macro algae, dsb, refugium

reef

Administrator
Staff member
Mohon pembahasan dilanjutkan sesuai topik. Untuk topik lainnya mohon dilanjutkan di thread lain. Terima kasih.
 

ardhana

New Member
Mohon pembahasan dilanjutkan sesuai topik. Untuk topik lainnya mohon dilanjutkan di thread lain. Terima kasih.

siap bos briant seperti kata saya sebelumnya, jadi jika g percaya sialahkan ditest sendiri dan buktikan di lab masing2, saya hanya sharing karena ada wacana dan pertanyaan diatas respon nama saya.
 

ardhana

New Member
andaikan saya mau melih lebih baik mana yang harus di siapkan lebih dulu untuk sistem, macro algae atau live sand, saya memilih persiapkan live sand dengan pemilihan live sand terbaik dan melalui proses cycling. namun untuk pandangan sekarang saya kurang sependapat jika memakai dead sand dikarenakan faktor bactery dan kelengkapannya, paling g live sand digunakan pembibitan.
 

arief86

Member
saya hanya ingin berbagi pengalaman saja , karena kebetulan system aquarium saya menggunakan macro weapon dr awal start , awal menggunakan ATS , sampai akhirnya hanya mengandalkan angguran ( dominan ) dan 5 jenis macro algae lainnya ( kecuali aseman yg bakal spawning bila digabung angguran di system saya ) dan 5 batang bakau yang sekarang sudah tumbuh lumayan besar.
hasil test terakhir menggunakan test kit salifert , ca 500 ( bratachem dosing ca ) , mg 1490 , kh 9 ( soda kue cap kupu2 ) , ph 8-8.2 , po4 0.25 , no3 0.5 ,sg 1030 ( refrakto ).
hasil ini didapat sekitar 2minggu yll , setelah test ini , saya ganti air ( sebelumnya hampir 1.5thn sy tidak ganti air ) sekitar 5liter/3hari selama 2minggu.
hasil test hari ini , tidak jauh berbeda , hanya no3 saja yg naik menjadi 1 dan sg turun menjadi 1028 ( karna air yg saya beli di LFS bandung jelek bgt sg nya sampai 1010), yg lainnya tidak berubah ..
menurut pendapat kawan disini , yg kebetulan mengandalkan macro weapon jg , dgn overload biota yg ada di aquarium saya sekarang , mungkin 6-7bulan yll tank saya sudah crash , tp karna macronya sudah powerfull , jadi bisa handel elemen2 racun yg beredar ( terutama karna sy ATO menggunakan air ledeng ) , refugium saya 60% dr total system , dan yg 40% berada di sump outdoor.
kesimpulan pribadi saya sih , macro+LS bila digunakan dan ditangani dengan benar dan pengetahuan yang cukup , saya yakin system ini jauh lebih efektif dan efisien untuk jangka panjang dan yang pasti low cost , karena benar2 mengandalkan siklus alami ( macro algae dan bakteri ).
tp bukan berarti dengan system full gadget tidak bagus , hanya saja penggunaannya yg harus banyak jenis alat+bahan baku yg musti diganti secara berkala , ditambah dosing A-Z yg lebih boros dr natural , saya rasa cukup berat untuk beberapa reefer.

salam satu jiwa :) ..
 

ardhana

New Member
kelengkapan bacteri dari ls dibanding ds for starting bacteri lebih ampuh dibanding dengan "enzim" , bacteri yang ditidurkan dengan cara membuatnya dehidrasi sehingga menjadi cangkang itu hanya dapat bertahan selma 3 bulan kurang, jadi selama kita di indonesia memperoleh ls tdak lah susah sebagai bacteri starter. tidak dianjurkan mengambil ls di lapisan 15 cm lebih karena disana banyak terkandung sulfur bacteri yang menghasilkan sulfur.
jadi sebaiknya mengambil ls dilapisan awal sampai 10 cm, sebagai kelengkapan aerob dan anaerob bacteri.
 

arief86

Member
om ardhana , mungkin yang menjadi kendala dan yang menjadi pertanyaan besarnya adalah , kita harus memberi makan untuk macro algae ini , terutama po4 + n03 dgn kadar lumayan banyak utk pertumbuhannya.
klo saya pribadi , utk memberi asupan nutrisi yg dibutuhkan oleh macro , po4 diperoleh dr dosing ATO menggunakan aer ledeng+penyimpanan LR di refugiumnya ( klo tidak salah LR salah satu penghasil po4 secara berkala ) , pemberian additive kiloan ( ini udah pasti po4 nya tinggi banget :D ) , dan pemberian pakan ikan secara berlebih ( sy menggunakan pakan ikan utk ikan cupang , pemberian sekitar 5-6x sehari )..
sementara no3 diperoleh dr overload biota yg ada di MT + frag tank saya :D.

tambahan utk mencari LS , tidak disarankan utk mengambil sendiri / langsung , karena bisa mengundang kemarahan dr warga sekitar dan yg paling parah ditangkep POLAIR :D ...
 

