65G sps dominated tank, 2nd try

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
mo share rencana akua 25 liter buat di taro di toko....soalnya rasanya percuma punya akua di rumah...jarang liatnya..

karena di toko space terbatas dan ga mo yang repot2..di putuskan tanpa sump..

akuanya ukuran 52(p)x22(l)x30(t) kaca 8mm

bagian samping disekat selebar 8mm pake kaca riben 5mm fungsinya buat taro media filter sekaligus semacam overflow supaya permukaan air bisa bersih..

ini foto akuanya tampak depan..akua bakal terlihat dari 3 sisi..


di dinding sisi di buat tiga lubang. 1 di bawah buat input ke pompa yang di jalanin external. 1 lagi di bawah buat ganti air. terakhir di atas yang pake keran itu buat return..

untuk filternya sendiri cuma pake busa(ganti tiap hari), dan karbon aktif..sisanya cuma ngandelin ganti air yg rencanya 500ml tiap hari (punya banyak waktu si kalo di toko)..sisa space di bawah tatakan akrilik itu bakal dimanfaatkan buat isi live rock ukuran kecil2.ato bahkan refug kalo di butuhkan..di pilih live rock yang ga ada koralinnya..repot kalo ampe musti gosok2 koralin..di display ga pake live rock..cuma pasir...

masalah ada di lampu..tadinya mo pake mh 70w...karena pengen efek shimmernya..sayangnya cuma nemu di kartini yang jual bulb 70w..itu juga barang cina, merek daz..yang jual juga bahkan ga tau itu lampu bakal keluar warna apa....

ada yang tau tempat yg jual mh 70w??

alternatif lain pake led yg di jual pak santo..tp gatau jg bisa bagus ga shimmernya...
kalo pake led rencnya jalanin yg 4w yg kayak bintang itu...pake 6 buah led kayaknya cukup..
untuk konstan currentnya d pak santo kyknya ga ada yg cocok d..24v n maunya 1000mA..lg pula mahal jg...kalo musti diy kayaknya mikir2 dl..ga pd soalnya..kira2 ada yg bisa bantu untuk skemanya?? kalo bisa dalam bahasa yg standar..jgn terlalu teknis..


seandainya mh ga nemu bulb n led ga bisa jd plihan..mungkin terpaksa pake mh 150w..ato ga tetep 70w, bulb osram, piara makro alga, sedikit live rock n 1 frog fish d...tp pengenya si lps ya...
 

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
6
Re: akua 52x22x30

Hi E_2091, selamat bergabung.
Sebelumnya, apa ada nama panggilan pak, sepertinya susah mengejanya :)

Mungkin saya bisa kasih tambahan sedikit
Gambarnya agak kurang jelas pak, bisa di update lagi foto dari atas?
Untuk return ke display sepertinya terlalu dekat dengan overflow, bisa di atasi dengan "Lock Line" atau dengan memperpanjang pipa.

Kalau masih bisa, acrilic di dalam sekat lebih baik diturunkan sampai di atas pipa pak.
Disitu bisa buat Chaeto atau Macro algae yang lain.

Setau saya, output external pump lebih besar dari 1500l/h, jadi mungkin di display lebih baik "Bare Bottom" pak.

Untuk LR sendiri lebih bagus yang ada koralinya pak.

Untuk Lampu, mungkin bisa dipertimbangkan lampu PL 36W 50:50(putih biru) panjang kira2 45cm. ini bisa untuk supply display dan refugium.

Tambahan Kipas untuk maintain suhu

Semoga membantu pak

Silahkan reefer yang lain membantu

Oland
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

halo pak olan..

untuk foto nanti dl ya, cuma pake hp..tetep aja ga jelas..ud di coba..

untuk return memang akan di tambah pipa pak..saya uda bengkokin pipa 1/2 inci..ud kepasang jg..

untuk akrilik memang di buat segitu pak, buat taruh busa filter dan karbon...untuk refugium masi nanti dulu, kalo memang butuh saya bisa taruh 1 lembar akrilik lagi tepat diatas pipa yang paling bawah itu..jadi makronya di tengah2, lampu di pasang disisi akua, memang si pasti banyak cahaya yang terbuang karena harus menembus kaca 8mm, tapi tampaknya masi cukup kalau untuk rumput jarum..untuk sementara ini cuma akan mengandalkan ganti air untuk export nutrien pak..

untuk lampu saya cuma mau mh atau led pak..alasannya cuma karena mau bayangan riak airnya pak....buat saya yang seperti itu masi menarik sekali....kalo ga salah pak ini pernah pake lednya pak santo kan?? yang p4ss ap itu namanya??? kesan kesan bapak gimana nih??? saya ga perlu cahaya yg super2, yang penting shimmernya??

