60x30x40 - Mini Tank

indrad

New Member
Salam kenal semuanya. selamat malam. perkenalkan sy indra member baru di reefsforum. dulunya sekitar 8taon yang lalu uda perna coba akuarium air laut. tp karena mungkin kekurangan ilmu ya itu akuarium crash dan smuanya dihibahkan ke teman.
sekarang karena ga ada hobi tiba2 kepingin bikin akuarium air laut lagi. (keinginan uda lama cuman takut crash seperti dulu lai). baru bbrp hari ini join dan baca2in banyak thread di RF ini jadi makin kepengen buat mulai lagi, tp karena dana terbatas mau coba mulai2 dengan akurium uk sekitar 60x30x40. mohon bimbingan temen2 di forum.

beberapa pertanyaan yg ada di benak saya. (sudah saya baca2 thread di forum ini beberapa uda masuk ke kepala saya tp tetep aja ingin saya tanya ulang. biar ga rancu dan bener2 tepat) :banghead:
1. untuk main tank ukuran 60x30x40.
2.rencana akuarium ini tidak menggunakan sump. apakah ada kekurangannya? mengingat akuriumnya kecil. saya lebih memilih model canister atau model hangon (lebih gampang kalo mau dibersihin). apakah ada saran dari teman2 disini lebih baik menggunakan tipe atau model yang mana?
jaman dulu saya pake under gravel filter (banyak masukan dari penjual ikan laut di taman cosmos).
3.menurut teman2 di thread lain yang saya baca semakin besar skimmer semakin bagus. tp karena saya tidak mau berlebihan (dana juga mepet). bole di share kira2 jenis atau tipe apa yang pas untuk akurium uk 60cm. apakah model hangon jebo 178 cocok (yang inc skimmer)?
4. untuk dasar kira2 yg cocok menggunakan pasir apa ya?
5. untuk lampu kemungkinan mau DIY. atau ada rekomen rekan2 disini yang terima pembuatan lampu DIY mohon masukannya juga (bisa PM sy langsung)

kira2 itu dulu pertanyaan dari saya. mudah2an kalo ga ada halangan rencana sabtu ini mau ke sumenep uda mau mulai hunting equipmentnya. main tank, filter, skimmer, kalo bisa pasir dan air juga.:D
penggennya sih pelan2 asal bener. sy lebih seneng progressnya untuk mulai lagi. yang nikmatin mungkin org2 rumah.
pertanyaan terakhir untuk penambah keiinginan saya untuk mulai ngereefing (masih galau takut repot kedepannya gara2 piara ikan air laut)
apakah akuarium uk 60cm, tanpa sump, tanpa chiller (mungkin dengan bantuan kipas angin) bisa mature?
uda kepengen banget mulai cuman ya itu, galau takut bosen dan repot dalam urus kedepannya.:banghead::banghead:
mohon masukannya rekan2. maaf malah jadi curhat kegalauan saya.
 

E_2091

Moderator
Staff member
daripada buru2 belanja lebih baik di baca2 lagi om...pikirkan lg baik2...hobi ini emg gak bisa di bilang murah...tapi perencanaan yg tepat, akan lebih mudah untuk maintenace kedepannya..kalo dari awal pak udah niat potong budget sana sini...ujung2nya pensiun lagi...malah jadi buang uang sia2...silakan dipertimbangkan lg sambil baca2..
 

lost-id

Well-Known Member
Saran saya kurang lebih sama dengan om eko diatas.
Tunda dulu belanja nya, baca baca lagi yg banyak dan kalau kendala di budget silahkan di tulis dulu rinciannya di atas kertas sebelum belanja, lalu pertimbangkan lg apakah hobi ini cocok buat om indra...
Sebagai gambaran, yg disebut mature dalam reeftank bukan hitungan hari atau minggu tapi hitungan bulan dan tahun.
Ok, saya coba jawab poin pertanyaan diatas.
1. Ukuran display bebas saja sesuai selera, walaupun banyak disebut makin besar tank makin baik.
2. Banyak kekurangannya, susah maintenance, bakal sering ganti air, susah upgrade alat dll. Saran sy tetap pakai sump.
3. Skimmer silahkan pilih yg terbaik yg om mampu.
4. Pasir silahkan sesuai selera, ada yg senang pasir halus, medium sampai kasar.
5. Kalau punya skill electrical silahkan diy, kalau gak mending beli om karna umumnya yg diy serius jatuhnya tetap ada harga dan kejar kebutuhan yg gak kejangkau dengan lampu yg beredar dipasaran.
6. Chiller kebutuhan wajib kalau suhu tank dirumah tembus 30°

Btw, kalau boleh tau... Orientasi piara nya apa ya? Apakah ikan saja atau dengan coral?

