3.0 pico with built-in chiller chamber

kurnn

Member
akhirnya jadi jg.. :D :D

saya pengen sharing proses pembuatan pico saya yang terbaru.
setelah mengalami beberapa kali salah ukur n salah hitung (maklum trial n error), test pertama telah dilaksanakan kemaren.

start awal sekitar pukul 10.00, suhu ruang 30 c.
DSC01252.jpg


tiga jam kemudian, suhu akua 25 c. bagian luar mulai berembun.
DSC01253.jpg


tujuan desain kali ini masih tetap sama: everlasting, low maintenance & low external pollutant :smt003 :smt003

list bahan:
1. akua ukuran 18x13x15, sama dengan yang lama.
2. heatsink ukuran 15x16x3cm. 2 buah.
3. peltier 12706
4. lempeng aluminium .9mm 60x30cm
5. kipas dc 9cm
6. lem silicon
7. lem epoxy
8. powerhead jebo kecil
9. lampu pc 50-50 18 watt

main tank terdiri dari 3 komponen lepas:
1. main tank + chiller
2. kaca penutup, buat minimalisasi penguapan
3. hood
DSC01246.jpg



setelah terangkai semua, sebelum dicat..
DSC01247.jpg



proses pembuatan..
step 1: penyiapan main tank

1. saya bikin dua buah lubang dibelakang (minta tolong bor di tukang kaca). satu yang diatas untuk disedot powerhead, satu yang bawah buat air masuk ke chiller chamber.
2. bagian belakang 'dicat' hitam pake silicon. biar nanti bisa buat melekatkan peltier yang udah disiapkan jadi chiller chamber.

DSC01223.jpg


step 2: pembuatan chiller

1. lempeng peltier dilem silicon hingga nanti memungkinkan adanya space kosong antara kaca belakang dengan peltier.
disini saya pake bantuan plastik mika tipis, dibentuk segi empat. trus lem silikon dioleskan sedikit2. proses ini cukup lama, soalnya mesti tunggu silikon kering lapisan demi lapisan.
DSC01237.jpg
 

kurnn

Member
lanjutan..

berikut ini chamber yang saya maksud..
DSC01210-1.jpg


2. dah jadi, siap untuk dilekatkan ke heatsink. setelah diolesi thermal pasta, tempatnya dah diukur, nongkronglah peltier pada tempatnya. agar tidak bergeser2, saya ikat dengan kawat tembaga yang telah dilapisi selang bakar dan dilapisi lagi dengan silikon.
takut bocor, hehe..

DSC01240.jpg


3. proses berikutnya, mencegah panas dari heatsink kembali ke tank. karena foam untuk filler dah abis, kita pake saja gabus 1/2 cm. dipotong sesuai pola. butuh ketelatenan jg, biar gabusnya ga patah.

DSC01241.jpg
 

kurnn

Member
bro yongk1,
peltier yang saya gunakan 12706, speknya, vmax 15.4v, imax 6.5ampere.
kapasitas angkut max 58 watthour (setara 49.9 kcalories)
disini saya operasikan 12.25v (79.5%). kalo dihitung2 matematika linear biasa, besarnya arus jadi sekitar 5.1ampere.
kapasitas angkut panas jadi 31.5 kcal.
kapasitas air 2.9liter. secara teori, selisih suhunya berarti bisa 11 c.

dengan kondisi lampu menyala, kalo diteruskan suhu bisa mencapai 24 c. tp akua jadi banjir.. :smt003 :smt003
ketika lampu mati, suhu bisa sampai 22 -23 c. jadi pada prakteknya bisa menurunkan suhu sampe 8 c pada suhu ruangan 30.

yang belum dicoba, bisa turun sampe berapa kalo suhu ruangan 34 c ketika musim lagi panas2nya..
 

kurnn

Member
pak oland, iya nih, saya jg pengennya cepet, photobucketnya yang ga nguati lamanya. :smt003 :smt003

konsep pendinginnnya ya cuma seperti tiga gambar terakhir itu kok pak, ditempelin di akua bagian belakang.
nanti ada powerhead yang berfungsi narik air dari ruangan pendingin.

lednya ganti pc lamp, takut lednya panas pak. lempeng aluminium buat hoodnya cuma tipis, kuatirnya ga kuat.
kalo mesti nambah pendingin di atas saya pikir mengganggu pandangan. di bawah ga muat lagi soalnya saya pengen tampilan hood lebih tipis.
 

yongk1

New Member
pak kurn, bukannya pake Led bisa lebih tipis dan tidak panas ke air, minggu kemaren jalan2 ke glodok hi-led luxeon yang 3 watt udah banyak, sayang saya gaptek listrik hehe..
 