ruangan saya ber ac, suhu 23 mudah di dapat..dan saya jg memang rencana pake chiller untuk stabilitas suhu, resun cl-85 kalo ga salah..kecil mungil, bisa di umpetin di bawah meja..untuk pumpnya saya rencana pake hailea 6520..flownya ga sampe 1500, tapi bisa dibilang powernya gede, jadi saya rasa bisa bawa air masuk chiller, dan angkat lagi masuk akua, buat jaga2 saya pasang ballvalve kalo output pompa masi kegedean..

kurang lebih begitu alasan pemilihan lampu pak..thx perhatiannya.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

oh iya, ini rencana awal yang mau di pelihara..tolong input dari yang pengalaman piara lps.

karena space jadi masalah untuk ukuran akua segini, sedangkan saya maunya akua terlihat padat dengan koral, jadi saya memutuskan tidak menggunakan live rock di display..dan untuk pemilihan biota sengaja di pilih tipe yang skeletonnya ukuran kecil, dan model yang mengembang keatas...jenis koralnya sendiri di pilih yang bisa saling berdekatan tanpa harus saling sengat..solusinya menurut saya pilih koral dari genus yang sama..pilihan saya jatuh pada genus Euphyllia, terutama jenis yang bercabang..babut cabang(frogspawn), kuku cabang (hammer), dan karang anemon (torch)..

dipilih jenis yang ini karena mudah di dapat, murah, relatif kuat, juga ada 3 variasi bentuk, saya belum tau genus apa lagi yang ada sampe 3 bentuk..jadi sementara ini pilihannya..belum termasuk gerakannya yang bisa melambai lambai...ukuran skeletonnya yang kecil, dan display tanpa live rock memungkinkan saya buat memenuhi akuarium dalam semua zona, baik atas, tengah, maupun bawah hanya dengan taruh ganjel kecil, seperti batang akrilik, ato kalo bisa dapet koral yang batangnya cukup panjang malah ga perlu ganjel..


saya pernah piara 3 jenis koral ini di akua nano ukuran 25x25x25..lampu pake megaman 10000k 23 watt...dan mereka bisa hidup ber dampingan...sekarang masih hidup di dalam akua lps saya yang dirumah kecuali si torch..

dari 3 itu, pertumbuhan hammer paling cepat..di tempat saya dalam waktu kurang dari 1 tahun bisa membelah diri dari 3 kepala, jadi 9 kepala, dan sebentar lagi 12 kepala...
sementara torch paling sensitif terutama soal suhu..1x kejadian error, waktu itu suhu akua saya naik sampai 30 derajat, padahal biasa 24..karena dalam ruang tertutup naiknya pun ga langsung mendadak, tp dikit2 dalam rentang beberapa jam..torch langsung mati..frogspawn waktu itu sedikit stress dan ga terlalu ngembang..koral lain termasuk hammer mengembang seperti biasa kayak ga ada masalah..besoknya semua kembali normal, torch uda jd bangkai...

dari hal diatas, saya putuskan akua saya ini nantinya mayoritas babut cabang, dengan sedikit torch dan hammer..

sekian dl, masukan sangat diharapkan, terima kasih..
 

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
6
Re: akua 52x22x30

E_2091 said:
kalo ga salah pak ini pernah pake lednya pak santo kan?? yang p4ss ap itu namanya??? kesan kesan bapak gimana nih??? saya ga perlu cahaya yg super2, yang penting shimmernya??
Iya pak, saya pernah coba yang putihnya,terang sekali pak, tetapi blom sempat di apply. Bisa tanya ke Pak Kurnn, beliau sudah apply di pikonya pak.
 

sc4tm4n

New Member
Joined
16 January 2007
Messages
158
Likes
0
Re: akua 52x22x30

lampu mh 70W bisa dicari di glodok pak, tp pasti hanya ada merek china. hanya lampu mh aja yg bisa membuat bias yg lainnya tidak akan bisa.

display lebih bagus pakai live rock, pakai pasir tidak masalah kalau return cuma 1500l/h cari pasir yg agak kasar saja.

untuk refug kayanya tidak akan banyak membantu bila arus air kencang gitu and hanya numpang lewat, mending dibuat tempat terpisah hanya untuk refug and sirkulasi air tidak terlalu cepat.

kalau untuk ke 3 coral itu kayanya tidak bisa saling berdekatan pasti akan saling serang karena ketiganya mempunya stig yg cukup kuat.

semoga membantu, mungkin ada member lain yg ingin menambahkan

salam kenal.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

ok pak oland, nanti saya coba tanya ke pak kurnn, thx.

pak sc4tman, salam kenal juga,
refugium, saya jg kepikiran begitu, makanya ga ada dalam perencenaan..seandainya butuh bisa di pasang dengan mudah kayaknya...