Salam
 

indrad

New Member
Terima kasih untuk sarannya bro E_2091 dan lost-id.
disatu sisi kalo baca trus tanpa mulai beli peralatan ga bakal jadi2 mulainya. hehe. saya pikir sekalian belanja sekalian dipandu dari rekan2 di forum mungkin bisa support sampe tank saya jadi. kan banyak yg nyemangetin kalo di forum karena sesama hobby.
untuk orientasi yang mau di piara ikan dan beberapa koral bro.
 

lost-id

Well-Known Member
Terima kasih untuk sarannya bro E_2091 dan lost-id.
disatu sisi kalo baca trus tanpa mulai beli peralatan ga bakal jadi2 mulainya. hehe. saya pikir sekalian belanja sekalian dipandu dari rekan2 di forum mungkin bisa support sampe tank saya jadi. kan banyak yg nyemangetin kalo di forum karena sesama hobby.
untuk orientasi yang mau di piara ikan dan beberapa koral bro.
Iya bisa aja sih learning by doing, tapi minimal sudah punya sedikit gambaran akan seperti apa maintenance yg akan dilakukan...
Sebetulnya piara reeftank mudah kalau sudah paham kunci nya, yaitu stabilitas suhu, parameter, cahaya dan arus.
Ke 4 kunci ini dijaga stabil maka akan bisa menikmati indahnya lautan kecil dirumah anda... Hahahaha
 

Manyu

Member
Bantu nambahin ya om.. Tapi jangan ditiru banget juga soalnya kan di dunia reef ini masing2 akua punya cara n triknya sendiri dlm me maintance ariumnya.. kalo kira2 mau hangon skimmer saran sy sihh agak tabung dulu sekalian yang BM QQ1 mas jadi ga sia.. jkalo mau akalin tanpa sump boleh dicoba pake nanosorbnya mas nanosan di sponsor kita nanolab.. bisa tuhh coba kontak buat isi canisternya..udh gitu coba buat cryptic zone kaya yg dibuat mas rheinhard cocok jg tuhh buat canister cuma modal live rock tp harus baca step by stepnya dulu biar ga salah bikin.. udh gitu akua dgn filtrasi minim usahakan cyling fil
 

Manyu

Member
2Kalo akua dgn filtrasi minim harus, wajib ama kudu cyling maksimal ampe 1.5bln tanpa biota sama sekali dan usahakan menggunakan bakteri starter.. setelah itu ganti air hingga 50% dan tiap hari/2-3 hari sekali ganti air sampai 20% sampai nitrat turun terus cobaa mulai nyicil alatnya sambil baca
 

kuple_reefs

Member
Sama seperti saya sih. Learning by doing. Tapi terkadang salah arah. Makanya mesti bener2 baca pengalaman org yg lebih dulu.
1. Yang ditanya apa? Kekecilan apa nggak kali ya? Dulu saya pakai ukuran 60x30x35 dan tanpa sump gaada masalah. Tapi salinity cepet bgt swing karna sedikit aja air nguap salinity naik
2. Pakai sump. Lebih gampang maintenance dan naro equip
3. Bm nac qq atau diy sendiri dengan kalkulasi dan setting yang baik.
4. Oolite 3-5cm lalu diatasnya diberi aragonite setebal 1 cm
5. Diy sendiri lebih puas sih. Minimal tau soldering skill. Electrical skill dikit dan kemauan.
6. Chiller : pake 1/4 pk udh cukup
7. Dosing2an. Nah kalo ini silakan dibaca di bagian marine chemistry
 

Manyu

Member
Nahh iya mas soalnya beda akua pun bisa beda perlakuan, di dunia reef ini kan gaada standar baku untuk filtrasi, kadang pinter2an sang empunya jg sihh utk menghandle nitrat, phospat, dll.. yang penting byk baca2 mas disini lengkap kok gaada yg gaada:roflmao: wkwk saya pake 60x50x40 dan 40.40.45 dgn sumpless ttp gaada masalag tuhh om insyaallah.. soalnya sy baca2 ada 1001 cara utk menghandle semua filtrasi sesuai kemampuan budget si empunya:roflmao: hehhe
 

