3.0 pico with built-in chiller chamber

adhe

Active Member
Joined
24 June 2009
Messages
2,030
Likes
1
... kayanya dengan peltier yang umum di pasaran ga bakalan kuat pak. pendinginan peltier maksimal bisa digunakan buat akuarium dibawah 10 liter saja. lebih dari 10 liter sebaiknya menggunakan pendingin kompresor.
Setuju dgn pak Kurn, soalnya searching di google tentang diy chiller, masih aja orang beranggapan kalo pakai peltier biasa (emang ada yg luar biasa?) ini bisa mendinginkan tank dgn volume besar. Logikanya dispenser bermerk atau berkapasitas besar aja pakai kompresor kok, bukan peltier.

Salam
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
kondisi beberapa saat lalu, ga ada apa2 pak oland, kecuali beberapa mata polip bintang (kanan bawah)
dah gitu jorok pula..

 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
enaknya diisi apa nih pak oland?

pak ricky, tq pak
sementara ini masih belum sreg ama susunan liverock.
selalu berubah karena posisi liverock menumpuk di atas powerhead, jadi geser2 kena getarannya.
 
Joined
9 July 2011
Messages
56
Likes
0
pak... coba skema saya kalau sempat



pasti bisa jauh lebih dingin tank nya pak :D yang bagian SUMP dan aliran ke reservoir kecilnya diacuhkan saja, karena caranya bapak juga sudah benar... karena cuma pakai 1peltier tp coba bikin pendingin peltiernya seperti ini... ukurn waterblocknya disesuaikan saja pak... kalau saya rencana mau coba untuk 8-10 peltier
 
Last edited:
Joined
22 March 2011
Messages
1,346
Likes
3
pak... coba skema saya kalau sempat



pasti bisa jauh lebih dingin tank nya pak :D yang bagian SUMP dan aliran ke reservoir kecilnya diacuhkan saja, karena caranya bapak juga sudah benar... karena cuma pakai 1peltier tp coba bikin pendingin peltiernya seperti ini... ukurn waterblocknya disesuaikan saja pak... kalau saya rencana mau coba untuk 8-10 peltier
kalo pake 8 - 10 peltier listrik nya apa ngk hambur pak?
btw project sy dulu pake 3 peltier . skema nya mirip yg punya bapak . di akuarium 60 x 35 x 35 . cuman bisa turun 2 derajat only .
sistem pendingin peltier pake sirkulasi air tawar .
paling efektif kalo ph yg pompa masuk ke reservoir di bikin sekecil mungkin . ato di bikin ph nya mati - hidup pake timer. jadi air di reservoir bisa dingin banget sebelum masuk ke MT
3 peltier kalo ngk salah itu makan daya 90 - 120 watt . kek nya sangat ngk efektif makanya akhir nya di proyek di anggap gagal .
yg masi penasaran sampe saat ini . pemakaian mesin dehuminidtizer . di satu web project yg saya baca mesin tersebut pake mesin ac 1/6 pk.
daya pendingin mesin ac 1/6 pk mungkin hampir sama kek peltier bbrp buah . tapi kalo misal berhasil space dan kerumitan sistem lebih sederhana.
saya sempet cari mesin2 dehumidtizer di ace . kek nya ngk ada satu pun yg pake mesin ac tersebut .
mungkin ntar mau coba cabut dari kulkas bekas
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
pak redjo dan pak oland,
nampaknya paling cocok ama polip2an, sayang polip2 yang dulu ludes
cari polip2an yg ukuran kecil disini dimana ya pak?

pak grandson, pak mantaray dan teman2 lain,
penggunaan peltier memang harus memperhatikan beberapa batasan, mengingat sifatnya sebagai penyerap dan pembuang panas. media pembuangan panas harus diupayakan seefektif mungkin. sebenarnya ada rumus2nya, tp saya ga paham, hehe..

sederhananya, satu keping peltier bisa menurunkan suhu 44.2 derajat per liter air(tawar). dengan catatan, diberdayakan pada arus dan tegangan maksimal (15.4V & 6A, daya ) juga menggunakan media pembuang panas yang efektif dan kapasitas yang cukup. hal2 ini yang bagi saya agak sulit diaplikasikan. soalnya akuarium saya kecil pak..