untuk lampu led banyak yang bilang bisa buat bayangn riak pak..termasuk salah satu senior d forum ini, yang bilang tentang single light source gt, sbg contoh beliau bilang mh, dan led..begitu jg info di rc, banyak yang bilang bisa buat riak..walau belum pernah liat aslinya, jd ya ga tau jg mana yang bener..

masalah live rock saya agak bingung jg pak..lebar akua bersihnya ga sampe 20 cm, sedangkan akua terlihat dari 2 sisi, seandainya pake batu yang diameter 10cm aja space kanan-kiri tinggal 5cm, di tambah ukuran skeleton koral, akibatnya ga ada tempat untuk koral mengembang..

masalah ketiga koral itu saya rasa bisa pak, karena saya sudah coba, dan masih ada sampai sekarang..entah itu kasuistis aja, atau pasti bisa berdampingan saya kurang tau, setidaknya ada kemungkinan bisa...ini saya kasi foto akua lps saya tepat setelah dibersihkan stelah sempat crash..di pojok kiri atas pak bisa lihat frogspawn dan hammer saling berdekatan...




sekarang mereka udah mengembang full, jadi benar2 bersentuhan, tp belum ada kamera untuk foto, kpn2 saya posting, sayangnya juga foto2 lama waktu masi ada torch sudah hilang bersama hp saya, kecopetan..hp yang saya pake skrg sony-er s700 yang lama punya, ga bisa buat foto akua, yang muncul biru smua....

oh, karang otak yang pojok kanan bawah itu juga bisa bersentuhan dengan scolmya tanpa saling menyakiti...tp hati2 jangan terlalu dekat karena scolmya pasti ketutup smua...sedangkan kalo sama karang otak yang mulut banyak kayak yang di sebelahnya itu, yang ijo metalik dan merah ga boleh sentuhan sama skali...sedikit aja kena yang mulut banyak pasti mati....

thx smuanya..nti di update lg.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

salah ketik tentang karang otak..yang bener "di kiri bawah" bukan "kanan bawah"
 
Joined
27 May 2009
Messages
75
Likes
0
Re: akua 52x22x30

pak, info aj.. klo LED bisa koq bikin tampilan riak air gitu.. saya ud coba di nano saya.. hehehe..
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

@ shie,

wah, tertarik ni...pak pakai led yang ap??
yg 4 watt itu?? berapa banyak?? pake optik??
sebagai sumber cahaya utama ato jd suplemen aj??
pak piara ap?? kalo pak pakai sebagai sumber utama, menurut pak pencahayaan pak sudah memadai atau belum??
gimana dengan akua ukuran saya?? 6 led untuk lps, menurut pak cukup??
dibanding mh, dengan kondisi arus yang sama bagus mana??

maap kalo banyak tanya, penasaran...

thx b4 pak.
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

sedikit update aja,

ini waktu tes pompa..pompa yang dipake hailea 6520, ratingnya 1000L/jam, Hmax 1.6m..kelihatannya arus cukup memadai..



nantinya air return akan keluar dari pipa pendek yang di bawah itu, yang di gambar cuma darurat aja buat ngetes..

kurang lebih begini konfigurasinya,


selang dari pompa seharusnya masuk ke pipa bag atas yang aa ballvalve, sedangkan pipa buntu yang paling kanan itu nantinya di bor, trus di pasang air valve, tujuannya buat ganti air, jadi tinggal tadahin aj air yang ngucur, sekaligus untuk memudahkan kalo perlu drip aklimasi...

kalo ga berhalangan mgkn weekend ini mulai cycling...seadngkan lampu masi lom memutuskan, walo lebih condong ke led..

thx.
 
Joined
27 May 2009
Messages
75
Likes
0
Re: akua 52x22x30

E_2091 said:
@ shie,

wah, tertarik ni...pak pakai led yang ap??
yg 4 watt itu?? berapa banyak?? pake optik??
sebagai sumber cahaya utama ato jd suplemen aj??
pak piara ap?? kalo pak pakai sebagai sumber utama, menurut pak pencahayaan pak sudah memadai atau belum??
gimana dengan akua ukuran saya?? 6 led untuk lps, menurut pak cukup??
dibanding mh, dengan kondisi arus yang sama bagus mana??

maap kalo banyak tanya, penasaran...

thx b4 pak.
saya pake yg buat moonlight aj pak.. led 0.5 watt.. modelnya halogen colok, merk krisbow.. beli di ace hardware, jadi ga buat main light, untuk main light saya pake t8 jebo..
klo malem, dinyalain moonlightnya, tampilan riak airnya cakep pak.. tapi ya cuma untuk moonlight aj hehehe.. klo mo liat, ada di thread saya pak.. klo untuk cahaya utama si, pake LED seperti yg saya pakai, sangat tidak memadai sepertinya hehehe..
 