kurnn

Member
thank pak gis.. :smt001 :smt001

pak yongk1,
memang led radiasinya lebih cool daripada lampu lainnya. tp emiternya sendiri menghasilkan panas yang harus dibuang pak. kalo kepanasan, lednya bisa putus. disini diperlukan pendingin bersirip yang ukurannya cukup besar. kemaren tebal pendinginnya sendiri saja sekitar 3.5 cm, sedangkan hoodnya hanya saya bikin setinggi 4.5 cm. jadi saya terkendala di space pak.

kalo langsung nempel di hood, saya rasa pendinginannya sangat kurang. :smt001 :smt001
 

oland26n1

Active Member
kurnn said:
pak oland, iya nih, saya jg pengennya cepet, photobucketnya yang ga nguati lamanya. :smt003 :smt003

konsep pendinginnnya ya cuma seperti tiga gambar terakhir itu kok pak, ditempelin di akua bagian belakang.
nanti ada powerhead yang berfungsi narik air dari ruangan pendingin.

lednya ganti pc lamp, takut lednya panas pak. lempeng aluminium buat hoodnya cuma tipis, kuatirnya ga kuat.
kalo mesti nambah pendingin di atas saya pikir mengganggu pandangan. di bawah ga muat lagi soalnya saya pengen tampilan hood lebih tipis.
Setelah dilihat lihat akhirnya saya mengerti.
Itu Artinya, chamber dan peltier permanent ya pak.
Kalau peltier rusak, artinya aqua juga berhenti total.

Mengenai LED, saya rasa tidak akan kepanasan deh pak
Paling yang susah cari heat sink yang lebar
Klo dah LED kan lebih:
Low Electricity Consumption
Low Maintenance (ga perlu ganti" lampu)
Low Heat
LEBIH MUANTEB LAGEE

Bagaimana dengan filtrasinya sendiri pak?

Memang master piko dan racun piko sejati
 

kurnn

Member
pak oland,
iya, permanen pak. kalo peltiernya rusak, pendinginan ga bekerja lagi. harus dibongkar. sebelum sampe ke kondisi yang sekarang udah 3 kali bongkar nih, gara2 salah perhitungan dan peltier 12704 ga bekerja. kalo sirkulasinya tetap aja jalan.

untuk led, yang jadi masalah emang heatsinknya. heatsink spt yang saya pake ga muat di dalam hood yang sekarang.
filtrasi saya hanya menggunakan sirkulasi aja, jadi powerhead sekalian buat muter2 air. ditambah bulatan item2 di bawah filter itu, (lubang tempat air masuk ke chamber). itu rencana buat tempat kapas yang nanti diselipi rowaphos. jadi ditambah filtrasi kimia dikit sekarang, hehe..

mas nano, oke dilanjut mas..

step 3: penempelan heatsink ke main tank

sayangnya saya ga sempat ambil gambar tentang proses ini, mudah2an bisa dijelaskan secara deskriptif aja..

oleh karena harus melekatkan kaca dengan aluminium, saya bingung harus pake lem apa, mau pake sekrup males bawa ke tukang kaca lagi.
akhirnya ada ide.
1. di sisi kiri kanan heatsink saya bikin lubang2, dibor. masing2 7 lubang ditiap sisi2nya. mudah2an gambar yang ini nampak..
DSC01218.jpg

(konstruksi di atas akhirnya dibongkar lagi krn peltier 12704 rusak, ganti dgn peltier 12706)

2. lubang2 itu diisi silikon sampe sedikit tembus ke belakang. dibiarkan kering dulu.
3. biar konstruksi nya lebih kuat (silikon ternyata mulur2 kalo lumayan tebal), celah di pinggir kiri kanan dipasang kaca selebar 1 cm dalam posisi berdiri. maksud saya biar antara heatsink dan main akua terdapat jarak sekitar 1 cm. kaca tsb dilem pada jalur silikon yang telah menempati lubang2 di sisi2 heatsink.
4. setelah kering, siap untuk pengeleman kaca (yang telah nempel di heatsink) ke main akua, jg chiller chambernya. ini harus dilakukan simultan. tunggu kering sekalian bikin tes kebocoran.
5. terakhir, pengisian celah yang masih tersisa pake silikon. pasang selotip di heatsink dan main tank, oleskan silikon, trus diaci pelan2 pake kartu perdana bekas. tinggal tunggu kering..
hasilnya seperti ini..
DSC01242.jpg


step 4: pembuatan hood dan asesoris stand.

dibikinnya dari lempeng aluminium tipis, lebih gampang. tinggal dipotong pake cutter besar, trus dibentuk. seperti ini..
DSC01243.jpg

biar ga lepas2, stand sekalian dilem pake silikon di akua.