Manyu

Member
Ohiyaa mau nambahin lg, menurur sy kalo nubie2 macem saya yg gapunya electrical skill mending jgn DIY dehh drpd gagal n malah keluar budget dobel n malah jatuhnya lbh mahal drpd beli branded, mending beli/mesen ke org aja mas kalo emg ga puas dgn branded pabrikan gede, biar bisa neken harga n bisa custom:roflmao:
 

indrad

New Member
makasih saran2 dan sharing2nya. sabtu minggu lalu saya uda jalan2 ke sumenep tp karena kesorean mungkin uda ada bbrp yg tutup. selain itu karang2nya jg lg kurang begitu bagus. pengennya sih cuci2 mata dulu. malah jd liat aquascape air tawar. kepikiran beralih ke air tawar (beli yg uda 1set uda di setup) tp niat diurungin. baca2 forum lg kayanya hati tetep ke air laut. selama seminggu itu jadi silent reader baca2 forum. lg baca2 ttg filtrasi dan sump. semakin dibaca semakin banyak yang harus kita tau. yang tdnya cuman tau akuarium, lampu, filter model cansiter, skimmer, chiller eh skrg jadi baca2 mengenai salinitas, ATS, refugium, nitrat, phospate. saya lanjut baca2 dulu ya. mudah2an niat bangun reef tank ga abis karena kebosenan baca. hehe. satu pertanyaan deh biar threadnya rame. isi sump yang paling sederhana apa aja ya? apa betul dengan skimmer, dan ats aja cukup?
 

E_2091

Moderator
Staff member
seringkali..pemilihan biota itu lebih penting drpada peralatan atau isi sump...saya sendiri cuma sump cuma isi skimmer sama return pump...sekat aja gak ada...cuma kotak kosong...

kalo maunya ikan segala macem dicampurin jadi satu ya susah...wong dilaut aja mereka punya zona2 sendiri....gak ngumpul di satu tempat..
 

indrad

New Member
seringkali..pemilihan biota itu lebih penting drpada peralatan atau isi sump...saya sendiri cuma sump cuma isi skimmer sama return pump...sekat aja gak ada...cuma kotak kosong...

kalo maunya ikan segala macem dicampurin jadi satu ya susah...wong dilaut aja mereka punya zona2 sendiri....gak ngumpul di satu tempat..

bro E_2091 bole tau isi tanknya apa aja ya. sapa tau bisa ditiru.
untuk biota saya sih belom ada pilihan nih. bener2 baru mau siapin alat2nya. rencana sih mau ada anemon, polip dan bbrp ikan aja.
coral yang kuat contohnya apa aja ya bro? maksudnya yg tahan oleh air yang belum stabil.
 

E_2091

Moderator
Staff member
koral yang tahan? Jamur paling reccomended buat awal2...sampai sekarang saya masi koleksi jamur...warna dan texturenya gak ada yg ngalahin....anemon jelas kebalikannya...sebaiknya dihindari...tank saya dan reefer2 lain ya bisa dilihat di forum ini....kan ada sub forumnya...show off..
 

Manyu

Member
Sump saya pake kotak filter yg diatas mas tp diakalin sekat2 kaya mini sump, soalnya space terbatas.. isinya cuma kapas, lr ama karbon aktid trs pake skimmer sk-05 yg dimodif tp dihangon di akuarium utama bagian belakang.. saya jgn diikutin mas soalnya sesat:dead: usahain yg penting pemilihan biota mas yg bener biar nitrat ga cepet naik.. kalo mau minim filtrasi tp indah sedikitin ikan maks 3ekor bisa coba baby nemo 2 ama baby dori 1 tp usahain beli yg udhmau makan pelet ya coba aja dl di pedagangnya.. terus pelihara koral aja tp usahain hindarin se jauh2nya buat anemon.. mantebin lampu jangan nanggung2 mas beli LED yg di ebay khusus reef ato kalo mau murah bikin aja, banyak kok threadnya di bagian DIY:D
 

Manyu

Member
Intinya di reef tuh yg pernah saya baca.. Mau banyak coral: Mantebin lampu banget2 ama dinginin akua maks 27°C kalo bisa pake chiller trs kalo mau ikan2 banyak mantepin filtrasi.. Tapi inget semua harus sabar ya.. cyling airnya sampe 1.5-2bln kalo mau tanknya minim masalah JANGAN ISI BIOTA SELAMA CYLING.. udah itu aja:roflmao: wkwk
 

martenvdbroek

New Member
saran saya sih jgn beli skimer jebo..beli yg sdh jelas atau produk diy aja ..saya beli jebo 180 akhirnya ga kepake,nyari referensi modif spy bisa dipake,yg ada bingung sendiri krn trllu banyak jenis modif nya yg justru pada akhirnya skimer hasil modif tsb ga kepake lagi..jgn tergiur harga murah dan bentuk yg bagus..
itu aja sih yg saya baru paham,krn baru start cycling juga dgn tank tanpa sump bawah
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top