pada tegangan normal (12 volt) pemakaian daya sekitar 40watt per keping, kapasitas pendinginannya sekitar 26 derajat per liter air. jadi tinggal hitung saja, kapasitas akuarium kita berapa liter. kapasitas 10 liter, berarti pendinginan maksimal 2.5 derajat. dengan catatan tidak ada sumber panas lain yang dapat diserap oleh akuarium kita. lampu misalnya.

pada kasus pak mantaray, kapasitas air 70 liter bisa turun 2 derajat dengan 3 keping peltier dengan daya 30-40 watt per keping. saya pikir mungkin dibantu pendinginan via penguapan air. karena maksimal seharusnya hanya turun 1 derajat saja.
jadi, proyek bapak sebenarnya tidak gagal,..

skema yang dibikin mr grandson, dengan kondisi tegangan normal 12 volt (daya 40 watt per keping, 8-10 keping) maka kapasitas maksimal pendinginannya antara 200 - 260 derajat per liter air. jadi kalo untuk nano 50 liter, cukup memadai bisa turun 4 - 5 derajat dari suhu ruangan. inipun dengan catatan panas dari lampu harus diupayakan tidak terserap oleh akuarium. tp dayanya jg lumayan lho pak 250 - 400 watt.
penurunan suhu ini bisa ditambah 1-3 derajat bila dibantu dengan proses penguapan via kipas angin misalny.

dulu pernah kepikir jg pake evaporator motor, seperti punya kawasaki ninja kalo ga salah. tp karena konsep yang saya inginkan harus simple dan bisa mobile, akhirnya ga jadi pak. karena mau ga mau harus ada tambahan pompa buat sirkulasi air di sarang tawonnya.


cmiiw
 
Joined
30 January 2011
Messages
76
Likes
0
waduh,, saya belum bisa menyandang gelar bapak nih soalnya masih anak kuliahan.
klo yang ukuran kecil emang agak sulit pak, apalagi posisi saya di jogja yang pasaran coralnya cuma muter" di situ-situ aja
kalo dulu saya sama temen sukanya patungan buat beli polyp yang warnanya beda-beda, habis itu di rumah di pecah-pecah pak batunya
klo engga minta bagi frag"annya om oland26n1 tuh. hehehee
 
Joined
9 July 2011
Messages
56
Likes
0
@kurnn betul pak sistem peltier ini kalau mau maksimal perlu sistem yg besar dan makan tempat... Serta agak rumit, yang harusnya kecil dan simple jadi rumit untuk mencapai hasil maximal.... Bahkan dipacu sampai efektifnya sampai 4x dari kerja peltier umumnya, saya mau coba sistem itu utk ukuran tank besar saya.
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
pak share sistem filtrasinya dong pak, saya pengen tau apa aja kimiawinya, apa aja komponene filtrasinya :D

makasiih :)
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
saya suka banget aquanya, bukan cuma penampilan si aquanya, dudukan dan hoodnya menambah kecantikannya :)
 

reef

Administrator
Staff member
Joined
3 October 2006
Messages
2,377
Likes
54
saya suka banget aquanya, bukan cuma penampilan si aquanya, dudukan dan hoodnya menambah kecantikannya :)
Bagus Pak memang akuariumnya tetapi terakhir dari posting yang punya di tahun 2011, saya khawatirkan akuariumnya sudah tinggal kenangannya saja. Hehehe, mudah-mudahan saya salah.
 
Joined
7 August 2014
Messages
497
Likes
18
Bagus Pak memang akuariumnya tetapi terakhir dari posting yang punya di tahun 2011, saya khawatirkan akuariumnya sudah tinggal kenangannya saja. Hehehe, mudah-mudahan saya salah.
iya pak, saya harap belum ditinggalkan, soalnya saya ada rencana mau bangun pico juga dan pengen nyontek filtrasinya, soalnya yang saya perhatikan di thread ini lebih banyak bahas chiller, sedangkan di daerah saya ga perlu chiller karena suhu paling tinggi juga 26^. hehe:D
 
Top