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
6
Re: akua 52x22x30

Kalau saya lihat, sepertinya output air kencang sekali.
kalau tetap pakai pasir kayanya akan sand storm tuh.
Bare bottom saja pak
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

@ shie

ok pak, thx...uda liat akuanya pak, cakep..

@oland

he3, kq saya malah merasa pelan ya pak arusnya??lebih pelan dari bayangan saya...nti tes pake pasir dulu pake air tawar d, kalo emang kekencengan barebottom deh..
kalo ga pake pasir mo ga mao musti pake live rock dong ya..ga cukup kayaknya cuma taro live rock di space filter sekecil itu..
nti saya update lg kalo udah tes pasir..thx
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

Update:

sayangnya mgg ni belum sempat cycling..sabtu kmarin sempat lewat daerah hi sana sore2, tp karena mendung banget jd malas mampir..

untuk lighting uda fix pake led..led yang dipake 3 biru, 3 putih, jadi total 6 buah..td sore led datang, langsung pasang2..

ni fotonya:


cahayanya lumayan nyebar keliatannya, penampakannnya sendiri mirip banget sama MH xm 20kk yang saya pake di akua yang dirumah..untuk efek riaknya belum di coba di air..

masalah lagi sekarang saya bingung gimana taruh lampunya..ga mungkin kan cuma di geletakkin kaya di foto..takutnya nyiprat2..thx
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

saya ga pake lens pak, takutnya kurang nyebar cahayanya dan malah jadi muncul spotlight effect, tidak nge blend antara putih dan biru..

rencana memang pakai kipas pak, tapi yang di foto itu belum saya pasang kipasnya..saya nyalain 15 menit, tanpa kipas, di ruang tanpa ac, trus saya pegang ga panas ma skali..

constan currentnya pake diy dengan ic lm317,katanya sih panas, jd di belakang icnya saya kasi lempeng aluminium sama thermal compound, trus kasih kipas..hasilnya ic ga panas malah dingin...
 

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
6
Re: akua 52x22x30

Bagus sekali pak, rapih
Pakai berapa volt & mA pak?
biru dan putih di parallel atau di seri?
 

E_2091

Moderator
Staff member
Joined
8 September 2008
Messages
9,000
Likes
72
Re: akua 52x22x30

pwr sply yang saya pake 24v pak, saya kurang tau ada kepotong ga sama rangkaian icnya, tp saya rasa ga banyak..
cuma pake 750mA, ga jadi 1000, di rc saya liat2 banyak yang bilang bisa potong umur led sampe 1/2nya..saya percaya aja la..kalo ternyata kurang memadai buat koral mungkin bakal tambah lagi jumlah lednya jadi 10..

semua led di seri pak, terlalu beresiko kalo di paralel..kalo di paralel arus yang mengalir di tiap cabang itu setengahnya dari asal pak, jadi kalo mau 700mA pak bakal perlu suply 1400mA, masalahnya kalo salah 1 led putuh dan open, alias ga ada kontak lagi, smua arus bakal mengalir di cabang yang satu lagi, akibatnya over load karena batas maksimal 1000mA kenanya 1400mA, putus smua deh..kecuali pak buat masing2 string 3 led seri dengan constan current masing2 dengan 1 power suply, jd yang paralel itu constan currentnya, bukan lednya. kalo begini pak jadinya butuh suply 12v.

kalau di seri, smua led dapet arus yang sama, pak tinggal tambahin total voltasenya..karena 6 led, jd 6x4= 24v, gt pak..

kalo ternyata kurang memadai buat koral mungkin bakal tambah lagi jumlah lednya jadi 10..

oh, ya, info aja, saya kalo musti buat lagi, mungkin ga akan pake ic lm317 ini lagi, terlalu makan tempat, dan efisiensinya rendah..di nano reef ada info constan current diy yang lebih simpel dan minim panas, layak di coba pak..tapi dia ga dalam bentuk wiring diagram gt, tapi step by stepnya, karena malas, saya buat yang ada diagramnya aja dulu...

btw, thx..
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
Re: akua 52x22x30

oh, ya, info aja, saya kalo musti buat lagi, mungkin ga akan pake ic lm317 ini lagi, terlalu makan tempat, dan efisiensinya rendah..di nano reef ada info constan current diy yang lebih simpel dan minim panas, layak di coba pak..tapi dia ga dalam bentuk wiring diagram gt, tapi step by stepnya, karena malas, saya buat yang ada diagramnya aja dulu...
keren, kalo dah dapat infonya tolong dishare ya pak..
thanks..
 
Top