untuk hood, buat menyatukan atap, saya pake lem epoxy yang model dipatahkan. amplas, kalo ada permukaan dibagian atas yang ga rata, tinggal didempul pake epoxy biasa (hitam-putih jg, tp bukan yang 5 menit).
 

sunr1s3

Active Member
mantep ... mantep ... :smt023 :smt023 :smt023 ketinggalan berita nih saya ...
bapak pico kita yang satu ini emang dahsyat ...
seperti mas nano ... walo ga mudeng, ikut menyimak dg setia ... :mrgreen:
 

kurnn

Member
pak sunrise, mohon maaf kalo prosesnya membingungkan, krn emang tidak terdokumentasi dengan baik, hehe.. :oops: :oops:

berikutnya, modifikasi powerhead. seperti ini..
DSC01257.jpg


prinsip kerjanya, dibikin sedemikian sehingga powerhead hanya menarik air dingin yang berasal dari chamber. kisi2 yang bolong2 ditutup pake epoxy jg.


sedangkan dari lubang satunya lagi, dipasang semacam wadah buat rowaphos, seperti ini..
DSC01259.jpg

dibikin dari bekas tempat kosmetik. air yang masuk ke dalam chamber sebelumnya akan melewati media phosphate remover yang dipasang disini.


setelah semua terpasang pada tempatnya, dimulailah proses cycling..
DSC01260.jpg

sementara ini saya masih bingung tuning suhunya, soalnya ga pake thermostat. hanya pake timer saja. sementara diset 30 menit mati, 30 menit nyala.


satu lagi, yang terlupa. agar heatsink dapat membuang panas dengan baik, dipasang kipas. kebetulan ada punya kipas bekas pendingin prosesor..
DSC01262.jpg


terima kasih..
 
ini nih keren.... cuma kok gue jadi bingung yaa... itu di belakang aquarium di tambah seperti sump mini yang berfungsi sebagai chiller yaa??? nanti kalau ada kesempatan boleh di coba
 

kurnn

Member
betul, prinsipnya saya contek seperti pendingin dispenser seperti punya pak lim.
cuma ukurannya diperkecil dan dibikin melekat ke akua.
 

wahyu_pb

Active Member
:smt017 :smt017 :smt017 , pak berarti itu pertier yang sisi dingin menempel di kaca belakang tank atau bagaimana? kok tank piconya juga di lubangi 2 buah :smt017 :smt017 . apakah itu untuk air in dan out?? kalau untuk air in dan out, berarti sisi dingin pertier langsung kontak dengan air laut?????
 

kurnn

Member
betul pak wahyu.
jadinya di belakang akua ada ruang seluas peltier (4x4cm), tebalnya kira2 1cm dan air laut langsung kontak dengan peltiernya.
knapa pak? apakah ada aspek negatifnya? :smt017 :smt017 :smt017
 

wahyu_pb

Active Member
Tidak sih pak, tapi apakah kedepan bakal dipastikan tidak bocor? lalu system antara heat sik, peltier dan kaca belakang cuma di lem memakai silicone atau di press dan di mur ke arah kaca belakang? soalnya setau saya almunium & semen susah menempel bila memakai silicone sealent yg biasa.
 

kurnn

Member
insyaallah kalo untuk kebocoran, kecil kemungkinan terjadi pak. karena dindingnya terbuat dari silikon jg. dia nempel di silikon bawaan peltier (bagian samping) jadi bukan hanya menempel pada bagian keramiknya saja. dan silikon ini kemudian dilem pada kaca sehingga saya pikir antara peltier dan kaca belakang bebas masalah.

yang saya agak kuatir memang pada kekuatan ikat antara kaca belakang-heatsink dan peltier-heatsink. karena memang tanpa mur-baut.
peltier saya ikat di heatsink pake kawat tembaga (tembus ke belakang heatsink). kawat ini dilapisi selang bakar dan dilapisi lagi dengan silikon tipis. mudah2an dengan begini kontak antara peltier dan heatsink tetap bagus.

sedangkan heatsink dan kaca belakang, saya ikat dengan lem silikon dan potongan kaca. caranya dengan membuat lubang2 pada pada base heatsink di pinggir kiri-kanan. pada lubang2 tsb saya isi dengan silikon hingga tembus sedikit ke belakang (fungsinya hampir sama dengan mur). lalu pada bagian base heatsink di jalur lubang2 ini, saya tempelkan kaca selebar 1 cm. kaca inilah yang selanjutnya ditempelkan pada kaca belakang akuarium. kekuatannya memang tidak sekuat mur, tp paling tidak penggunaan kaca sebagai media pengikat bisa mencegah ikatan heatsink mulur2. seperti kalo hanya menggunakan silikon tebal.

berikut sketsa sederhana pak, seperti ini..
chamber1.jpg
 

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top