L34F_angel

Active Member
Ga bisa ikutan euy...
Soalnya sy pake nya ATS :D (lebih senang pake yg ini soalnya lebih low cost, low space & low maintance)


~ Salam ~
 
klo sistem dan maintenance nya diikuti semua spt bbpr thread lain di forum ini yg beraliran natural maka jgn kaget ketika refugium bisa meng handle sebagian besar sistem di aquarium.
bagus thread nya dibuka lg. sy ikuti terus thread ini, menurut sy yg pengen sll gampang (kadang ga ambil pusing soal kimia, cycle dll) alat2 yg dibuat canggih spt skimmer, phospate remover dll mungkin pada dasarnya menggantikan atau bahkan mensimulasi proses alam dgn cara yg berbeda namun utk tujuan yg sama, balik lg harus diakui bahwa sistem natural (mutlak: liverock, live sand dan macro algae) msh sistem terbaik namun harus diakui bahwa sistem ini tdk mudah di awal nya dan belum tentu cocok utk semua krn proses nya lama. masalah apakah sistem ini murah tergantung dr sudut pandang reefer nya. proses "panen" macro algae yg menurut sy agak repot, hrs dipertimbangkan jg sebagai imbas dari penggunaan sistem ini.
kembali lg, sy harapkan thread ini sifat nya edukatif.
 

boim_77

Member
macro algae, dsb, refugium

belakangan ini lagi ngetrend
refugium dengan dsb dan macro algae
bahkan dipelihara berdampingan dengan sps dalam satu sistem
sama sama hidup di laut, tapi lokasinya berbeda
sps hidup di reef top / crest
macro algae hidup di lagoon

di aquarium bisa, kenapa di laut tidak bisa ?
apa karena laut tidak pake alat hi tech ?

mumet....



pada dasarnya...komunitas aquarium manapun pasti meniru semirip mungkin dengan siklus nitrogen yg ada di alam ( anggaplah aqua kita replika alam )... letak perbedaan cuma di sistemnya aja..mau itu natural ataupun hitech...toh tujuannya sama...sama2 memerangi no3 dan po4 buat kelangsungan hidup biota di aqua kita bukan..?
yg kurang kita tambah yg lebih kita kurangi...balance...
 
Last edited:

ardhana

New Member
saya sebenernya kurang sependapat dengan pernyataan bahwa sps dan macro algae g bisa hidup berdampingan dilaut, entah apa yang mendasari pernyataan diatas,
jika lihat venomena yang hampir terjadi di lepas pantai selatan (yang saya pernah kunjungi gunung kidul, malang selatan, dan di jember) anda akan melihat bahwa disebelah sby selalu ada yang namanya macro algae, yaitu jenis halimida dan angguran. mungkin ada yang berpendapat lain, namun ini terjadi artinya bukan tidak mungkin bahwa macro algae bisa hidup berdampingan dilaut.
 

ardhana

New Member
cumak permasalahannya dari penyataan bahwa mengambil ls ini merusak keseimbangan alam dan berurusan dengan pol air, kalau menurut tuturan beberapa teman yang ahli dibidangnya andaikan dalam jumlah dikit dan tidak secara berkala tdak berdampak pada sytem alam, dan pol air juga bakalan memaklumin kalau kita hanya mengambil 1 ember saja (menurut pengalaman) jika lebih dari itu hukuman ringan adalah mengembalikan ke tempat semula ataupun yang terberat cumak dinasehatin, namun jika sudah berkarung2 itu yang tidak dibenarkan, sebenarnya ls ini hanya digunakam sebagai starting bacteri dengan proses cycling yang cukup lama, pengganti starting bactery yang ada dipasaran yang diklaim sebagai bacteri (silahkan teliti sendiri)
 

dav1d

Member
......
ca:40%
mg:30 %
iodide : 100%
sr:90%
po4:0%
no3:0%

....

Sori ya bos dhana,hehehe..klo hasil uji lab lebih bagus pakai mg/liter atau ppm atau yg lainnya..klo pakai persentase nanti bisa salah kaprah.. Oya hati2 itu totalnya kok bisa 260%... ( bahan revisi aja ..heheh).. silakan lanjut bang..
 
Last edited:

ardhana

New Member
Sori ya bos dhana,hehehe..klo hasil uji lab lebih bagus pakai mg/liter atau ppm atau yg lainnya..klo pakai persentase nanti bisa salah kaprah.. Oya hati2 itu totalnya kok bisa 260%... ( bahan revisi aja ..heheh).. silakan lanjut bang..

g boleh dibahas lg sama bos briant
ini emang ppm cumak ada itungannya sendiri
cumak per satuan bukan total jadi 260%
Misal iodine 1 ppm yang keserap 0.92
seperti itu
jadi ca yang diserap persen dari ca 100% ca yang keserap x% ca
mg yang diserap per mg
mohon ditelaah sebelum komentar.
 

dav1d

Member
g boleh dibahas lg sama bos briant
ini emang ppm cumak ada itungannya sendiri
cumak per satuan bukan total jadi 260%
Misal iodine 1 ppm yang keserap 0.92
seperti itu
jadi ca yang diserap persen dari ca 100% ca yang keserap x% ca
mg yang diserap per mg
mohon ditelaah sebelum komentar.

