sharing aja, saya baru beli jabing tokek itu 2 biji sekaligus dan sekaligus dicemplungin bersama ke tank saya ukuran 450L

Nah yang satu segede jari tengah agak besaran dikit, yang satu kira2 setengahnya ukurannya. Alhasil yang kecil ga pernah dapet makan gara gara mati2an dikejer sama yang gede, sampe musti disuapin (dijatohin makanan ke deket dia)

Saya tahu mereka teritorial tapi ini si besar ngejar si kecil dari ujung ke ujung ke ujung ampir non stop sepanjang hari, gawat juga ya :(
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,005
Likes
78
Satpolpp said:
Sekedar sharing aja, saya baru beli jabing tokek itu 2 biji sekaligus dan sekaligus dicemplungin bersama ke tank saya ukuran 450L

Nah yang satu segede jari tengah agak besaran dikit, yang satu kira2 setengahnya ukurannya. Alhasil yang kecil ga pernah dapet makan gara gara mati2an dikejer sama yang gede, sampe musti disuapin (dijatohin makanan ke deket dia)

Saya tahu mereka teritorial tapi ini si besar ngejar si kecil dari ujung ke ujung ke ujung ampir non stop sepanjang hari, gawat juga ya :(
ikan laut emang begitu.
 
Joined
14 October 2012
Messages
351
Likes
2
mohon bantuan suhu2 reefs forum...newbie mw tanya..pengen beli gobi n jabing(bleny y?) krn tampangnya lucu tp d aqua ada mandarin 1 ekor...aqua ukuran 200x55x55(tanpa refugium) tp baru 3 bulan jd pikiran sih blm banyak copepod n sebangsanya,makanan goby n bleny sama kayak mandarin g ya..tktny berkompetisi makanan ma mandarin makan copepod atw sejenisny jd ntr mati kelaparan salah satu...
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,005
Likes
78
Beda kok pak..yang harus dihindari jenis2 wrasse..karena ikan jenis ini bisa abisin pod, mandy nya pasti kalah saing..golongan dragonet pak bisa piara 2 ekor tanpa problem makanan..
 
Joined
14 October 2012
Messages
351
Likes
2
brrti aman y pa pelihara gobi n blenny...syukurlah..abis suka bgt ma makhluk2 itu..tampangny lucu,hehe..kale wrasse sy agak2 kapok..krn ketidaktahuan sy,masukin keling tanduk,padahal kecil keling tandukny,dlm waktu 3 jam 6 ekor udang pelet yg besar2 ukurannya dsantap ma dya..haduhhhh...untung akhirnya ketangkep juga tuh keling...lbh mahal makananny dari ikannya,hehehe..emg pemilihan ikan itu hrs bener2 dpikirkan dan dpelajari dulu..kasian ikanny,mati krn ketidaktahuan kita..makasih pa E
 
Joined
20 October 2012
Messages
727
Likes
10
Jabing ini bener2 deh ah.
Ngegali pasir dibawah LR.
LR nya miring, pdhl udah dipendem cukup dlm.
Bisa tembus lobang dr kiri ke kanan.
 
Joined
23 June 2012
Messages
122
Likes
0
brrti aman y pa pelihara gobi n blenny...syukurlah..abis suka bgt ma makhluk2 itu..tampangny lucu,hehe..kale wrasse sy agak2 kapok..krn ketidaktahuan sy,masukin keling tanduk,padahal kecil keling tandukny,dlm waktu 3 jam 6 ekor udang pelet yg besar2 ukurannya dsantap ma dya..haduhhhh...untung akhirnya ketangkep juga tuh keling...lbh mahal makananny dari ikannya,hehehe..emg pemilihan ikan itu hrs bener2 dpikirkan dan dpelajari dulu..kasian ikanny,mati krn ketidaktahuan kita..makasih pa E
keling tanduk kaya yg saya pak???
emang makanin udang pelet???
 

waqur

New Member
Joined
17 December 2012
Messages
14
Likes
0
misi master semua, beberapa minggu lalu saya beli jabing hitam, namanya (Black Combtooth Blenny) ukuran sekitar 8-9cm. nah td baru nemu jabing yg bicolor ukuran lebih kecil sekitar 6-7cm. (krn tank mini banget). pas digabung ternyata berantem ya gan... (skrg lagi dipisah sih pake tudung saji masakan wkwk)
td sih ane liat baru bentar udh berantem, ada solusi gk? rencana pengen dihibahin aja kalo ada yang mau :D
 
Last edited:
Joined
30 January 2011
Messages
1,449
Likes
4
misi master semua, beberapa minggu lalu saya beli jabing hitam, namanya (Black Combtooth Blenny) ukuran sekitar 8-9cm. nah td baru nemu jabing yg bicolor ukuran lebih kecil sekitar 6-7cm. (krn tank mini banget). pas digabung ternyata berantem ya gan... (skrg lagi dipisah sih pake tudung saji masakan wkwk)
td sih ane liat baru bentar udh berantem, ada solusi gk? rencana pengen dihibahin aja kalo ada yang mau :D
2 jenis tsb termasuk blenny yg teritorial pak...krn sama2 hidup di liverock dan didalam lobang....kelebihan ada di jabing hitam krn dy pintar makan lumut...tp klo mau dijadikam satu bisa saja asal mreka masing2 bisa menemukan lobang masing2 di liverock yg berbeda...pilihan ada ditangan anda...:)
 
Joined
14 June 2011
Messages
39
Likes
0
Aduh saya juga mengalami jabing hitam saya emang rajin banget notolin brown algae... tapi eeknya itu lho... bikin ga enak dilihat hehe
 
Joined
9 March 2015
Messages
74
Likes
2
jabing yang suka mamah pasir itu ada pedagang yang bilang namanya jabing putih. Saran saya buat yang baru cycling lebih baik jangan langsung pelihara ikan ini, kasian. saya ngalamin pas cycling miara ini, jadinya kurus (tapi kepalanya tetep gede), apalagi yang pake sistem bare bottom, jangan. Ini jabing makan pelet pun tetep seperti lagi makan pasir gitu.
Saya jg ngalami hal yg sama, beli jabibg saat msh cycling, sekarang badannya kurus, saya coba kasih makan pelet dikit-dikit biar ngga kelaparan :(
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,484
Likes
90
Jangan diberikan makan terlalu banyak Pak karena masa cycling dikhawatirkan malah ammonia spike. Dua hari sekali saja, setelah masa cycling berlalu baru diperbanyak.
 
Joined
10 October 2020
Messages
7
Likes
0
Aku punya jabing glodog 1 udah lebih dari 6 bln di aqua, krn lumud masih banyag aku tambah lagi jabing glodognya 2 ekor. Jadi total di aqua 3 ekor.
Tapi ngga taunya, 2 jabing glodog yg baru akhirnya tewas setelah di hajar trus sm jabing glodog yg pertama.
Duh sedihnya, tpi jd pngalaman yg berharga buad aku.
 

rdoels

New Member
Joined
18 October 2020
Messages
10
Likes
0
Tanya om suhu2 reefer
Apakah alga sama lumut dalam aquarium suatu saat bisa bener2 bersih (tak bersisa karena dimakan jabing dan keong) kemudian secara bertahap tumbuh lagi ?
Atau alga dan lumut akan selalu ada tidak akan pernah benar2 bersih ?
Di aquarium saya alga sama lumut sepertinya sudah hampir bersih, takut si jabing kehabisan makanannya.
Kasian si jabing perutnya kelihatan kempes biasa nya gendut... 20201120_173431.jpg
 
Top