3.0 pico with built-in chiller chamber

oland26n1

Active Member
Joined
12 March 2007
Messages
4,076
Likes
5
hehheeh pengetahuan elektronika saya juga hasil dari waktu saya SD, di ajarin sama abang saya :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
saya terkesima waktu dia bikin lampu flip flop dan lampu knight rider :wink: :wink:
Sekedar nambah ilmu aja pak
 

djusuv

New Member
Joined
22 September 2010
Messages
4
Likes
0
wah, kayaknya cocok untuk hiasan pojokan ruangan nih. tinggal pasang mini skimmer di dalem tank ato pake ATS di bawah trus diisi koral kecil + nemo 2 biji.............pasti bagus :)
 

masdaeng

New Member
Joined
19 March 2009
Messages
5
Likes
0
Salam kenal pak, saya juga ada 2 peltier bekas trial seperti bapak dengan cara ditempelkan ke kaca aquarium tapi selalu gagal karena dingin yang dihasilka hnya sekitar 2-3 menit saja selanjutnya bebealik menjadi panas. :roll:
Kira-kira kesalahannya dimana yak ? Lalu berhubung saya gag begitu ngarti elektonika :( , bapak pakai adaptor kayak apa untuk menjalani peltier tersebut.

Terima kasih :p
 

masdaeng

New Member
Joined
19 March 2009
Messages
5
Likes
0
Oh ane baru baca jadi dapet giroh mau coba lagi...
Yang bapak lakukan ntu air langsung kontak dengan peltier yak ???
Sukur-sukur yang sekarang bisa :lol: doakan saya yak :lol:
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
djusuv said:
wah, kayaknya cocok untuk hiasan pojokan ruangan nih. tinggal pasang mini skimmer di dalem tank ato pake ATS di bawah trus diisi koral kecil + nemo 2 biji.............pasti bagus :)
Salam kenal pak djusuf
Belom isi pak. airnya malah jadi ijo, kadar kalsium melonjak sampe 800. Mungkin krn pake batu2 ornamen sebagai ganti pasir.
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
masdaeng said:
Salam kenal pak, saya juga ada 2 peltier bekas trial seperti bapak dengan cara ditempelkan ke kaca aquarium tapi selalu gagal karena dingin yang dihasilka hnya sekitar 2-3 menit saja selanjutnya bebealik menjadi panas. :roll:
Kira-kira kesalahannya dimana yak ? Lalu berhubung saya gag begitu ngarti elektonika :( , bapak pakai adaptor kayak apa untuk menjalani peltier tersebut.

Terima kasih :p
Halo pak dyan,
Yang panas apanya pak? Kalo heatsinknya emang wajar, karena fungsinya membuang panas.
Kalo peltiernya yang panas, kemungkinan 2. Heatsinknya kurang mencukupi, atau peltier tidak melekat dg baik ke heatsink. Akibatnya panas yang seharusnya dibuang ke sisi panas jd balik lagi ke sisi dingin.
 

masdaeng

New Member
Joined
19 March 2009
Messages
5
Likes
0
memangny heatsink n peltier harus merekat dgn benar n kuat yak?? coz ane cuma sekedar tempel aj, mungkn dr situ maka panas yg d hasilkan berbalik...
btw kalau boleh sy minta link referensi tutorial ini jika ada...
hehehe makin penasaran, sayang peltierny udh d anggurin setahun gag berguna...
 
Joined
30 January 2011
Messages
76
Likes
0
muanteeeep..
sekalian tanya nih om, supaya peltier sama heatsinknya bisa nempel dengan baik dan bener itu gimana ya caranya??
 

Omega_z

Active Member
Joined
3 April 2009
Messages
1,509
Likes
5
mau nanya dg bos... kalo untuk akua 60x50x40 pake peltier bs ga ya? trus kalo peltiernya cm nempel di kaca gt bs ga? thx. penasaran pengen coba...
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
pak redjo_soedarmo,
cara bikin peltier melekat rapat dengan heatsink emang paling baik dengan dibaut pak. sebelumnya saya cuma ikat aja, ga berapa lama kendor lagi.

pak omega_z,
waduh kayanya dengan peltier yang umum di pasaran ga bakalan kuat pak. pendinginan peltier maksimal bisa digunakan buat akuarium dibawah 10 liter saja. lebih dari 10 liter sebaiknya menggunakan pendingin kompresor.
 
Joined
10 March 2008
Messages
356
Likes
0
bukan peltiernya yang dibolongi pak,
tp heatsink ama kacanya yang dibaut, biar bisa jepit peltiernya. kacanya yang dilubangi, jd air langsung kontak dengan peltier.
 
Top