Sori ya bro reef n dhana OOT bentar...buat ngelurusin aja..klo gitu sebutin aja brp ppm yg ada di collection cup itu..dari situ kan kelihatan brp persen yg terserap..sori bos sdh ku telaah sblm komentar..
Ini bos kukasih sample data empiris, contoh dalam 200lt air laut mengandung ca=410ppm, mg = 1250ppm, sr=10ppm, i = 0,1ppm.. setelah kena skimer brp konsentrasi ca,mg,sr,dan i tersebut? misal yg di test di collection cup sebanyak 1liter terdapat: ca = 200ppm, mg = 500ppm, sr=9ppm,i=0,1ppm..apa iya konsentrasi awal ca 410ppm dari 200 liter tsb diambil sebanyak 200ppm?
 
Last edited:

batavia_aquatic

Active Member
Bacanya mumet juga ya...piara ikan/reef tank/singkatnya piara aquarium laut aja koq repot dan ribet amat da kyk kuliah....
Piara tinggal piara aja sih..gk usah mbingungin sana sini,kadar air isinya itu ini,orang lain begitu begini...prinspipnya sistem aquarium dan pendapat masing2 beda2...tinggal dibuktikan aja ama aquariumnya masing2 dgn menggunakan skill masing2..toh aquarium di nikmati sendiri ini,bukan dinikmatin org lain...yg keluar duit jg diri sendiri bukan orang lain yg keluar duit...yo dinikmati ndiri aja toh ya gk usah musingin sana sini ato hasil lab segala,mangnya mau piara aquarium laut ato mau buka praktek...wkwkwkwkwk...gitu aja koq repot :D

maap yo...ini pendapat orang bodoh loh..saya soalnya cuma lulus smp...
 

alucard

Member
Bacanya mumet juga ya...piara ikan/reef tank/singkatnya piara aquarium laut aja koq repot dan ribet amat da kyk kuliah....
Piara tinggal piara aja sih..gk usah mbingungin sana sini,kadar air isinya itu ini,orang lain begitu begini...prinspipnya sistem aquarium dan pendapat masing2 beda2...tinggal dibuktikan aja ama aquariumnya masing2 dgn menggunakan skill masing2..toh aquarium di nikmati sendiri ini,bukan dinikmatin org lain...yg keluar duit jg diri sendiri bukan orang lain yg keluar duit...yo dinikmati ndiri aja toh ya gk usah musingin sana sini ato hasil lab segala,mangnya mau piara aquarium laut ato mau buka praktek...wkwkwkwkwk...gitu aja koq repot :D

maap yo...ini pendapat orang bodoh loh..saya soalnya cuma lulus smp...

sependapat dg boz yan,skill masing2 lbh mumpuni,drpd ngeliat punya org lain itung sana sini yg ada mlh ga jadi piara apa2 krn takut kurang ini itu,mending dateng liat klo kepengen ya lgs ambil aje,kyk bob sadino : org bodoh lgs jalan trus,org pinter mikir dl kelamaan mlh yg ada g jd krn keduluan org lain
 
Last edited:

ardhana

New Member
sorry bos david g ngerti gituan, tanyak aja ke bos rian uda aq kasih pin nya orangnya, pokoknya dia jelasin per ppm dalam skala mikron, karena request saya dalam % ya di representasikan dalam % juga yang mudah untuk aq baca per elment
 

dav1d

Member
Bacanya mumet juga ya...piara ikan/reef tank/singkatnya piara aquarium laut aja koq repot dan ribet amat da kyk kuliah....
Piara tinggal piara aja sih..gk usah mbingungin sana sini,kadar air isinya itu ini,orang lain begitu begini...prinspipnya sistem aquarium dan pendapat masing2 beda2...tinggal dibuktikan aja ama aquariumnya masing2 dgn menggunakan skill masing2..toh aquarium di nikmati sendiri ini,bukan dinikmatin org lain...yg keluar duit jg diri sendiri bukan orang lain yg keluar duit...yo dinikmati ndiri aja toh ya gk usah musingin sana sini ato hasil lab segala,mangnya mau piara aquarium laut ato mau buka praktek...wkwkwkwkwk...gitu aja koq repot :D

maap yo...ini pendapat orang bodoh loh..saya soalnya cuma lulus smp...

wadaw..sori ya bos sy cm nglurusin yg fokus di uji lab skimate..soal yg lainnya terserah yg punya duit..gitu aja kok sedikit repot :p....( sstttt...bisik - bisik jangan salah bos nanti bakalan banyak yg beli test kit di bos )...sori bro reef OOT...
 
Last edited:

Members online

No members online now.

Poll

  • Koral saja

    Votes: 0 0.0%
  • Ikan saja

    Votes: 0 0.0%
  • Koral + Ikan

    Votes: 8 100.0%

Forum statistics

Threads
7,150
Messages
197,230
Members
10,579
Latest member
rachmatmhuda
Top